Skip to main content

Mengganti Popok Bayi

Mengganti popok bayi adalah keahlian penting yang akan Anda kuasai setelah melewati beberapa hari pertama bersama bayi Anda, karena Anda akan sangat sering mengganti popoknya. Berikut ini adalah panduan merawat bayi sederhana untuk membantu Anda belajar mengganti popok bayi Anda.

Bersiap-siap

Anda bisa mengganti popok bayi di meja ganti popok atau di atas permukaan mana saja yang dilapisi alas ganti atau handuk. Jangan lupa untuk menyiapkan semua barang yang Anda butuhkan sebelumnya, antara lain:

  • Popok bersih
  • Tisu basah untuk bayi
  • Kantong plastik untuk popok bekas
  • Krim ruam popok
  • Untuk anak laki-laki, sediakan kain tambahan guna menghindari percikan urine
  • Baju ganti bayi 

Ingat, jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendirian di atas meja ganti popok atau permukaan mana pun, bahkan hanya untuk sekejap.

Langkah-Langkah Mengganti Popok Bayi 

  1. Baringkan bayi Anda di atas permukaan yang rata, lembut, dan aman. 
  2. Lepaskan popok dengan membuka perekat, kemudian lipat kembali perekat tersebut pada bagian popok agar tidak menempel di kulit bayi Anda. 
  3. Dengan tisu basah atau kapas bulat yang dibasahi dengan air, bersihkan daerah kelamin dengan mengusapnya dari depan ke belakang.
  4. Letakkan popok bersih di bawah bayi Anda, dan tepuk-tepuk kulit bayi Anda hingga kering dengan selembar kain bersih. Ada baiknya juga untuk memberikan olesan tipis krim ruam popok untuk melindungi pantat bayi Anda dari penyebab ruam popok.
  5. Pastikan popok yang bersih sudah terpasang dengan benar dengan mengencangkan perekat dari bagian belakang popok ke bagian depan. Popok harus terpasang dengan nyaman, tetapi tidak terlalu ketat. 
  6. Terakhir, tempatkan bayi Anda di tempat yang aman agar Anda dapat membuang popok bekas dan mencuci tangan Anda.

Tips Mengganti Popok Bayi

  • Jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendirian di atas meja ganti popok atau permukaan mana pun, bahkan hanya untuk sekejap
  • Para orang tua baru sering kali terkejut dengan betapa banyaknya popok yang harus diganti dalam sehari — pastikan Anda selalu menyimpan banyak persediaan popok
  • Sebelum dan sesudah mengganti popok bayi, pastikan untuk mencuci tangan Anda

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas