Skip to main content

Title

Yuk, Bantu Optimalkan Perkembangan Bayi dengan Bermain Ciluk-Ba!

johnsons-baby-yuk-bantu-optimalkan-perkembangan-bayi-dengan-bermain-ciluk-ba.png

Selain memberinya asupan gizi yang lengkap dan seimbang, Ibu juga perlu memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia si Kecil supaya perkembangan bayi berlangsung semakin optimal.  Salah satu caranya yaitu dengan rutin mengajak ia bermain, Bu. Untuk bayi di rentang usia 0-1 tahun, permainan ciluk-ba bisa menjadi pilihan. Di samping mudah dilakukan, permainan ini juga memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Penasaran apa saja? Berikut informasi lengkapnya:

  1. Melatih si Kecil Terbiasa Berinteraksi

Di usianya yang masih sangat dini, si Kecil memang belum memahami bahasa verbal. Namun, bukan berarti ia tak perlu berinteraksi dengan Ibu dan orang-orang di sekelilingnya, lho. Penelitian mengungkapkan, interaksi yang intens dibutuhkan bayi untuk memudahkannya belajar bicara serta meningkatkan kemampuan komunikasinya kelak. Oleh sebab itu, sejak awal, Ibu disarankan sering mengajak bayi berinteraksi melalui bahasa-bahasa non-verbal seperti kontak mata, senyuman, tawa, dan sebagainya.

Bermain ciluk-ba mengakomodir Ibu untuk melakukan hal ini. Tak sekadar memancing gelak tawa bayi dan membuat ia merasa terhibur, permainan ini secara tak langsung juga meningkatkan intensitas kontak mata dan komunikasi non-verbal Ibu bersama si Kecil sehingga ia semakin terbiasa berinteraksi.

  1. Membantu si Kecil Belajar Konsep Muncul dan Hilang

Bagi bayi di bawah usia satu tahun, apa yang tidak bisa ia lihat secara langsung berarti benar-benar menghilang atau tidak ada, Bu. Termasuk wajah Ibu saat Ibu menutupinya sambil berkata “Ciluuuuk”. Saat Ibu berkata “Ba!” sembari menampakkan wajah, si Kecil akan mengira bahwa Ibu sudah kembali. Secara tak langsung, hal ini membuat si Kecil mengenal konsep baru yaitu hilang dan muncul.   

  1. Melatih si Kecil Mengenal Pola dan Kebiasaan

Seiring dengan bertambahnya usia si Kecil, perlahan ia akan memahami bahwa saat Ibu berkata “Ciluuuk” sembari menutup wajah, sebenarnya Ibu tidak benar-benar menghilang. Si Kecil tahu, Ibu akan muncul kembali dan mengagetkannya sambil berkata “Ba!”. Dari sini, bayi Ibu secara tak langsung sudah belajar mengenal pola dan kebiasaan, Bu. Hal ini baik untuk perkembangan kognitif si Kecil, lho.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri si Kecil

Seiring pertumbuhannya, si Kecil akan mulai meniru apa yang Ibu lakukan. Ia akan berusaha mengejutkan Ibu lewat permainan ciluk-ba. Manfaatkan momen ini sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan diri si Kecil sejak dini yuk, Bu. Caranya, tunjukkan ekspresi kaget setiap kali si Kecil kembali menampakkan wajahnya. Setiap melihat Ibu kaget, si Kecil akan merasa berhasil melakukan sesuatu sehingga ia semakin percaya diri dan berani mencoba berbagai hal baru di kemudian hari.

Nah, itulah empat manfaat yang bisa si Kecil dapatkan bila Ibu sering mengajaknya bermain ciluk-ba. Supaya selama bermain si Kecil senantiasa nyaman tanpa terganggu masalah kulit kering, Ibu bisa mengaplikasikan baby lotion ke kulitnya setiap habis mandi sebelum mengajaknya bermain. Terkait hal ini, JOHNSON’S® milk + rice baby lotion bisa menjadi pilihan. Mengandung protein susu murni dan nutrien beras, baby lotion dari JOHNSON’S® ini membantu menutrisi kulit si Kecil agar tetap sehat, lembap, dan halus seharian.

Yuk, rutin ajak si Kecil bermain ciluk-ba mulai hari ini!

Kembali ke Atas