Skip to main content

Title

4 Tips Jaga Kualitas Tidur Selama Hamil

johnsons-baby-4-tips-jaga-kualitas-tidur-selama-hamil.png

Demi kesiapan fisik jelang proses persalinan, Ibu perlu menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama masa kehamilan. Tak cukup dengan asupan nutrisi harian, kebugaran tubuh juga perlu didukung oleh pemenuhan kebutuhan istirahat.

Sayangnya, beragam perubahan yang terjadi selama masa kehamilan sering kali membuat Ibu kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas. Apa Ibu sedang berada di situasi ini, Bu? Tenang, tips Ibu hamil berikut bisa membantu Ibu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Simak, yuk:

  1. Perhatikan Asupan yang Ibu Konsumsi

Beberapa asupan seperti kopi, teh, dan cokelat mengandung kafein yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, senyawa ini mampu meningkatkan kesiagaan dan kemampuan otak untuk fokus dan berkonsentrasi. Dengan kata lain, saat tubuh menerima banyak kafein, Ibu akan sulit masuk ke tahapan tidur nyenyak.

Untuk itu, perhatikan asupan yang Ibu konsumsi, terutama pada sore ataupun malam hari. Pilih asupan itu dengan baik dan pastikan itu tidak mengandung kadar kafein tinggi ya, Bu. Supaya lebih mudah terlelap, Ibu juga disarankan mengonsumsi makanan yang bisa merangsang produksi hormon melatonin pada tubuh, di antaranya yaitu buah ceri, kacang almond, oat, dan susu.    

  1. Tenangkan Pikiran dan Hindari Stres

Seiring bertambahnya usia janin dalam kandungan, kekhawatiran jelang proses persalinan mungkin mulai cukup sering mengganggu pikiran Ibu, ya? Apalagi bila momen kehamilan kali ini adalah pengalaman pertama bagi Ibu. Meski terbilang wajar, jangan biarkan kekhawatiran ini berlangsung lebih lama, Bu. Sebab, bila tidak ditangani dengan baik, hal ini bisa memicu stres sehingga Ibu kesulitan mendapatkan tidur berkualitas.

Untuk menenangkan pikiran, Ibu dianjurkan menyampaikan keluh kesah dan kekhawatiran yang Ibu rasakan kepada suami dan orang-orang terdekat. Hal ini bisa membantu Ibu terhindar dari perasaan terbebani seorang diri. Dengan begini, kondisi psikologis Ibu pun lebih tenang dan stabil sehingga Ibu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

  1. Tetap Aktif Berolahraga Selama Masa Kehamilan

Selain membuat tubuh terasa segar dan bugar karena proses metabolisme berjalan lebih lancar, berolahraga secara rutin juga disarankan untuk Ibu hamil karena membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh.

Tak hanya baik untuk kesehatan janin dalam kandungan, peredaran darah yang lancar juga membantu Ibu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas karena dapat mengurangi risiko terjadinya kram kaki yang sering mengganggu tidur Ibu di malam hari.

  1. Tidur dengan Posisi yang Tepat

Seiring membesarnya ukuran perut, Ibu pun perlu menyesuaikan posisi tidur supaya tubuh senantiasa nyaman saat berbaring tapi tetap tidak membahayakan janin. Terkait hal ini, tidur dengan posisi miring ke kiri jadi pilihan yang disarankan para ahli, terutama sejak kehamilan Ibu menginjak trimester kedua.

Posisi tidur miring ke kiri memungkinkan aliran darah di tubuh Ibu tetap lancar selama tidur, sehingga Ibu terhindar dari risiko kram dan kesemutan yang mengganggu. Tak hanya itu, posisi ini juga membuat nutrisi ke plasenta dan janin terdistribusi dengan baik sehingga pertumbuhan janin lebih optimal. Namun, bila tubuh Ibu mulai merasa pegal karena terlalu lama miring ke kiri, Ibu diperbolehkan kok mengganti posisi tidur menjadi miring ke kanan. Untuk mengetahui info selengkapnya seputar posisi tidur yang dianjurkan selama kehamilan, Ibu bisa membaca artikel di tautan berikut ini.

Nah, itulah empat tips supaya Ibu bisa tetap mendapatkan tidur berkualitas selama masa kehamilan. Selamat mempraktikkan, ya, Bu!

Kembali ke Atas