Skip to main content

Title

Asah Kemampuan Motorik Halus Bayi dengan Permainan Sederhana Ini

johnsons-baby-asah-kemampuan-motorik-halus-bayi-dengan-permainan-sederhana-ini.png

Ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan untuk membantu si Kecil tumbuh optimal. Selain merawat tubuh mungilnya dengan beragam produk berkualitas dan memastikan bayi mendapatkan asupan gizi yang ia butuhkan, Ibu juga perlu menstimulasi si Kecil sesuai tahap perkembangan bayi  yang tengah ia lalui. Misalnya, di rentang usia 0-1 tahun seperti saat ini, Ibu bisa mengajak si Kecil melakukan permainan yang bisa merangsang kemampuan motorik halusnya.

Nah, berikut beberapa permainan sederhana yang bisa Ibu pilih sebagai sarana stimulasi kemampuan motorik halus si Kecil. Simak yuk, Bu:

  1. Memasukkan Mainan Bayi ke Dalam Stoples

Bahan-bahan:

  • 5 jenis mainan bayi yang berbeda-beda.
  • 1 buah stoples bening ukuran sedang (dengan diameter 15 cm dan tinggi 10 cm).

Cara bermain:

  • Bantu si Kecil untuk memasukkan mainan satu per satu ke dalam stoples dengan meraih tangannya agar mengarah pada stoples. Usia si Kecil yang masih sangat dini memang mengharuskan Ibu untuk membantunya dengan penuh kesabaran.

Permainan sederhana ini bisa Ibu pilih sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan motorik halus bayi karena otot pada jari-jemari si Kecil akan terlatih setiap kali ia berusaha menggenggam mainan kesayangannya. Tak hanya itu, kemampuan konsentrasi serta koordinasi mata dan tangan si Kecil juga ikut terlatih saat ia berusaha memasukkan mainan ke dalam stoples.

  1.   Mengeluarkan “Harta Karun” dari Dalam Kotak Tisu

   Bahan-bahan:

  • Kotak tisu bekas (sebaiknya gunakan yang berbagan kertas atau karton agar sisi-sisinya tidak berpotensi melukai si Kecil.
  • Potongan kain beragam warna dan tekstur.

Cara Bermain:

  • Masukkan kain beragam warna dan tekstur ke dalam kotak tisu.
  • Bantu si Kecil agar ia menarik kain satu per satu ke luar dari kotaknya.

Seperti permainan sebelumnya, permainan ini dapat membantu si Kecil untuk melatih kemampuan motorik halus, karena ia harus mengerahkan jari-jemari mungilnya untuk menarik kain keluar dari kotak tisu. Selain melatih kemampuan motorik halus bayi, permainan mengeluarkan harta karun ini juga sekaligus melatih kemampuan sensorik si Kecil karena tekstur kain yang berbeda-beda memberikan sensasi berbeda saat digenggam oleh si Kecil. 

Nah, itulah dua permainan yang bisa Ibu pilih untuk menstimulasi kemampuan motorik halus bayi. Agar perkembangan kemampuan motorik halus si Kecil semakin optimal, Ibu juga bisa memberikan pijatan lembut di area lengan, telapak tangan, dan jari-jemari si Kecil secara rutin setiap hari. Menurut penelitian, pijatan lembut pada area-area tubuh si Kecil ini mampu merangsang saraf-saraf di tangan si Kecil sehingga kemampuan motorik halusnya semakin meningkat.

Supaya sesi pijat semakin menyenangkan, Ibu bisa menggunakan JOHNSON’S® milk + rice baby lotion. Selain memperlancar pergerakan tangan Ibu selama memijat si Kecil, baby lotion dari JOHNSON’S ini juga membantu merawat kulit lembut si Kecil karena mengandung protein susu murni dan nutrien beras.

Yuk, ajak buah hati kesayangan Ibu mencoba dua permainan di atas supaya kemampuan motorik halusnya kian terasah!


 

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas