Skip to main content
header-stimulasi-sederhana-agar-waktu-tidur-bayi-lebih-optimal.png

Tahukah Ibu bahwa waktu tidur bayi yang berkualitas diperlukan di masa-masa awal kehidupan si Kecil? Selain untuk beristirahat, hal ini juga penting untuk mendukung masa pertumbuhan serta membantu memaksimalkan perkembangan otaknya. Inilah sebabnya, kualitas waktu tidur si Kecil perlu diperhatikan para orang tua, agar buah hatinya tumbuh menjadi pribadi cerdas dan membanggakan.

Yang perlu dicatat, berkualitas atau tidaknya tidur tak hanya ditentukan oleh durasinya, Bu! Lebih dari itu, kualitas jam tidur bayi juga tergantung pada hal-hal lain, seperti seberapa nyenyak bayi tertidur, serta kondisi si Kecil setelah ia bangun tidur—apakah ia lebih aktif dan ceria karena cukup tidur atau justru sebaliknya.

Nah, agar waktu tidur bayi makin optimal, yuk, stimulasi si Kecil sebelum tidur dengan trik sederhana berikut, Bu:

  1. Ajak si Kecil Bernyanyi sebelum Tidur

Bukan hanya mampu membentuk si Kecil menjadi pribadi periang, terbiasa mengajak ia bernyanyi sebelum tidur juga bermanfaat membuat tidurnya lebih nyenyak, Bu. Sebab, alunan nada yang Ibu nyanyikan merelaksasi gelombang otak si Kecil sehingga ia lebih mudah tidur dan masuk ke tahap tidur yang lebih dalam. Di samping manfaat ini, menyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi juga membuatnya mempelajari banyak kosakata baru. Hal ini bisa membantu meningkatkan kemampuan komunikasinya kelak.

  1. Bacakan Sebuah Cerita

Sama halnya dengan bernyanyi, bercerita juga bisa membantu Ibu mewujudkan waktu tidur si Kecil yang lebih optimal karena suara khas Ibu akan membuatnya merasa tenang. Selain dapat menjadi sarana komunikasi lisan antara Ibu dan bayi, suasana ceria dan santai selama mendongeng juga mampu membuat si Kecil terlelap lebih cepat dan nyenyak lebih lama. Agar bisa sekaligus membentuk kepribadian si Kecil, pilihlah kisah yang mengandung nilai-nilai penting di dalamnya seperti nilai-nilai kejujuran, kebaikan, pantang menyerah, dan sebagainya.

  1. Stimulasi dengan Aroma yang Menenangkan

Aroma lembut sejak lama dikenal cukup membantu dalam hal relaksasi. Karenanya, di samping lewat suara, beri juga si Kecil stimulasi aroma agar ia lebih cepat terlelap. Tapi, mengingat indra penciuman si Kecil masih sangat sensitif, usahakan  memilih aroma-aroma alami yang nyaman untuknya ya, Bu, misalnya wangi bunga-bungaan seperti melati atau lavender yang  cenderung lembut dan menenangkan.

  1. Berikan Pijatan Lembut Jelang si Kecil Tidur

Pijatan bayi bisa Ibu berikan bersamaan dengan stimulasi-stimulasi sebelumnya, Bu, misalnya pijatan lembut menggunakan wewangian atau sambil bercerita. Stimulasi lewat pijatan ini dapat memberikan manfaat lebih karena melibatkan kontak kulit, mata, dan suara sekaligus.

Penelitian yang dilakukan di University of Miami Amerika mengungkapkan bahwa pijatan lembut Ibu pada tubuh si Kecil memicu produksi hormon serotonin (hormon bahagia) dan menekan kadar hormon kortisol (hormon stres). Efeknya, si Kecil akan merasa nyaman karena otot-otot tubuhnya lebih rileks. Kondisi ini bisa membuat si Kecil terlelap lebih lama sehingga waktu tidurnya lebih optimal.

Untuk membuat sesi pijat lembut jelang tidur ini lebih menyenangkan, jangan lupa aplikasikan JOHNSON’S®bedtime™ baby lotion, Bu.  Aman di kulit, dan diperkaya Natural Calm, JOHNSON’S®bedtime™ baby lotion  dapat membantu menenangkan bayi sekaligus menjaga kulitnya tetap lembut.

Nah, Bu, itulah beberapa stimulasi yang bisa diberikan untuk mengoptimalkan waktu tidur bayi. Selain itu,  jangan lupa pastikan perut si Kecil sudah dalam keadaan kenyang sebelum tidur agar ia tak terbangun hanya karena lapar.

Kembali ke Atas