Skip to main content

Title

4 Jenis Musik yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak

johnsons-baby-jenis-musik-yang-bantu-bayi-tidur-lebih-nyenyak.png

Untuk bisa tumbuh optimal, si Kecil membutuhkan tidur berkualitas dengan durasi yang cukup setiap harinya. Sebab, hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal sewaktu ia tidur, Bu. Sayangnya, tak semua bayi bisa dengan mudah masuk ke tahapan tidur nyenyak. Beberapa bayi bahkan sering kali rewel setiap kali diajak tidur. Apa si Kecil pun demikian?

Jika iya, jangan sedih, Bu. Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, ada beberapa jenis musik yang bisa membantu Ibu membuat si Kecil lebih rileks jelang waktu tidurnya, lho. Berikut selengkapnya:

  1. Musik Klasik

Musik klasik identik dengan nada-nada yang teratur, harmonis, dan berulang. Menurut para ahli, ketiga unsur ini membuat alunan nada musik klasik memiliki ritme yang mirip dengan ritme gerak janin dalam kandungan, Bu. Kemiripan ini kemudian membangkitkan memori si Kecil tentang pengalamannya saat masih berada di dalam rahim Ibu yang penuh ketenangan. Inilah sebabnya, si Kecil akan lebih mudah rileks bila Ibu memperdengarkan musik ini padanya jelang waktu tidur. Terkait hal ini, album lullaby dari Mozart bisa jadi pilihan, Bu.

  1. Musik Jazz

Selain musik klasik, Ibu juga bisa memperdengarkan alunan musik jazz pada si Kecil jelang waktu tidur. Dengan iramanya yang mengayun alias swinging, musik ini bisa membuat detak jantung bayi mungil Ibu perlahan melambat sehingga ia pun lebih tenang dan mudah mengantuk. Ibu bisa mencoba memutarkan The Saxophone Album dari Jazz For Babies. Di era digital ini, album ini bisa Ibu temukan dengan mudah di berbagai situs berbagi video.

  1. Musik Tradisional

Ibu tentu setuju ya bahwa alunan gambang dan angklung bisa membuat pikiran lebih rileks sekaligus mengundang rasa kantuk? Nah, seperti halnya kita, si Kecil juga bisa merasakan hal ini saat mendengarkan alunan indah angklung, gambang, dan beragam alat musik tradisional lainnya. Jadi, tak melulu musik populer, Ibu juga bisa memutarkan musik tradisional khas Indonesia yang ritmenya lambat jelang waktu tidur si Kecil, Bu. Seperti jenis musik yang lainnya, Ibu bisa mendapatkan musik pengantar tidur tradisional ini di berbagai situs berbagi video.

  1. Musik Pop

Supaya lebih variatif, Ibu juga bisa memperdengarkan jenis musik pop lho. Meski alunan nadanya tak teratur seperti musik klasik ataupun mengayun seperti musik jazz, jenis musik ini bisa menjadi pilihan karena mampu memberikan unsur suara ritmik yang menenangkan bayi. Hal ini diungkapkan oleh Simon Cooper, seorang produser CD musik khusus untuk orang tua dan bayi. "Bayi membutuhkan suara ritmik untuk menenangkan mereka. Itulah yang mereka peroleh dalam kandungan (dari suara detak jantung dan helaan napas Ibu). Sejumlah musik pop dapat memenuhi hal ini,” tutur Simon.

Oleh sebab itu, Ibu bisa memperdengarkan lagu “Angels” yang dipopulerkan oleh Robbie Williams atau “Wonderwall” yang dibawakan oleh grup musik Oasis. Sebagai info tambahan, menurut survei yang dilakukan The Baby Website, akhir-akhir ini, dua lagu ini menjadi favorit para Ibu di Inggris untuk menidurkan bayi mereka lho.

Sembari musik pengantar tidur diperdengarkan, Ibu juga bisa memberikan pijatan lembut untuk si Kecil di beberapa area tubuhnya. Terkait hal ini, Ibu bisa menggunakan JOHNSON'S® Bedtime Baby Lotion. Diperkaya NATURAL CALM yang memiliki wangi lembut menenangkan, baby lotion dari JOHNSON’S® ini dapat mengoptimalkan manfaat pijat untuk si Kecil karena aroma lembutnya membantu tubuhnya lebih rileks sehingga ia lebih mudah memasuki tahapan tidur lelap, Bu.

Nah, mulai malam ini, yuk, putar musik sebagai salah satu cara agar bayi cepat tidur!

Kembali ke Atas