Skip to main content
header-pospak-atau-clodi-mana-yang-lebih-baik.png

Menjadi seorang Ibu, artinya Anda harus siap untuk dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Mulai dari memilih produk perawatan anak seperti bedak bayi, pakaian, hingga popok jenis apa yang akan digunakan, apakah popok sekali pakai (pospak) atau cloth diapers (clodi). Biasanya, Ibu sering kali hanya fokus pada harga, padahal masih ada pertimbangan lain yang justru  perlu diperhatikan, misalnya ketika memilih popok bayi, Ibu tak bisa hanya terbuai dengan desain dan motif-motif yang lucu. Ibu tetap harus mengutamakan faktor keamanan dan kenyamanan produk tersebut mengingat kulit si Kecil masih sangat sensitif.

Nah, sebelum menentukan jenis popok yang akan digunakan oleh si Kecil, sebaiknya simak terlebih dahulu info seputar pertimbangan yang perlu Ibu ketahui berikut ini, yuk.

Kenyamanan

Seperti halnya memilih bedak bayi yang bagus, ketika menentukan pospak atau clodi, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah efek sampingnya bagi kesehatan kulit serta kenyamanan si Kecil. Hal ini biasanya berkaitan erat dengan adanya risiko ruam yang bisa terjadi pada si Kecil akibat penggunaan popok.

Sebetulnya, kondisi ini bisa saja terjadi baik pada penggunaan pospak maupun clodi. Penggunaan clodi sering kali disebutkan lebih aman untuk kulit si Kecil. Namun clodi yang tak segera diganti ketika sudah basah, juga rentan memicu ruam popok pada si Kecil. Sebaliknya, ada juga orang tua yang beranggapan bahwa pospak dapat menjaga permukaan kulit anak tetap kering sehingga Ibu tak perlu terlalu sering mengganti popoknya. Padahal, sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit terlalu lama, justru dapat menjadi salah satu pemicu utama munculnya ruam popok, Bu.

Apapun popok yang Ibu pilih, yang perlu dipastikan adalah kondisi kulit si Kecil tetap kering dan bersih agar tak terjadi iritasi.  Sebagai salah satu cara mencegah ruam popok, selalu oleskan JOHNSON’S® baby cream sebelum memakaikan popok untuk agar kulitnya tetap lembap dan dapat menghindari risiko terjadinya iritasi. Apabila khawatir si Kecil memiliki alergi terhadap bahan pospak, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter ya, Bu.

Efisiensi

Seperti yang kita tahu, penggunaan pospak biasanya lebih banyak dipilih oleh para Ibu dengan pertimbangan tak perlu repot mencuci, terutama saat Ibu ingin mengajak si Kecil travelling. Tak hanya itu, pospak juga dianggap lebih praktis karena tidak perlu dilipat dan dipeniti dengan benar agar pas dengan tubuh si Kecil seperti clodi.

Namun, saat ini sudah banyak juga clodi yang hampir menyerupai pospak, Bu. Bentuknya dirancang dengan kancing yang bisa disesuaikan agar pas dengan tubuh si Kecil, sehingga Ibu tak perlu lagi repot menggunakan peniti pengait. Sayangnya, sebagian besar clodi tak dapat menampung cairan sebanyak pospak, sehingga Ibu harus lebih sering menggantinya agar si Kecil tak iritasi. Selain itu, Ibu juga bisa mengoleskan bedak bayi pada bagian lipatan kulitnya untuk mencegah iritasi dan ruam popok.

Keekonomisan

Saat memilih produk perawatan seperti bedak bayi yang aman ataupun pakaian untuk si Kecil, Ibu tentu juga mempertimbangkan soal harga. Penggunaan clodi dinilai lebih menghemat pengeluaran karena dapat digunakan berulang kali, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan anggaran rutin setiap bulannya untuk membeli popok. Sementara untuk pospak, Ibu harus menyiapkan dana belanja lebih untuk membeli persediaan pospak. Pertimbangan ini tetap perlu disesuaikan kembali dengan tingkat efisiensi penggunaan popok.  Hindari menjadikan harga murah sebagai satu-satunya pertimbangan ya, Bu.

Setelah melihat hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih jenis popok, apakah Ibu sudah tahu akan menentukan popok seperti apa untuk si Kecil? Sama pentingnya dengan produk perawatan anak seperti bedak bayi atau baby oil, baik pospak maupun clodi memang sangat diperlukan oleh si Kecil.

Itu sebabnya, tak ada salahnya pula apabila Ibu justru memilih untuk menggunakan keduanya. Dengan begitu, Ibu bisa menyesuaikan penggunaannya ketika berada di rumah dan saat harus berpergian dengan si Kecil. Selamat beraktivitas dengan si Kecil!

Kembali ke Atas