Skip to main content
bayi-usia-13-bulan-si-pemilih-makanan-header-image.jpg

Si Kecil di usia 13 bulan merupakan sosok yang makin mandiri dengan rasa penasaran makin tinggi dari hari ke hari. Ia juga makin berani terutama ketika mempelajari keterampilan baru untuk memenuhi rasa penasarannya.

Salah satu permainan yang disukai oleh si Kecil adalah memasukkan balok ke dalam wadah. Saking senangnya, ia mungkin akan pamer karena kemampuannya memainkan permainan tersebut.

Di usia ini, si Kecil mungkin akan melakukan hal yang digemarinya secara berulang. Si kecil juga mungkin sudah mulai bisa menggunakan krayon untuk mencoret-coret. Bunda sebaiknya memastikan untuk memenuhi rasa penasaran si Kecil dengan hal-hal positif dan menyenangkan.

1. Tumbuh kembang Bayi Usia 13 Bulan

  • Si Kecil saat usia 13 bulan umumnya sudah memiliki kemampuan motorik berupa mengambil dan memasukkan benda ke dalam tempat penyimpanan. Selain itu, ia kemungkinan sudah bisa melemparkan benda dan membantu Bunda memakai baju. Si Kecil juga mungkin sudah memiliki minat dan melakukan kontak mata dengan bayi lainnya. Yang perlu diwaspadai adalah si Kecil mungkin akan berdiri dengan menarik perabotan atau benda-benda yang ada disekitarnya.
  • Si Kecil sudah mengerti banyak arti apa yang dikatakan Bunda. Dia juga mungkin sudah bisa melambaikan tangan kepada orang-orang. Hanya saja, komunikasinya masih terbatas sehingga ada banyak hal yang mungkin susah ditangkap maksudnya oleh Bunda. Kondisi ini mungkin akan membuatnya frustasi sehingga ia bisa marah atau menangis.

2. Jangan Kaget dengan Pola Makan Si Kecil Usia 13 Bulan?

  • Di usia 13 bulan, si Kecil mungkin akan memiliki nafsu makan yang lebih rendah daripada bulan sebelumnya. Bunda tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang normal. Meski dia aktif bergerak, makanan yang dibutuhkan makin sedikit mengingat pertumbuhannya lebih lambat dari sebelumnya.
  • Meski demikian, tetaplah mencoba membuat si Kecil makan banyak seperti bulan-bulan sebelumnya. Si Kecil juga mungkin akan lebih pemilih terhadap makanan. Menghadapi hal ini, orang tua sebaiknya tetap memberi menu sehat padanya.

3. Perawatan yang Sebaiknya Dilakukan

  • Aktivitas yang tinggi sepanjang hari tetap harus diimbangi dengan produk yang tepat untuk mengatasi efek yang ditimbulkan. Ya, keringat yang keluar dari tubuh si Kecil harus diatasi dengan produk yang mampu menetralkan bau asam namun lembut untuk kulitnya.
  • Bunda cukup mengaplikasikan produk ini saat si Kecil berkeringat, maka hal itu akan membuatnya tetap wangi dan segar.

Pemakaian produk ini akan membuat si Kecil usia 13 bulan tetap segar sepanjang hari sehingga Bunda tak perlu khawatir.

 

Source :

https://www.babycenter.com/6_your-13-month-old_5906.bc

https://www.parents.com/baby/development/13-month-old-child-development/

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-13-to-15-months-babys-first-steps/

https://www.thebump.com/baby-month-by-month/13-month-old-baby

https://www.babycentre.co.uk/a5170/your-13-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas