Skip to main content

Title

4 Jenis Permainan Seru Menggunakan Musik

header-4-jenis-permainan-seru-menggunakan-musik.png

Memiliki anak yang sehat dan aktif, tentu membutuhkan banyak faktor pendukung. Mulai dari pemilihan produk perawatan anak seperti bedak bayi, sabun, ataupun baby cream, serta beragam aktivitas penunjang seperti permainan yang dapat menstimulasi kecerdasan si Kecil.

Nah, seperti halnya memilih produk bedak bayi yang aman, memilih permainan yang sesuai dengan minat, bakat, dan karakter si Kecil juga tak bisa sembarangan, Bu. Apabila ia termasuk anak yang lebih suka menyanyi ataupun menari, permainan dengan menggunakan hitung-hitungan justru berpotensi membuat si Kecil mudah bosan. Oleh karena itu, Ibu dapat mencoba variasi permainan dengan menggunakan lagu yang bisa membuatnya lebih bersemangat, seperti aktivitas berikut ini:

  1. Permainan Pose

Permainan yang satu ini, sangatlah sederhana dan mudah untuk diikuti. Pertama-tama, Ibu perlu menyiapkan lagu berirama riang dan tentunya yang disukai oleh si Kecil. Lalu, ajaklah ia untuk menari mengikuti lagu, kemudian membuat pose ketika lagu berhenti. Saat melakukan permainan ini, si Kecil tak hanya bersenang-senang, Bu. Ia juga sekaligus melatih kemampuan berimajinasi dan juga berkonsentrasi.

Ketika si Kecil aktif bergerak, tubuhnya akan mengeluarkan keringat yang berpotensi menyebabkan biang keringat apabila tertinggal pada pori-pori. Sebagai pencegahan, sebelum bermain, Ibu bisa memakaikan bedak bayi pada bagian lipatan tubuh si Kecil seperti leher, ketiak, lipatan siku, dan lutut.

  1. Kursi Lagu

Jenis permainan yang satu ini, juga cukup mudah untuk diikuti, Bu. Ibu hanya perlu menyiapkan beberapa buah kursi (tergantung dari jumlah pemain) ataupun bantal sebagai pengganti tempat duduk. Cara bermainnya pun hampir serupa dengan permainan pose. Bedanya, ketika musik dihentikan, anak harus duduk di bangku yang sudah disediakan. Bagi pemain yang tidak mendapatkan kursi harus keluar, dan Ibu harus mengeluarkan satu bangku pula. Agar lebih menarik, Ibu bisa mengundang beberapa anggota keluarga lain atau teman si Kecil untuk ikut serta bermain kursi lagu ini lho, Bu.

  1. Tebak Lagu

Mengetahui cara merawat kulit bayi memang penting untuk memastikan tubuhnya tetap sehat dan terawat. Akan tetapi, memahami minat dan kemampuan anak juga sangat penting, terutama ketika ia sudah mulai memasuki usia tiga tahun ke atas. Di usia ini, biasanya anak mulai memiliki kemampuan untuk mengenali lagu, meski hanya dari bagian intronya, terutama untuk lagu-lagu yang sangat sering ia dengar. Oleh karena itu, Ibu bisa merangsang kemampuan si Kecil ini dalam permainan tebak lagu. Ibu cukup memainkan intro satu lagu favorit si Kecil, kemudian minta ia untuk menebak judul lagu tersebut. Jika tebakannya benar, mintalah ia untuk menyanyikan lagu tersebut secara lengkap.

  1. Tinggi dan Rendah Nada

Untuk permainan yang satu ini, Ibu bisa mengajak si Kecil menyanyikan lagu favoritnya, dan meminta ia untuk menyanyi dengan nada rendah ataupun tinggi secara bergantian. Sebagai alternatif, Ibu bisa menunjuk salah satu tokoh favoritnya, kemudian minta ia berperan sebagai tokoh tersebut dan bernyanyi. Misalnya, minta si Kecil menyanyikan lagu “Pelangi” dengan suara princess, kemudian berganti menggunakan suara Donal Bebek. Saat menirukan suara tersebut, Ibu bisa melihat bagaimana imajinasi anak sudah sangat berkembang sehingga ia  dapat membuat suara yang berbeda. Permainan ini bisa dilakukan di sela-sela waktu mandi atau ketika Ibu sedang memakaikan bedak bayi Johnson sesaat setelah ia mandi. Dengan aktivitas yang menarik, rutinitas mandi pun bisa jadi lebih menyenangkan untuk si Kecil.

Itulah beberapa permainan dengan musik atau lagu yang bisa Ibu mainkan dengan si Kecil. Tentunya, permainan ini akan terasa lebih menyenangkan apabila ia sedang dalam suasana hati yang baik, ya. Agar mood si Kecil tak terganggu dan ia dapat tetap nyaman bermain, pastikan kulitnya tetap terjaga dari gangguan seperti biang keringat. Bedak bayi JOHNSON’S® Active Fresh™ baby powder, dapat membantu menjaga kelembutan kulit serta menetralkan bau asam saat ia berkeringat. Jadi, si Kecil dapat tetap aktif bermain dengan wangi segar meski ia berkeringat!

Kembali ke Atas