Skip to main content

Title

3 Tanda Bayi Tidur Nyenyak

3-tanda-bayi-tidur-nyenyak.png

Selain membantu tumbuh kembang fisik si Kecil, tidur berkualitas di malam hari juga membantu mengoptimalkan perkembangan otaknya. Sebab, sewaktu si Kecil tertidur nyenyak, hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuhnya dengan lebih maksimal.

Untuk bisa membantu si Kecil mendapatkan tidur berkualitas, Ibu perlu menerapkan cara menidurkan bayi yang benar, dan memastikan ia tidur lelap setiap malam. Apa saja tanda-tanda bayi tidur nyenyak? Simak uraian berikut yuk, Bu:

  1. Tidak Gelisah

Saat si Kecil tidur, coba perhatikan dengan saksama, apakah ia banyak bergerak, atau justru sebaliknya. Jika si Kecil tidak banyak bergerak, artinya tidurnya sudah cukup lelap dan nyaman, Bu. Jika sebaliknya, maka tidurnya bisa dikatakan belum berkualitas.

Banyak bergerak saat tidur menandakan si Kecil merasa gelisah. Penyebabnya beragam, misalnya karena perutnya lapar atau popoknya basah. Untuk menjaga kualitas tidur si Kecil, Ibu bisa menyusui si Kecil sebelum tidur dan memastikan popoknya tidak basah. Bila Ibu khawatir popok basah mengganggu tidur si Kecil, gantilah popok kain si Kecil dengan popok sekali pakai tiap jelang waktu tidur.

  1. Tidak Bangun di Malam Hari

Hal berikutnya yang juga jadi pertanda bayi tidur nyenyak adalah ia tidak terbangun di malam hari. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, seperti halnya orang dewasa, bayi akan mudah terbangun dari tidur bila ia tidak benar-benar masuk ke tahapan tidur dalam, Bu. Salah satu penyebabnya yaitu durasi tidur siang yang terlalu lama.

Untuk itu, Ibu perlu mengetahui pola tidur normal untuk bayi sesuai tahapan usianya supaya bisa membantu si Kecil mendapatkan porsi tidur siang dan malam yang seimbang. Berikut panduannya:

Pola tidur normal bayi 0-1 tahun:

 

Usia Bayi

Durasi Tidur Siang

Durasi Tidur Malam

0-2 bulan

7,5 jam

8,5 jam

3 bulan

5 jam

10 jam

4-5 bulan

4 jam

11 jam

6 bulan

4,5 jam

10 jam

7-8 bulan

4 jam

10 jam

9 bulan

3 jam

11 jam

10-11 bulan

2,5 jam

11 jam

12 bulan

2 jam

11 jam

 

Setelah mengetahui pola tidur siang dan malam normal pada bayi berdasarkan tabel di atas, yuk mulai membantu si Kecil tidur sesuai dengan durasi yang disarankan, Bu.

  1. Tidak Lemas saat Bermain

Nyenyak tidaknya tidur si Kecil setiap malam juga bisa Ibu ketahui dari sikap yang ia tunjukkan saat bermain bersama Ibu di siang hari. Bila selama bermain si Kecil terlihat ceria, antusias, dan responsif, itu artinya tidur malamnya sudah cukup nyenyak, Bu. Sebab, salah satu efek tidur nyenyak adalah membuat tubuh lebih segar.

Sementara, bila yang terlihat adalah sebaliknya, berarti kualitas tidur malam si Kecil tidak cukup baik. Namun, jangan khawatir. Ibu bisa membantu si Kecil mendapatkan kualitas tidur malam yang lebih baik lewat JOHNSON’S® 3-Step Routine:

  • Diawali dengan mandi, ritual jelang waktu tidur ala JOHNSON’S® ini membuat tubuh si Kecil terasa bersih dan segar.
  • Dilanjutkan dengan proses pijat menggunakan JOHNSON’S®bedtime™ baby lotion, JOHNSON’S® 3-Step Routine membantu si Kecil terasa lebih rileks dan nyaman.
  • Diakhiri dengan waktu tenang, 3-Step Routine dari JOHSNSON’S® membantu si Kecil lebih mudah masuk ke tahapan tidur dalam, sehingga ia tidak mudah terbangun di malam hari.

Nah, yuk, bantu si Kecil tidur mendapatkan tidur lebih berkualitas di malam hari, Bu!

Kembali ke Atas