Skip to main content
5-produk-bayi-yang-tepat-untuk-perawatan-kulit-bayi-yang-baru-lahir.jpg

5 Produk Bayi yang Tepat untuk Perawatan Kulit Bayi yang Baru Lahir

Menghitung hari menuju kehadiran si Kecil ke dunia menjadi momen yang menegangkan sekaligus menggembirakan ya, Bu. Selain persiapan untuk melahirkan, Ibu dan Ayah pastinya juga harus menyediakan segala keperluan si Kecil, seperti sabun, sampo, hingga bedak bayi untuk merawat kulitnya yang masih sensitif. Untuk mempermudah, berikut ini adalah beberapa produk bayi yang tepat digunakan untuk kulit bayi yang baru lahir.

Pilihan produk yang tepatuntuk bayi baru lahir

1. Sabun dan sampo khusus bayi

Memilih sabun dan sampo untuk bayi yang baru lahir tentunya tidak bisa sembarang karena kulit si Kecil masih begitu tipis dan sensitif.

Kebanyakan produk sabun cair dan sampo untuk dewasa mengandung bahan kimia yang bersifat alkaline atau basa. Alih-alih menghaluskan dan melembapkan, produk pembersih kulit ini malah bisa membuat kulit bayi menjadi kering.

Produk bayi yang sesuai untuk kesehatan kulit haruslah memiliki kadar pH yang seimbang karena mendekati kadar pH kulit bayi yang baru lahir, yang berkisar dari pH 4,5-5,5.

Agar lebih praktis, Ibu juga bisa memilih produk pembersih kulit yang bisa langsung digunakan sebagai sabun dan sampo, seperti JOHNSON’S ® Top-To-Toe™ Hair & Body Baby Bath.

Selain memiliki kadar pH seimbang, produk ini juga ringan sehingga cepat menyerap di kulit dan lebih mudah melembapkan. Kandungan hypoallergenic-nya pun  lebih lembut dan halus untuk kulit si Kecil

2.  Baby oil

Sama halnya dengan memilih sabun dan sampo, gunakanlah produk bayi lainnya yang sesuai untuk perawatan kulit bayi yang baru lahir. Tahukah Ibu bahwa mengoleskan baby oil dapat menghangatkan permukaan kulit bayi yang baru lahir? Hal ini pun membuat kulitnya lebih mudah beradaptasi dengan udara kering di sekitarnya.

JOHNSON’S® Baby Oil yang terbuat dari mineral oil murni dapat merawat kulit bayi yang kering atau melembapkan kulit bayi. Kandungan mineral oil ini juga dapat digunakan untuk melindungi kulit bayi yang lahir prematur. Selain itu, Ibu juga dapat menggunakan produk bayi yang sesuai untuk memijat si Kecil untuk membuat tubuhnya lebih rileks.

Caranya mudah, kok, Bu. Oleskan baby oil ke tangan Ibu secukupnya, kemudian pijatlah tubuh si Kecil dengan lembut dan nyaman. Hati-hati, Ibu sebaiknya tidak mengoleskan baby oil pada bagian kulit si Kecil yang memerah atau iritasi.

3. Baby lotion

Oleh karena kulitnya begitu sensitif, kulit bayi yang baru lahir cenderung lebih kering dan  sensitif. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan hormon tubuh, alergi, atau infeksi bakteri.

Itu sebabnya Anda membutuhkan produk bayi yang tepat untuk  kulitnya . Untuk melembapkan kulit kering dan sensitif, penggunaan pelembab kulit dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pelembap kulit seperti JOHNSON’S® Cotton Touch™ Face & Body Lotion memiliki tekstur yang sangat ringan dan tidak meninggalkan sisa-sisa di permukaan kulit, sehingga lembut bagi kulit bayi yang kering.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, sesudah bayi mandi dengan air hangat, usapkan baby lotion ini pada bagian kulit yang kering atau ke seluruh tubuh. Ibu bisa sambil memijat tubuh si Kecil dengan lembut agar seluruh produknya terserap dengan baik.

4. Baby cream

Jika pada bagian pantat bayi terlihat kemerahan, bisa jadi ia terkena ruam popok. Kondisi ini bisa disebabkan oleh pemakaian popok yang terlalu ketat atau adanya alergi terhadap bahan tertentu yang terkandung dalam popok atau deterjen pakaian.

Untuk bantu mengatasi masalah ini, Ibu sebaiknya membersihkan kulit si Kecil dengan air hangat. Selanjutnya pilihlah produk bayi yang sesuai, seperti baby cream, dan oleskan ke area yang terdapat ruam sebelum memakaikan kembali popok kepada si Kecil.

JOHNSON'S® Baby Cream telah diformulasikan khusus untuk  melindungi kulit bayi. Mengoleskannya dapat memberi kelembapan pada kulit si Kecil hingga 24 jam.

Usahakan untuk memakaikan popok lebih longgar sehingga memberikan ruang masuk udara pada permukaan kulit. Ingat, Ibu sebaiknya jangan menunda untuk mengganti popok yang sudah basah karena akan menimbulkan iritasi pada kulit sang bayi.

5. Bedak bayi

Bedak bayi yang lembut dapat  melindungi kulit si Kecil. Pastikan kesehatan kulit si Kecil tetap terjaga dengan produk berkualitas seperti JOHNSON’S® Baby Powder.

Tuangkan JOHNSON’S® Baby Powder pada telapak tangan Ibu sebelum diusapkan pada si Kecil. Bedak bayi lembut dengan wangi yang menyegarkan ini cocok untuk  perawatan kulit bayi yang baru lahir.

Nah, itulah beberapa produk bayi yang bisa Ibu siapkan untuk merawat kulit bayi yang baru lahir agar tetap sehat. Yuk, rawat kulit si Kecil dengan produk yang tepat sejak dini. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

Choosing baby skincare products. babycentre.co.uk/a25011409/choosing-baby-skincare-products. Accessed 20 Sep, 2019

Oils for baby massage. https://www.babycentre.co.uk/a1044406/oils-for-baby-massage. Accessed 20 Sep, 2019

Is Baby Powder Safe?. https://www.healthline.com/health/is-baby-powder-safe#1. Accessed 20 Sep, 2019

Simple Tips to Keep Baby's Skin Healthy. https://www.onhealth.com/content/1/baby_skin_care. Accessed 20 Sep, 2019

Kembali ke Atas