Skip to main content

Bermain dengan Bayi

Melihat sinar kegembiraan di mata bayi Anda dan mendengar gelak tawanya adalah salah satu alasan utama untuk menikmati bermain bersamanya. Selain itu, ada alasan yang bahkan lebih baik lagi, karena bermain bersama si kecil juga dapat mendorong perkembangan bayi. 

Saat menemaninya bermain, rangsang seluruh indranya: mata, telinga, hidung, tangan, dan mulut. Ini adalah bagian-bagian tubuh yang digunakannya untuk menjelajahi dan mempelajari dunia. Cobalah stimulasi bayi dengan beberapa permainan berikut ini.

Permainan Meniru

Bayi belajar berbicara dengan meniru suara-suara yang ibu buat. Tarik perhatian bayi Anda dengan membuat suara-suara seperti “aah” atau “uuh”, dan ajak ia bicara. Saat melakukan ini, berikan pujian ketika ia meniru Anda. Saat membacakan cerita untuknya, tunjukkan kepadanya bahwa menekan sebuah tombol akan menimbulkan suara, seperti suara bebek. Atau, stimulasi bayi dengan mengajarkannya cara membalik halaman-halaman buku.

Cilukba

Saat Anda sedang memakaikan baju atau mengganti popok bayi Anda, stimulasi bayi dengan mengajaknya bermain cilukba. Pada awalnya ia akan menunjukkan kegembiraannya dengan memerhatikan Anda. Seiring pertumbuhannya, ia mungkin akan tersenyum, membuat suara, dan menendangkan kakinya. Saat memasuki usia sembilan bulan, ia akan mulai mencari Anda dan menarik popok atau bajunya. 

Menyanyi dan Menari

Kalau Anda punya lagu favorit yang dinyanyikan oleh ibu Anda untuk Anda, lanjutkanlah tradisi tersebut dengan menyanyikannya untuk bayi Anda. Jangan cemas dengan suara Anda. Bayi Anda senang mendengarkan Anda. Menarilah sambil bernyanyi untuk tetap menarik perhatiannya. Dengarkan bermacam-macam jenis musik dan cari tahu musik apa yang paling disukai bayi Anda. 

Bermain Bola

Bola adalah mainan yang sangat baik untuk menstimulasi bayi. Bola dapat membantu bayi Anda mengenal dan menggunakan seluruh inderanya. Jika memungkinkan, perlihatkan bola dengan bermacam-macam warna dan tekstur yang berbeda pada bayi Anda. Doronglah ia untuk memainkan bola tersebut dan menggelindingkannya maju dan mundur. Biarkan ia mengeksplorasi apa yang dapat dilakukannya dengan bola tersebut. Pergilah ke luar dan pantulkan bola di dinding atau aspal. 

Ketika bayi Anda tumbuh semakin besar, ia belajar menggunakan tubuhnya untuk menjelajahi dunia. Ia juga akan mulai menjangkau dan meraih banyak benda. Oleh karena itu, ia dapat berinteraksi dengan mainannya dengan bermacam-macam cara. 

Salah satu perkembangan bayi di usia sembilan bulan adalah ia dapat memahami sebab dan akibat. Jadi, ia akan mengerti bahwa saat ia menekan sebuah tombol di bukunya, seekor bebek akan mengeluarkan suara kwek-kwek. Selain itu, ia akan mulai memahami bahwa hal-hal yang tidak dilihatnya itu tetap ada. Anda masih berada di balik kausnya, meskipun ia tidak dapat melihat Anda. 

Saat ulang tahunnya yang pertama, ia akan berkomunikasi dengan Anda menggunakan gerak tubuh, ekspresi wajah, suara, dan bahkan dengan beberapa kata.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas