Skip to main content

Tips Belajar Sehari-hari

Semakin besar rasa ingin tahu anak, semakin banyak ia belajar. Oleh sebab itu, memupuk rasa ingin tahunya adalah salah satu cara terpenting yang dapat ibu lakukan agar ia menjadi pribadi yang suka belajar ke depannya.

Berikut ini beberapa cara mendidik anak balita dan memupuk rasa ingin tahunya.

Tunjukkan Ketertarikan Ibu pada Dunia Sekitar

Berjalan-jalanlah di luar dan katakan apa yang ibu pikirkan tentang pepohonan, langit, bintang-bintang. Selain itu, perlihatkan kepada anak Anda bagaimana Anda juga mencari ketertarikan sendiri pada dunia.

Mendorong Minat Alami

Anak-anak belajar lebih banyak melalui kegiatan yang menarik perhatian dan imajinasinya. Jika anak Anda menyukai musik, mainkan musik lebih sering untuknya, buat dan mainkan alat musik bersama, serta menarilah bersama. Jika anak Anda menyukai serangga, belikan ia sekop dan jaring. Cari dan bacakan untuknya buku-buku tentang serangga. Hal ini merupakan salah satu cara mendidik anak balita yang dapat diterapkan untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Jawablah Pertanyaan dengan Sederhana dan Sesuai dengan Perkembangan Anak 

Untuk pertanyaan dari mana bayi berasal, ibu tentu akan memberikan jawaban yang jauh berbeda untuk anak usia tiga dan untuk anak usia 13 tahun. Berapa pun usia anak Anda, selalu tanyakan dahulu apa pendapatnya sebelum menjawab.

Jika Ibu Tidak Tahu Jawaban atas Pertanyaannya, Katakanlah Demikian

Biarkan ia mengerti bahwa tidak masalah jika seseorang tidak tahu jawaban atas suatu pertanyaan. Ini juga kesempatan ibu untuk mendidik anak balita dengan mengasah kemampuannya mencari sebuah jawaban. Pergilah dengannya ke perpustakaan atau tanyakan pada orang lain yang mungkin tahu.

Gunakan Perpustakaan!

Lebih seringlah melakukan kegiatan ini bersama si kecil. Cari tahu kapan perpustakaan setempat mengadakan sesi mendongeng cerita. Buku adalah jendela dunia untuk memuaskan rasa ingin tahu. Anak-anak yang sering membaca buku akan menjadi pembaca yang lebih baik. Untuk mendidik anak balita lebih suka membaca, biarkan anak Anda memilih bukunya sendiri. Studi menunjukkan bahwa tidak masalah jika anak Anda membaca buku tentang roket atau buku komik; yang terutama adalah hal itu menarik minatnya dan ia suka membaca.

Rangsang Anak Anda Dengan Pertanyaan Terbuka

Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang tidak memiliki jawaban benar atau salah, dan tidak dapat dijawab dengan hanya satu kata, seperti “ya” atau “tidak”. Misalnya, tanyakan padanya, “Bagaimana menurutmu tentang...”, “Apa rasanya (pengalaman ini dan itu)...”, atau “Coba ceritakan kejadian apa yang menarik di sekolah hari ini.” Pertanyaan-pertanyaan seperti ini mendorong anak Anda untuk mengembangkan pikiran dan ide-idenya. Ia akan menunjukkan apa yang disukai dan diminatinya, dan hal ini akan membuka jendela menuju dunianya.

Menciptakan Lingkungan yang Menarik

Bayi menghabiskan seperlima waktu sat ia terjaga dengan fokus menatap sekitarnya. Ia penasaran dengan semua hal yang berada di sekelilingnya. Gambar-gambar di dinding dan aktivitas keluarga sehari-hari menjadi suatu ketertarikan sendiri. Untuk mendidik anak balita, berikan ia mainan yang aman dan banyak benda untuk dipelajari. Berikan ia benda-benda baru setiap agar proses belajarnya tetap “segar” setiap saat. 

Alihkan, Jangan Halangi

Cari tahu apa yang menarik minat anak Anda, atau keterampilan apa yang coba dikuasainya, lalu ciptakan cara yang aman dan layak agar ia dapat bereksplorasi. Misalnya, jika balita Anda sedang tertarik dengan tanaman hias, Anda tidak perlu menempatkannya di taman, tetapi tawarkan alternatif lain untuk ia belajar. Taruh sedikit tanah dalam wadah plastik agar dapat dimainkan dan diteliti olehnya. Jika ia suka menuang air dari gelas ke kursi makan atau lantai, pindahkan ia ke lantai dapur, bak mandi atau halaman belakang setelah makan sehingga ia dapat mengeksplorasi dan bereksperimen dengan air tanpa merepotkan Anda. Hal ini juga menjadi cara mendidik anak balita untuk memecahkan masalah, dan mencari cara kreatif dan tepat untuk melakukan dan mendapatkan apa yang dia inginkan.

Catatan: Tenggelam adalah penyebab utama kematian pada balita. Selalu awasi jika anak Anda bermain di dekat air.

Luangkan Waktu untuk Aktivitas Bebas

Tidak seperti beberapa mainan yang dirancang untuk digunakan dengan cara tertentu, barang-barang seperti kotak, blok, air, pasir, panci, wajan, atau benda-benda seni lainnya dapat digunakan sesuai imajinasi. Jangan katakan pada anak apa yang harus dilakukannya dan cara bermain dengan benda-benda tersebut, atau bagaimana seharusnya hasil akhir saat bereksplorasi dengan benda tersebut. Cara mendidik anak balita dengan baik adalah dengan membiarkan ia dipandu oleh rasa ingin tahunya.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas