Skip to main content
header-ini-cara-musik-membuat-si-kecil-terlelap.png

Seperti halnya mendongeng maupun bercerita, bersenandung dan memperdengarkan musik menjadi cara yang dipilih oleh banyak Ibu untuk mengantarkan si Kecil menuju alam mimpi. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab cara-cara ini terbilang efektif untuk membuat si Kecil tidur nyenyak. Terlebih bila dibarengi dengan ritual jelang tidur seperti memijat maupun membalurkan bedak bayi ke tubuh mungil si Kecil.

Mungkin Ibu penasaran ya kenapa musik dan lagu efektif membuat si Kecil tertidur lelap? Simak uraian berikut untuk cari tahu jawabannya yuk, Bu!

Sekilas tentang musik dan tidur bayi

Berdasarkan bukti arkeologi, sejarah mencatat bahwa manusia di daratan Babilonia (kini dikenal sebagai Irak) mulai memanfaatkan musik dan nyanyian untuk menidurkan bayinya sejak sekitar 4000 tahun lalu. Namun, berbeda dengan yang dipraktikkan di zaman sekarang,  lagu-lagu pengantar tidur di masa itu cenderung bersifat menakut-nakuti. Hal ini tersirat dari nada-nada rendah serta syair-syairnya yang kebanyakan berpesan bahwa bila si Kecil tak kunjung tidur di malam hari, monster serta raksasa akan bangun dan memangsa mereka. Meski begitu, para arkeolog sepakat bahwa pada dasarnya semua nyanyian dan musik pengantar tidur adalah bentuk cinta kasih dan bertujuan membuat si Kecil tidur dengan nyenyak.

Melodi jelang tidur dan otak si Kecil

Sama seperti sentuhan lembut Ibu saat membalurkan bedak bayi ke tubuh si Kecil, musik serta lagu pengantar tidur juga bisa membuat bayi lebih rileks sehingga ia mudah terpancing masuk ke alam mimpi. Terkesan ajaib memang, namun hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah, Bu.

Sejumlah hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketukan irama pada musik pengantar tidur menciptakan alunan nada yang ritmenya mirip sekali dengan ritme gerak janin. Menurut para ahli, kemiripan ini kemudian membangkitkan memori si Kecil tentang pengalamannya ketika masih di dalam rahim yang penuh ketenangan. Inilah sebabnya, bayi mudah rileks saat diperdengarkan musik pengantar tidur dengan nada-nada teratur, harmonis, dan berulang.

Agar efek nyanyian pengantar tidur lebih optimal, Ibu bisa membarenginya dengan rutinitas lain jelang waktu tidur, salah satunya yaitu membalurkan bedak bayi berkualitas ke tubuh mungilnya. Secara alami, skin to skin contact yang terjadi saat Ibu membalurkan bedak ke kulit si Kecil akan memancing hormon oksitosin (hormon cinta yang menimbulkan perasaan nyaman) sehingga bayi lebih tenang dan waktu tidur bayi berkualitas bisa terwujud.

Untuk bedak yang dibalurkan, Ibu disarankan memilih yang tak hanya lembut di kulit, tetapi juga memiliki aroma menenangkan seperti JOHNSON’S® bedtime baby powder. Terbukti klinis lembut untuk kulit si Kecil, bedak bayi dari JOHNSON’S® ini hadir dengan keharuman yang diperkaya NATURAL CALM sehingga mampu membantu bayi tidur lebih nyenyak karena wanginya lembut dan menenangkan.

Nah, sudah tahu kan, Bu, bagaimana musik memengaruhi kualitas tidur si Kecil? Karenanya, yuk rutin bersenandung dan memutar musik jelang waktu tidurnya sembari membalurkan bedak bayi ke tubuh mungilnya!

Kembali ke Atas