Skip to main content
4-tanda-si-kecil-usia-header-image.jpg

 

Saat si kecil berusia 2 bulan merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan orang tua. Si Kecil makin mudah ditebak seperti apa pribadinya sehingga Bunda jauh lebih mudah memahami apa yang disukai dan tidak disukainya.

Menginjak usia 2 bulan, si kecil akan menunjukkan perbedaan signifikan dilihat dari pertumbuhan berat badan, komunikasi, dan sistem motoriknya. Momen menarik lainnya, Bunda akan lebih sering mendapatkan senyum si Kecil.  Tentu saja, tiap bayi adalah unik sehingga perkembangannya mungkin akan berbeda tiap individu.

  1. Kemampuan Motorik yang Baik
  • Si kecil mulai dapat menahan kepalanya tetap tegak saat tengkurap. Kemampuan refleks untuk menghisap juga makin kuat. Pada usia ini, si Kecil mungkin sudah mulai menghisap tangan atau jemarinya.
  • Si kecil juga sudah memiliki kemampuan untuk meraih mainan yang diletakkan di depan wajahnya. Kemampuan menggenggam pun makin baik karena ia mungkin sudah mampu memegang mainan yang ditaruh di tangannya. Meski masih mengandalkan tangisan, orang tua kini dapat mengenali pemicu tangisnya, apakah lapar, mengantuk, atau mau ganti popok.
  1. Nafsu Makan dan Tidur yang Cukup
  • Nafsu menyusu si kecil di usia 2 bulan juga akan mengalami peningkatan, umumnya membutuhkan sekitar 120 ml hingga 150 ml tiap menyusu. Jika memakai botol, usahakan memastikan agar lubang pada dot pas, agar susu tidak terlalu deras meluncur sehingga membuatnya tersedak.
  • Jam tidur masih sama seperti si kecil saat berusia 1 bulan, yaitu 15 sampai 16 jam sehari. Hanya saja, Si kecil saat usia 2 bulan biasanya akan terjaga setiap 3 jam karena lapar.
  1. Menggunakan Produk yang Tepat dan Sesuai
  • Produk bagi si kecil yang dibutuhkan tidak jauh berbeda seperti saat dia berusia 1 bulan. Bunda bisa memakai produk bayi serbaguna; shampoo sekaligus sabun. Produk ini umumnya yang diformulasi khusus untuk kulit si kecil yang sensitivitasnya 10 kali kulit orang dewasa.
  • Penting untuk memperhatikan kandungan produk perawatan bayi. Usahakan selalu untuk memilih produk yang tidak mengandung wewangian. Hal ini penting karena si Kecil terkadang memiliki sensitivitas (tergantung tiap individual si Kecil) terhadap bahan tertentu seperti Phtalate, yang mungkin ada dalam shampoo atau sabun.
  • Phtalate adalah senyawa kimia untuk melunakkan plastik. Umumnya ditemukan pada sejumlah mainan, produk rumah tangga, mobil, botol plastik, dan wadah plastik. Senyawa ini dipakai agar wanginya bertahan lebih lama dan membantu losion meresap dan melembutkan kulit.

Tentu saja, saat si kecil berusia 2 bulan sebaiknya dihindarkan dari senyawa tersebut. Makin cepat dihindarkan dari bahan yang tidak sesuai untuk kulitnya, makin baik pertumbuhan dan perkembangannya ke depan.

Source :

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-2-month-old#1

https://www.babycenter.in/a717/baby-development-your-2-month-old#ixzz5QV0NvSk5

https://www.healthline.com/health/parenting/average-baby-weight#weight-chart

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-2-month-old#1

https://kidshealth.org/en/parents/feed13m.html

https://www.babycenter.com/0_baby-products-must-haves-for-the-first-year_59.bc

https://www.babycenter.com/0_baby-products-must-haves-for-the-first-year_59.bc

 

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas