Skip to main content
bayi-usia-5-bulan-si-kecil-makin-ekspresif-header-image.jpg

Bayi usia 5 bulan makin dekat dengan orang-orang terkasihnya karena lebih ekspresif dalam mengungkapkan cinta. Si Kecil sudah mampu memberikan pelukan dan ciuman serta meraih tangan orang yang hendak meraihnya.

Bukan hanya itu, si Kecil di usia ini mungkin akan membuat suara dan mimik wajah yang lucu dan menggemaskan. Yang juga membuat hari makin ceria adalah kemampuan si kecil untuk menyimak pembicaraan semakin bagus, termasuk bisa berpaling muka ke arah orang yang memanggil namanya.

1. Kemampuan Motorik si Kecil Usia 5 Bulan

  • Kemampuan berguling si Kecil kemungkinan akan lebih mahir. Saat ini, si kecil sudah bisa duduk tegak dalam waktu beberapa detik. Namun untuk duduk dalam jangka waktu lebih lama, si Kecil sebaiknya tetap disangga oleh bantal. Jangan kaget jika ia sudah mulai bersiap-siap untuk merangkak.
  • Kemampuan si Kecil menggenggam benda-benda juga makin baik. Ia mungkin akan makin mahir menarik benda-benda yang ada di dekatnya. Selain itu, si Kecil kesayangan Bunda mungkin sudah bisa memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya. Bahkan, ia mungkin sudah mampu memegang cangkir atau botol secara mandiri.

2. Berapa Kali Harus Memberi Makan pada Bayi Usia 5 Bulan?

  • Bunda mungkin akan memberi ASI atau susu formula setiap 3 hingga 5 jam. Untuk susu formula, sekali memberi bisa sebanyak 120 ml, sementara untuk ASI jumlahnya sekitar akan tergantung pada si Kecil apakah sudah puas atau tidak.
  • Umumnya si Kecil berusia 5 bulan akan tidur sepanjang malam. Bunda sudah bisa memulai untuk mengajari si Kecil untuk tidur dan bangun teratur. Salah satunya adalah dengan membaringkannya di boks tidur saat ia mengantuk, bukan setelah lelap. Selain tidur malam, si Kecil juga akan tetap membutuhkan tidur siang – sekali di pagi hari dan sekali sesudah makan siang.

3. Perawatan untuk si Kecil Usia 5 Bulan

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk si Kecil pada usia ini adalah memberikan bedak bayi. Hanya saja, selalu perhatikan kandungan dan fungsi bedak tersebut. Yang disarankan diberikan pada tahap ini adalah yang mampu memberi memelihara kulit bayi tetap halus, lembut, cerah, dan terawat.

Kandungan dalam bedak yang sesuai untuk si Kecil pada usia 5 bulan adalah protein susu, nutrien beras, vitamin A, dan vitamin E. Serangkaian senyawa di atas terbukti secara klinis mampu memberikan perawatan optimal pada kulitnya. Pemakaian bedak jangan langsung diaplikasikan pada kulit, tetapi dituangkan pada telapak tangan Bunda sebelum diusapkan pada kulit si Kecil.
 

Source :

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-5-months#2

https://www.thebump.com/baby-month-by-month/5-month-old-baby

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-5-months#2

https://www.babycenter.in/a1052194/baby-boys-growth-chart-0-to-12-months

https://www.babycentre.co.uk/a720/your-five-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas