Skip to main content

Title

Serba-Serbi Perawatan Rambut Bayi Baru Lahir

serba-serbi-perawatan-rambut-bayi-baru-lahir.png

Lahirnya sang buah hati tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi Ibu, apalagi kelahiran anak pertama. Agar bayi dapat tumbuh sehat, ada banyak hal yang harus dipahami oleh Ibu baru, termasuk salah satunya cara memandikan bayi baru lahir. Pasalnya, kondisi fisik bayi baru lahir masih sangat sensitif, bahkan cenderung belum stabil.

Nah, saat memandikan si Kecil, Ibu bukan hanya perlu memberikan perhatian khusus pada kulitnya, tapi juga pada rambutnya. Ini bertujuan untuk memantau pertumbuhan rambut si Kecil da mengantisipasi risiko rambut rontok pada si Kecil. Berikut ini adalah serba-serbi perawatan rambut bayi baru lahir yang dapat Ibu lakukan.

1.Mulai rawat ketika mandi

Mandi adalah waktu yang tepat untuk memulai perawatan rambut . Cara memandikan bayi yang benar biasanya dimulai dari kepala, badan, kemudian . unakan shampoo khusus untuk bayi yang untuk kulit yang sensitif. JOHNSON’S® baby 2in1 TOP-TO-TOE® wash adalah shampoo sekaligus sabun diciptakan

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketebalan rambut. Jika rambut cenderung tipis, cukup cuci rambutnya 2-3 kali seminggu. Namun bila rambuttebal, ada baiknya untuk mencuci rambut bayi 4-5 kali seminggu.

2.Cuci hingga kulit kepala

Sebagai salah satu cara memandikan bayi baru lahir, cucilah rambut hingga ke bagian kulit kepala. kulit kepala bayi kerak-kerak yang biasa disebut sebagai cradle cap. ntuk, ijat dengan lembut ketika mencuci rambut .

Setelah membersihkan kepala bayi baru lahir, ada baiknya Ibu mengusahakan agar kulit kepalanya tetap sejuk dan lembap. Kulit kepala bayi akan mudah ditumbuhi kerak ketika sedang berkeringat ataupun terlalu kering. Maka dari itu, hindari menggunakan topi kecuali diperlukan, dan oleskan JOHNSON’S® baby cream yang dapat melembapkan dan melindungi kulit bayi dari kekeringan dan iritasi.

3.Sisir rambut bayi secara hati-hati

Langkah satu ini merupakan langkah terakhir dari cara merawat kulit bayi, yakni menyisir rambutsecara hati-hati sikat bulu lembut. Kepala bayi biasanya masih terasa lembut dan lunak. Maka dari itu, sisir dengan gigi keras tidak dianjurkan.

Penyisiran bertujuan untuk memberikan kesan rapi serta segar pada bayi. Hal ini juga bermanfaat untuk mengatur tumbuhnya rambut sekaligus mengontrol apakah masih ada kotoran yang masih menempel di kulit kepala.

Itulah beberapa cara merawat rambut si Kecil yang baru lahir. Hal lain yang sering jadi pertanyaan Ibu baru adalah soal shampoo yang terkena mata si Kecil.

Penggunaan shampoo biasanya dapat menyebabkan iritasi apabila terkena mata. Maka dari itu, sebagai salah satu cara memandikan bayi baru lahir, sebaiknya tetap hindari mata si Kecil dari cairan sabun apa pun, walaupun shampoo khusus bayi dibuat dengan formula tak pedih di mata.

Kembali ke Atas