Skip to main content

Panduan Memijat Bayi Usia Enam Bulan

Pada tahap ini, bayi ibu akan menjadi jauh lebih aktif, menggeliat, duduk, merangkak, dan mencoba berdiri. Ingatlah bahwa bayi aktif yang banyak bergerak adalah hal yang normal, jadi Anda dapat mempraktekkan ide kreatif saat melakukan pijat bayi, yaitu berikan usapan pada pada bagian tubuh yang disodorkan oleh bayi Anda. Ini juga menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan hal menyenangkan lainnya seperti lagu, musik, dan permainan dalam rutinitas Anda. Sesuaikan pijatan dengan tahap pertumbuhan bayi Anda yang menjadi lebih aktif. Pijat bayi dapat membantu membangun rasa percaya dirinya dan kemampuannya untuk berhubungan dengan orang lain, serta membangun koordinasi dan kekuatannya, guna mempersiapkan dirinya untuk berjalan.

Pijat bayi dapat membantu membangun rasa percaya dirinya dan kemampuannya untuk berhubungan dengan orang lain, serta membangun koordinasi dan kekuatannya, guna mempersiapkan dirinya untuk berjalan.

Legs Rolling

Kaki - Berguling

Berguling dengan kaki adalah aktivitas menyenangkan yang dapat meningkatkan kesadaran tubuh bayi. Jika bayi Anda menunjukkan bahwa ia menyukai gerakan tersebut, Anda dapat memperkenalkan sebuah lagu padanya. Ingatlah untuk memperlambat tempo lagu agar bayi Anda dapat mengikutinya.

Usap kakinya dari paha hingga pergelangan kaki dengan tangan Anda. Untuk kaki bayi yang lebih panjang, sesuaikan pijatan dengan mengusap mulai dari lutut hinga pergelangan kaki.


Back

Punggung

Jika bayi Anda ingin duduk tegak, Anda dapat menyesuaikan pijatan Anda. Melakuan pijat bayi dalam posisi ini dapat membantunya bersiap untuk duduk tanpa penyangga, dan memperkuat otot punggungnya. Pijatan ini juga dapat dijadikan rutinitas sebelum tidur untuk membuatnya lebih rileks.

Usapkan satu tangan secara silih berganti mulai dari leher hingga pantat, lalu ulangi. Bayi Anda juga dapat diberikan mainan selagi ibu memijatnya.


Gentle Movements

Gerakan Lembut

Gerakan lembut merupakan serangkaian gerakan sederhana guna membantu mengembangkan koordinasi bayi, meluruskan tulang belakang, dan menjaga bayi agar tetap lentur. Ibu dapat mempelajarinya lebih dalam di kelas pijat bayi, tapi berikut adalah salah satu contohnya.


Cross-Cross-Cross-Open

Silang-Silang-Silang-Buka

Silangkan tangan bayi ke arah dada sebanyak tiga kali, dengan menukar posisi tangan kanan di atas dan kiri di bawah, secara silih berganti. Lalu regangkan tangannya ke samping. Ritmenya adalah silang-silang-silang-buka. Lalu, ulangi lagi.

Akhiri sesi pijat bayi dengan ciuman dan pelukan.

Teknik pijat bayi ini diambil dari INFANT MASSAGE: A Handbook for Loving Parents karya Vimala McClure, pendiri IAIM.

IAIM adalah organisasi non-profit dan tidak mensponsori produk apapun.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas