Skip to main content
header-manfaat-pijat-pranetal-untuk-ibu-dan-janin.png

Seiring bertambahnya beban pada tubuh selama kehamilan, nyeri punggung, bengkak pada beberapa bagian tubuh, sakit leher, dan kelelahan berpotensi jadi masalah yang makin sering Ibu alami. Namun, tak perlu khawatir. Sebab gangguan-gangguan ini bisa diredakan dengan pijat prenatal rutin yang juga dapat dijadikan salah satu bentuk persiapan untuk melahirkan. Hebatnya lagi, pijat prenatal tak hanya bermanfaat memberi kenyamanan pada Ibu hamil, tapi juga berdampak positif pada perkembangan janin dalam kandungan.

Jika Ibu ingin menjadikan aktivitas ini sebagai bagian persiapan jelang melahirkan, simak beberapa info seputar pijat prenatal berikut yuk, Bu:

Mengenal Pijat Prenatal

Sesuai namanya, pijat prenatal ialah pijat yang dilakukan pada para Ibu di masa-masa kehamilan. Seperti pijat pada umumnya, pijatan ini bertujuan meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan rasa pegal pada otot-otot tubuh, dan membuatnya lebih rileks. Inilah alasannya pijat prenatal dianjurkan untuk para Ibu sebagai salah satu bentuk persiapan untuk melahirkan.

Meski demikian, mengingat pijat ini dilakukan pada Ibu hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah area mana saja yang sebaiknya dipijat dan dihindari, kesiapan tubuh Ibu menerima pijatan, serta posisi tubuh yang baik saat pijat.

Mengenai pijat prenatal, para ahli menyebutkan bahwa pijat hendaknya dilakukan dengan gerakan dan tekanan yang lembut di area-area seperti kepala, bahu, punggung, panggul, bokong, tangan, dan kaki. Sebaliknya, hindari memijat area perut karena terkait langsung dengan kandungan dan organ reproduksi. Pemijatan pada area ini dikhawatirkan menyebabkan janin dalam kandungan Ibu terlahir prematur. Jadi, alih-alih memijat, cukup berikan usapan  lembut pada area perut. Bukan hanya menenangkan Ibu, sentuhan ini juga bisa jadi cara mengomunikasikan kasih sayang Ibu pada si Kecil dalam kandungan.

Selanjutnya terkait dengan kesiapan tubuh Ibu untuk pijat prenatal, menurut para ahli, tubuh Ibu baru mulai siap menerima pijat prenatal saat kandungan memasuki bulan ke-3. Pijatan yang dilakukan sebelum itu disebut-sebut rentan mengakibatkan keguguran karena kandungan dinilai masih lemah.

Bicara soal posisi pijat, umumnya, para terapis pijat akan menyarankan posisi berbaring menyamping karena dianggap mampu memberi kenyamanan pada Ibu, meminimalisir ketegangan di area ligamen (penghubung antar tulang), dan mengurangi tekanan di bagian perut. Untuk memastikan Ibu siap menerima pijat prenatal, berkonsultasilah pada dokter kandungan terlebih dulu ya.

Manfaat Pijat Prenatal untuk Ibu dan Calon Buah Hati

Setelah memahami lebih dalam apa itu pijat prenatal dari pemaparan di atas, mari ketahui beberapa manfaat yang bisa Ibu dan calon buah hati dapatkan dengan menjadikan pijat prenatal sebagai salah satu ritual persiapan sebelum melahirkan:

  •  Meringankan ketegangan otot sehingga Ibu lebih rileks secara fisik dan psikologis.
  •  Memperbaiki kualitas tidur.
  • Merangsang sistem kelenjar yang dapat mengatur dan menstabilkan hormon selama masa kehamilan.
  • Meningkatkan mood.
  • Meringankan tekanan pada leher, punggung, dan persendian tubuh.
  • Detoksifikasi untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.
  • Mencegah kram dan kembung.
  • Mengurangi pelepasan hormon kortisol yang dapat menganggu tumbuh kembang janin selama kehamilan.
  • Menurunkan risiko kelahiran prematur.
  • Membuat bayi terlahir sehat

Kabar baiknya, pijat prenatal tak melulu harus dilakukan oleh terapis, tapi juga oleh orang-orang terdekat Ibu, misalnya suami. Dengan panduan pijat prenatal dari dokter maupun terapis berpengalaman, calon ayah bisa belajar memberikan pijatan penuh cinta dengan cara yang tepat. Pijatan yang dilakukan suami juga mampu mempererat ikatan antar suami-istri, serta membuat Ibu makin nyaman menjalani kehamilan karena merasa dicintai dan dilindungi.

Agar sesi pijat lebih mudah dan lancar, mintalah suami melakukan pijat dengan JOHNSON’S® baby oil. Terbuat dari mineral oil murni, baby oil dari JOHNSON’S® akan memudahkan proses pijat sekaligus membantu  melindungi kulit Ibu dari kekeringan.

Nah, setelah tahu beragam manfaat pijat prenatal untuk Ibu dan si Kecil, yuk jadikan aktivitas ini sebagai bagian persiapan untuk melahirkan, Bu!

Kembali ke Atas