Skip to main content
header-latih-kemampuan-sensorik-dan-motorik-anak-dengan-2-aktivitas-ini.png

Sebagai orang tua, Ibu tentu akan melakukan segala hal agar si Kecil dapat tumbuh dengan sehat dan optimal. Dimulai dari memaksimalkan kebutuhan nutrisinya, hingga memilih perlengkapan anak seperti bedak bayi, pakaian, dan juga mainan yang tentunya aman untuk si Kecil.

Selain menggunakan bedak bayi yang aman dan mengonsumsi makanan bergizi, si Kecil juga memerlukan beragam stimulasi untuk melatih kemampuan motorik dan sensoriknya sejak ia masih berusia beberapa minggu agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Nah, memasuki usia satu hingga tiga tahun, ada beberapa aktivitas sederhana yang bisa Ibu coba untuk melatih si Kecil, berikut di antaranya:

Mencocokkan Tutup Botol Berdasarkan Warna dan Ukuran

Aktivitas yang satu ini tidak membutuhkan banyak persiapan khusus. Berikut hal-hal yang perlu Ibu persiapkan.

Bahan:

  • 6 sampai 8 tutup botol tidak terpakai (bisa dari minuman atau botol selai bekas) dan usahakan ukurannya berbeda.
  • Karton putih polos berukuran 30 x 30 cm.
  • Kertas warna atau origami.

Cara membuat:

  1. Gambar pola pada karton putih dan kertas warna dengan mengikuti garis pinggiran tutup botol.
  2. Kemudian, tandai masing-masing lingkaran tersebut dengan warna yang berbeda menggunakan kertas warna, misalnya untuk tutup botol selai, Ibu bisa menggunakan warna merah, sedangkan warna biru untuk tutup botol minum. Sesuaikan warna tutup botol dengan pola pada karton, lalu tuliskan angka di bagian tengah lingkaran.

Jika sudah selesai, kini Ibu bisa mengajak si Kecil bermain dengan memintanya mencocokkan warna pada tutup botol beserta angka yang tertera dengan lingkaran pada karton. Saat bermain, Ibu bisa meminta si Kecil meletakkan tutup botol sesuai urutan angka yang tertulis di atasnya, Bu. Misalnya, dimulai dari angka terkecil hingga terbesar atau sebaliknya. Tak hanya itu, Ibu juga bisa memintanya untuk menyusun tutup botol berdasarkan ukuran terbesar hingga terkecil, dan juga sebaliknya. Melalui aktivitas ini, ia bisa belajar mengenali bentuk dan ukuran, warna, serta urutan angka.

Sebelum bermain, Ibu bisa membalurkan bedak bayi ke tubuh si Kecil untuk menjaganya tetap segar. Jika kesegaran kulit terjaga, tentunya proses belajar si Kecil tak akan terganggu dan ia bisa terus semangat bermain bersama Ibu.

Memasukkan Objek Ke Kotak Tisu

Selain menggunakan tutup botol, Ibu juga bisa memanfaatkan kotak tisu atau boks sepatu yang sudah tak terpakai untuk melatih kemampuan motorik dan sensorik si Kecil. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bahan:

  • 1 buah kotak tisu atau sepatu yang sudah tak terpakai.
  • Kertas warna atau origami (sediakan beberapa warna berbeda).
  • Gunting atau cutter.

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, buatlah lima buah lubang pada kotak yang sudah disiapkan dengan ukuran yang berbeda. Berikan tanda berupa warna dan angka di tiap sisi lubang.
  2. Siapkan kertas warna sebanyak 15 lembar. Kemudian gunting sesuai dengan ukuran lubang kotak yang sudah dibuat. Misalnya origami merah dipotong  dengan ukuran 4 x 4 cm, origami kuning dipotong 6 x 6 cm, dan seterusnya.

Nah, mainan si Kecil sudah jadi! Kini saatnya untuk mengajak ia bermain dengan meminta ia memasukkan kertas yang sudah Ibu gunting sesuai dengan warna dan ukuran ke dalam lubang kotak yang tersedia. Sambil membimbing si Kecil, Ibu bisa menyebutkan jumlah kertas yang dimasukkan, misalnya minta ia memasukkan dua kertas biru pada kotak nomor dua, sambil menghitung “satu, dua!”. Ketika bermain, si Kecil tak hanya belajar menghitung, tapi sekaligus melatih kemampuan konsentrasi, membandingkan ukuran suatu benda, dan juga membedakan warna.

Ternyata melatih kemampuan sensorik dan motorik si Kecil juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan beragam benda-benda yang ada di rumah, bukan? Nah, saat sedang asyik bermain, biasanya tubuh anak cenderung berkeringat. Itu sebabnya, jangan lupa untuk memakaikan bedak bayi yang bagus untuk mencegah biang keringat sebelum ia bermain ya, Bu.

Ibu juga bisa menggunakan rangkaian produk sabun mandi, shampoo, dan bedak bayi JOHNSON’S® Active Fresh™ yang memiliki formula teknologi Active Fresh™, supaya kesegaran rambut dan kulit si Kecil dapat tetap terjaga dengan wangi segar yang tahan lama meskipun ia beraktivitas seharian.

Sudah siap mengajak si Kecil bereksplorasi dan belajar lebih banyak hari ini?

Kembali ke Atas