Skip to main content

Title

Persiapan Sebelum Mengajak Anak Berenang

persiapan-sebelum-mengajak-anak-berenang.png

Wah, si Kecil kini sudah berusia balita! Kini, ia tentu makin aktif secara fisik, ya? Oleh karena itu, aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya pun jadi lebih beragam. Berenang adalah salah satu di antaranya. Namun, mengingat kegiatan ini memungkinkan kulit si Kecil terpapar kaporit dari air kolam renang, Ibu perlu menerapkan cara merawat kulit bayi yang benar, agar kulitnya tidak kering dan iritasi setelah berenang.  

Selain memerhatikan perawatan kulit si Kecil pasca berenang, ada pula beberapa hal lain yang juga perlu Ibu ketahui dan persiapkan sebelum mengajak anak berenang agar aktivitas ini berjalan dengan aman dan nyaman. Simak selengkapnya, yuk, Bu!

  1. Baju Renang yang Nyaman

Untuk aktivitas ini, baju renang tentu jadi hal pertama yang perlu Ibu siapkan untuk si Kecil. Agar ia senantiasa nyaman selama bergerak di dalam air, pertimbangkan pemilihan baju renang berdasarkan model dan bahan.

Berbeda dengan baju bermain sehari-hari yang sebaiknya terbuat dari bahan katun agar keringat si Kecil terserap dengan baik, baju renang idealnya terbuat dari bahan nylon ataupun spandex. Sebab, kedua bahan ini tak hanya elastis, tapi juga ringan sehingga akan mempermudah si Kecil bergerak di dalam air.

Bila si Kecil lebih sering berenang di kolam renang outdoor, memilih baju renang berbahan spandex yang memiliki lapisan anti sinar UV juga bisa Ibu lakukan sebagai cara lain merawat kulit si Kecil.

  1. Pelampung atau Ban Renang yang Sesuai Ukuran Tubuh Anak

Sama seperti cara merawat kulit bayi agar kulit si Kecil senantiasa terlindungi, memakaikan pelampung untuknya sebelum berenang juga juga penting diperhatikan agar si Kecil tetap aman dari risiko tenggelam saat berenang. Oleh sebab itu, jangan lupa siapkan pelampung khusus anak sebelum berangkat ke kolam renang ya.

Tak berbeda dengan baju renang, pelampung untuk anak juga terdiri dari beberapa model yang bisa Ibu pilih sesuai usia dan tahap perkembangan si Kecil. Model-model itu di antaranya neck ring untuk usia enam bulan hingga dua tahun, serta pelampung pinggang dan lengan yang dihadirkan untuk anak usia tiga tahun ke atas yang sudah bisa menjaga keseimbangan tubuh mereka di dalam air. Mengingat kini si Kecil sudah berusia balita, berikan ia jenis pelampung pinggang ataupun pelampung lengan ketimbang neck ring, agar ia terpacu untuk menggerakkan tangan dan kakinya lebih aktif lagi.

  1. Makanan untuk si Kecil

Untuk mengisi ulang energi si Kecil di sela-sela waktu berenang maupun setelah selesai berenang, jangan lupa bawakan juga makanan untuknya, Bu. Tak harus makanan berat, Ibu bisa membawakannya sandwich, roti bakar, atau biskuit sebagai pengganjal lapar.

Bila perutnya dalam kondisi terisi dengan baik, tak hanya bisa terus aktif menikmati serunya kegiatan berenang, si Kecil juga terhindar dari risiko masuk angin.

  1. Perlengkapan Mandi si Kecil

Saat berenang, kulit dan rambut si Kecil terpapar kaporit dari air kolam renang sehingga berisiko mengalami kekeringan dan lebih mudah iritasi. Supaya hal ini tak terjadi, Ibu harus segera mengajak si Kecil membersihkan tubuh dan rambutnya begitu ia selesai berenang. Dalam hal ini, produk bayi berkualitas dari JOHNSON’S® seperti JOHNSON’S® Active Fresh™ baby shampoo dan JOHNSON’S® Active Fresh™ baby bath  bisa Ibu gunakan.

Mengandung natural lavender, chamomile, dan dihadirkan dalam formula lembut  NO MORE TEARS®,  JOHNSON’S® Active Fresh™ baby shampoo siap membuat rambut si Kecil kembali segar dan wangi setelah berenang, tanpa membuat mata perih. Untuk membersihkan sisa kaporit dari kulit si Kecil, Ibu bisa menggunakan JOHNSON’S® Active Fresh™ baby bath. Memiliki kesegarannya yang tahan lama, sabun cair dari JOHNSON’S® ini membantu Ibu membersihkan kulit si Kecil secara menyeluruh dan membantu mengurangi kekeringan pada kulit si Kecil.

Setelah mandi, jangan lupa aplikasikan juga JOHNSON’S®milk + rice baby lotion secara merata pada kulit si Kecil untuk menjaganya tetap lembap dan sehat.  Mengandung protein susu murni, nutrien beras, dan 200% lebih banyak vitamin dan mineral, JOHNSON’S®milk + rice baby lotion membantu menutrisi kulit si Kecil agar kembali lembap setelah terpapar kaporit di kolam renang. Begitu badannya kembali bersih, Ibu bisa meminta si Kecil untuk tidur siang. Waktu tidur bayi berkualitas akan membantu energinya segera pulih, Bu.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Ibu persiapkan sebelum mengajak si Kecil berenang. Dengan menerapkan cara merawat kulit bayi yang tepat, Ibu pun kini tak perlu khawatir lagi kulit si Kecil kering dan kusam karena kaporit di kolam renang!

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas