Skip to main content

Teknik Memijat Bayi

Kini ibu mengetahui bagaimana manfaat pijat bayi dan sentuhan dapat mempererat ikatan Anda dan bayi, serta membantu perkembangan anak dan pertumbuhan sehat sang buah hati, namun mungkin Anda bertanya-tanya, "Bagaimana saya sebaiknya memulai?"

Berikut adalah tips dan teknik memijat bayi guna membantu Anda bersiap untuk memijat bayi dengan aman dan lembut, sambil memastikan aktivitas tersebut dapat menjadi momen berkualitas.

CATATAN: Jangan memijat bayi saat ia sakit atau baru saja diimunisasi karena bagian tubuhnya yang disuntik bisa jadi masih terasa sakit.

baby-massage-title

Tip 1Pilihlah waktu saat bayi ibu sedang bangun dan sadar, tidak terlalu lapar atau kenyang
Tip 2Pastikan ruangannya hangat dan pencahayaan tidak terlalu terang
Tip 3Siapkan apa yang ibu butuhkan: baby oil, handuk, popok, dan pakaian bersih
Tip 4Cuci tangan dan lepaskan perhiasan Anda
Tip 5Gunakan tempat yang aman dan nyaman untuk melakukan pijatan, dan posisikan bayi Anda agar ia dapat melihat wajah ibu dengan jelas
Tip 6Sebelum memulai, gunakan waktu untuk bersantai dengan mengambil napas dalam-dalam — ini juga membantu bayi Anda lebih rileks
Tip 7Bayi berbeda dengan kita, mereka selalu berubah sepanjang waktu. Sebagai contoh, bayi yang masih kecil mungkin merasa lebih aman jika tetap mengenakan pakaiannya dan merasa lebih dekat dengan tubuh orang tua mereka.

Gunakan baby oil atau lotion yang memiliki formula yang tepat dalam jumlah sedikit, seperti JOHNSON’S® baby oil Oleskan sedikit saja ke tangan Anda — secukupnya agar tangan ibu dapat menelusuri kulitnya dan melakukan pijat bayi dengan nyaman.

Sebaiknya ibu tidak mengoleskan baby oil atau lotion ke kulit berwarna merah atau iritasi. Hentikan pemakaian jika terjadi ruam. Bacalah selalu label sebelum menggunakan produk apa pun.

PERINGATAN: Jauhkan semua produk dari jangkauan anak-anak. Jauhkan baby oil dari jangkauan anak-anak guna menghindari mereka meminum atau menghisapnya, karena hal ini dapat mengakibatkan luka serius. Jika terjadi masalah pernapasan, segeralah berkonsultasi dokter.

Melalui pijat bayi, Anda dapat lebih mengetahui lebih jauh cara bayi Anda berkomunikasi. Anda akan belajar mengenali apa yang ia sukai maupun tidak sukai, keinginan, serta emosinya. Anda akan belajar mengetahui waktu terbaik untuk memeluk, bermain serta bersantai dengannya. Hubungan antara ibu dan si kecil akan semakin erat saat Anda dan bayi mengetahui apa yang terbaik bagi Anda berdua.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas