Skip to main content

JOHNSON’S® 3-Step Routine

JOHNSON’S® 3-Step Routine dari JOHNSON’S® baby memadukan waktu mandi dan pijatan, dua ritual utama yang membantu merangsang indra penciuman dan peraba pada bayi. Rutinitas ini juga mempererat ikatan ibu dan bayi, menyiapkan bayi untuk tidur lebih nyenyak di malam hari agar perkembangan bayi dapat lebih optimal.

Tidur Bayi dalam 3 Langkah Mudah

Tiga langkah unik dari JOHNSON’S® baby ini adalah rutinitas sebelum tidur pertama dan satu-satunya yang terbukti secara klinis* dapat membantu bayi dan balita usia 7 sampai 36 bulan untuk dapat tidur lebih nyenyak hanya dalam waktu satu minggu.

Terapkanlah rutinitas ini selama tujuh malam dan lihat perubahan apa yang didapatkan Anda dan si kecil.

Step 1Langkah 1 – Mandi Air Hangat

Waktu mandi adalah cara yang sempurna untuk memulai rutinitas sebelum tidur untuk bayi Anda. 

Ada banyak cara untuk membangun kepercayaan diri dan membuat waktu mandi jadi lebih menyenangkan. Ingat, bayi Anda yang masih sangat muda masih memerlukan bantuan saat berada di air, jadi jangan pernah melepaskan mereka. Pastikan ketinggian air dalam bak mandinya tetap dangkal. Tubuh bayi sebaiknya tidak tertutup air lebih dari 5 - 7 cm, tergantung dari usianya. Namun berapa pun usia bayi saat ini, jangan pernah meninggalkan bayi sendiri di dalam bak mandi, bahkan hanya untuk satu menit sekali pun!

  • Siapkan bak
    Siapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum Anda memulai sesi mandi. Jaga agar air dalam bak mandinya tetap dangkal—tidak lebih dari 12 cm. Periksa suhu air dengan siku Anda atau dengan bantuan termometer sebelum memasukkan bayi Anda ke air; pastikan airnya hangat, tetapi tidak panas. Tuangkan produk mandi seperti JOHNSON'S® baby BEDTIME® BATH® dan aduk produk di dalam air agar tercampur rata dan memastikan bahwa tidak ada "titik panas" 
  • Siapkan bayi Anda
    Perlahan letakkan bayi Anda di bak dan topang tubuh bayi Anda saat berada di air
  • Mandikan
    Gunakan tangan Anda untuk menyiramkan air dengan lembut ke tubuh bayi Anda. Kebanyakan bayi suka mengulurkan tangan dan menendangkan kaki mereka saat dibersihkan dan dibilas, jadi nikmati waktu Anda saat memandikan si kecil
  • Keringkan
    Angkat bayi dari bak, balut ia dengan handuk hangat, dan keringkan bayi Anda secara menyeluruh

Lebih banyak tips untuk memandikan bayi Anda

Step 2 Langkah 2 – Pijatan dengan Lotion

Pijatan yang menenangkan adalah cara yang menyenangkan untuk membuat bayi Anda merasa aman, dicintai, dan siap untuk tidur.

Memijat dapat membantu Anda mengenali dan merespon bahasa tubuh bayi Anda. Ini juga merupakan cara yang baik untuk membuat si kecil merasa aman dan terlindungi. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa memijat bayi memiliki manfaat kesehatan yang signifikan pada bayi. Momen ini juga merupakan waktu yang sempurna untuk mendukung perkembangan bayi dan menjalin ikatan dengannya.

Sebelum memakaikan pakaian tidur untuk bayi Anda, tuangkan sedikit baby oil atau lotion seperti JOHNSON'S® baby BEDTIME® lotion ke telapak tangan Anda, lalu pijatkan dengan lembut ke kulit bayi Anda.

Ada banyak cara untuk memijat bayi Anda—ikuti intuisi Anda sambil menerapkan urutan yang disarankan di panduan pijat (untuk bayi yang baru lahir, bayi usia enam minggu ke atas, dan bayi usia enam bulan ke atas ) Anda akan segera menemukan cara terbaik bagi Anda dan si kecil demi perkembangan bayi yang optimal.
Manfaat-manfaat lain dari memijat bayi

Step 1Langkah 3 – Waktu Tenang

Setelah memandikan bayi Anda dengan air hangat dan memijatnya agar ia rileks, sekarang waktunya untuk membawanya tidur dengan menikmati waktu tenang bersama.

Pastikan Anda menjaga suasana di sekitarnya tetap tenang dan nyaman. Anda bisa menenangkannya lebih jauh dengan membacakan cerita atau bernyanyi pelan. Jika Anda memutuskan untuk memberinya makan di waktu ini, pastikan untuk tidak memberinya makan sampai ia tertidur.

Lebih baik hindari bermain aktif pada waktu ini, agar bayi Anda dapat tidur dalam keadaan mengantuk. Hal ini akan membantunya belajar menenangkan diri sendiri dan kembali tidur jika ia terbangun di malam hari.

*Diuji pada bayi usia tujuh bulan ke atas

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas