Skip to main content

Bermain dengan Balita

Para balita baru saja mulai memahami cara kerja dunia yang besar, rumit, dan menyimpan berbagai keseruan, dengan menggunakan tubuh mereka untuk menjelajahi semua tempat, mulai dari lantai dapur sampai ke kotak pasir. 

Dengan perkembangan kognitif dan imajinasi balita Anda saat ini, waktu bermain menjadi lebih menyenangkan. Balita Anda sedang dalam tahap mencari tahu segala sesuatu dan belajar untuk berkomunikasi dengan lebih baik menggunakan gerak tubuh, suara, dan kata-kata. Selain itu, ia mulai belajar berdiri dengan dua kaki, serta berjalan maju dan mundur. Yang lebih seru lagi, ia akan segera berlari, melompat, dan memanjat ke sana kemari. Ia juga akan menggunakan jari dan kedua tangannya untuk menjelajah dengan cara yang lebih rumit (oleh karena itu, pastikan Anda siap untuk sedikit berolahraga).

Setiap balita memiliki gaya bermain & belajar yang berbeda-beda. Beberapa balita sangat menyukai kegiatan aktif. Sementara yang lainnya menikmati permainan yang lebih santai dan lebih menyukai waktu bermain yang tenang. Cobalah beberapa permainan yang dianjurkan berikut ini. Lihat permainan mana yang paling cocok untuk balita Anda dan dapat mendukung perkembangan kognitif dan imajinasinya.  

Permainan Berlari, Memanjat, dan Aksi

Permainan klasik seperti “Ular Naga” adalah permainan yang banyak disukai oleh balita, dan dapat mendorong mereka untuk bergerak, bernyanyi, mendengar, bergilir, dan bekerja sama. Seperti sudah diketahui, berjalan-jalan di taman, menjelajah arena bermain, dan bermain bersama di halaman belakang dapat memberikan kesempatan bagi anak Anda untuk berlari, memanjat, dan bermain bersama anak-anak lainnya. Di kala hujan, cobalah membuat permainan rintangan di dalam rumah, atau bangunlah sebuah tenda dan bacakan sebuah cerita untuk merangsang imajinasi si kecil. 

Ayo Lakukan Lagi... dan Lagi... dan Lagi

Pengulangan adalah cara balita mempelajari cara kerja berbagai hal di sekitarnya yang dapat mengasah perkembangan kognitifnya. Ia mungkin akan memenuhi sebuah kotak dengan mainan dan mengosongkannya berulang kali, untuk memahami konsep penuh dan kosong, atau konsep masuk dan keluar. Selain itu, balita Anda mungkin ingin mendengar cerita yang sama lagi dan lagi, atau menyanyikan lagu yang sama berulang-ulang. Pengulangan-pengulangan seperti ini membantu anak Anda mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya, serta membuatnya merasa aman dan memegang kendali. Hal ini bahkan dapat membantunya menguasai keterampilan-keterampilan baru dan meningkatkan rasa percaya dirinya. 

Permainan Tebak Lagu

Seiring proses belajar balita dengan menirukan suara-suara, ia akan suka bernyanyi dan meminta Anda membacakan buku dengan kata-kata yang berima. Kata-kata lebih mudah untuk dipelajari jika dibuat dengan rima atau menjadi lagu. Untuk melatih balita Anda, cobalah memberikan jeda pada sebuah lagu. Apakah ia tahu kata berikutnya? Dengarkan musik dan menarilah bersamanya untuk melatih kaki dan tangannya. Ini adalah cara yang luar biasa untuk membantunya mengekspresikan diri dan merasakan kebebasan bergerak, sekaligus mendukung perkembangan kognitif anak dan imajinasinya. 

Tangan-Tangan Sibuk

Balita Anda banyak belajar dengan mencari tahu cara kerja bermacam-macam benda di sekitarnya. Balita Anda menggunakan jari dan kedua tangan mereka untuk menekan tombol, memasukkan barang-barang ke kotak dan mengosongkannya, dan juga membalik halaman buku. Dengan mengetahui cara mendorong dan menarik, balita Anda dapat memutar musik dan menikmati buku kesukaannya. Selain itu, balita Anda juga mungkin menyukai melukis dengan jari, mewarnai, bermain dengan adonan, atau memeras air dari spons. Ini merupakan salah satu tanda bahwa perkembangan kognitif dan imajinasi balita Anda sedang berkembang. 

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas