Skip to main content

Merawat Tali Pusar

Minggu-minggu pertama bayi ibu ada di rumah, akan menjadi waktu untuk Anda dan si kecil belajar dan berkembang. Perhatian sederhana, seperti merawat tali pusar bayi Anda, sebenarnya bisa menjadi wujud nyata bahwa Anda sudah melakukan So Much MoreTM. Sentuhan lembut Anda saat merawat bayi dengan mencuci dan mengeringkan bagian sensitif tersebut, akan mendorong rasa percaya diri si kecil dan mempererat ikatan ibu dengan bayi. 

Salah satu cara merawat bayi baru lahir adalah dengan tidak takut untuk membersihkan tali pusar bayi Anda: semakin cepat bagian pangkalnya mengering, semakin cepat tali pusarnya akan putus. Pastikan Anda telah mencuci tangan sebelum memberikan perawatan pada tali pusar bayi Anda.  Jika tali pusar terkena urin atau kotoran ketika mengganti popok bayi, Anda harus segera membersihkan bagian tersebut. Untuk membersihkan tali pusar dengan aman, gunakan kapas pentol, kapas persegi atau kapas bulat untuk membersihkan di sekitar pangkal tali pusar dengan air bersih.

Untuk merawat bayi dengan lebih baik, ingatlah untuk tidak menutupi tali pusar dengan popok, karena bagian tersebut harus selalu tetap kering dan bersih. Jika popoknya terlalu panjang, lipatlah ke bawah sebelum dikenakan pada bayi. Anda juga dapat membeli popok khusus bayi baru lahir yang memiliki ruang tersendiri untuk tali pusar. Bagian tali pusar akan pulih dalam waktu 7-10 hari.

Tanda-Tanda Peringatan

Hubungi dokter anak Anda jika Anda melihat tunggul tali pusar bayi:

  • lembek
  • berbau tajam
  • bergaris-garis merah di sekitar pusar, atau mengeluarkan cairan

Ketika tunggulnya terpisah, keluar sedikit darah adalah hal yang normal.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas