Skip to main content

Waktu Mandi Balita

Cara lain untuk membuat waktu mandi jadi lebih berarti adalah dengan memanfaatkannya sebagai waktu untuk belajar dan menjelajah seiring pertumbuhannya. Bermain dengan balita Anda dan memberikannya banyak mainan seperti pitcher, cangkir, dan buku dapat meningkatkan proses belajar dan perkembangan anak, serta mempererat ikatan ibu dengannya. 

Kepercayaan diri balita Anda meningkat ketika ia dapat mengurus dirinya sendiri dan juga bebeknya, juga ketika ia mencari cara untuk memecahkan gelembung sabun. Kecerdasannya terasah saat ia menggunakan imajinasinya untuk bermain peran, dan saat dia menghubungkan antara apa yang ia lihat di buku dan kehidupan “nyata." Kemampuan bahasa dan otot jari dan tangannya juga berkembang ketika ia membalik halaman buku dan belajar kata-kata baru yang dibaca oleh ibu dan si kecil. Pengalaman mandi terbaik dapat mendukung perkembangan bayi sehat.

Perkembangan Sosial-Emosional

Yang dapat ibu lakukan Yang dipelajari oleh si kecil
Bertanya pada si kecil apakah ia ingin mandi sendiri, agar ia mendapatkan pengalaman mandi terbaik Bahwa si kecil bisa mengurus dirinya sendiri dan bahwa ia adalah penolong yang baik.
Bergembira dengan penemuan dan prestasi balita sehat Anda. Memberitahukan si kecil apa-apa saja yang telah dilakukannya dengan baik, misalnya membersihkan dan merawat bebek. Bahwa ia penting dan memiliki kemampuan.
Membantunya menghadapi transisi dengan memberitahukan bahwa waktu mandinya akan berakhir, dan membebaskan ia membawa mainan favorit bersamanya. Bahwa apa yang ia rasakan itu penting dan Anda akan membantunya mengatasi situasi yang sulit.

Keahlian Bahasa dan Berpikir

Yang dapat ibu lakukan Yang dipelajari oleh si Kecil
Mengeksplorasi buku mandi bersamanya. Ajak ia untuk menunjuk objek-objek yang telah dikenalnya. Tunjukkan padanya hubungan antara apa yang dia lihat di buku dan benda-benda di dunia “nyata”. Kata-kata baru dan kebiasaan untuk mencintai buku dan membaca, kapan saja, di mana saja.
Mengobrol dengan balita Anda tentang apa yang Anda berdua lakukan bersama selama mandi. Ajukan pertanyaan padanya: Apakah bebek haus? Apakah bebek perlu mandi? Bahwa ia adalah orang yang dapat berkomunikasi dengan baik. Bahwa ia bisa mengembangkan ide-idenya sendiri.
Bantu balita Anda menjadi pribadi yang dapat menyelesaikan masalah yang baik; misalnya, dengan membimbingnya cara menambah sabun pada spons atau menemukan halaman yang ia cari di bukunya. Bahwa ia bisa mengatasi tantangan yang dihadapinya.

Perkembangan Fisik

Yang dapat ibu lakukan Yang dipelajari oleh si kecil
Berikan pada balita Anda beragam benda yang aman untuk dieksplorasi di kamar mandi. Cara menggunakan jari dan tangannya untuk membuat sesuatu bekerja, seperti menggenggam pitcher dengan erat dan mencelupkannya ke dalam air sebelum dituang.
Perhatikan cara ia menggunakan tubuhnya untuk membuat sesuatu terjadi, misalnya membuat gelembung mandi. Bahwa ia memiliki tubuh sehat dan kuat yang dapat melakukan banyak hal hebat. Hal ini akan membangun kepercayaan diri yang positif, dan membantu perkembangan anak ke depannya.  

Ingat, salah satu cara untuk menjaga waktu memandikan bayi tetap menyenangkan adalah dengan memastikan bayi Anda tetap aman. JANGAN tinggalkan bayi sendirian saat ia mandi, meski hanya sedetik. Kumpulkan terlebih dahulu segala hal yang akan Anda perlukan untuk mandi, lalu alihkan dering ponsel Anda ke pesan suara. Selain itu, pastikan pemanas air panas telah diatur di bawah 49 derajat Celcius agar tidak terjadi perubahan suhu air yang tiba-tiba.

 

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas