Skip to main content

Title

Begini Cara Mengganti Popok Bayi Saat di Perjalanan

begini-cara-mengganti-popok-bayi-saat-di-perjalanan.png

Apakah Ibu merasa belum siap untuk melakukan perjalanan bersama si Kecil yang baru lahir? Penyebabnya adalah rasa khawatir akan kenyamanan si Kecil dan segala keperluannya. Terlebih lagi, Ibu wajib memerhatikan cara merawat kulit bayi agar tetap sehat, salah satunya dengan mengganti popoknya secara berkala selama di perjalanan. Aktivitas ini bisa jadi salah satu yang membuat Ibu resah.

Nah, Ibu bisa mencoba tips mengganti popok bayi saat di perjalanan berikut ini, untuk membuat perjalanan bersama buah hati lebih menyenangkan:

  1. Siapkan Tas Khusus Berisi Keperluan Mengganti Popok

Supaya tidak repot, pisahkan segala keperluan untuk mengganti popok si Kecil dalam satu tas tersendiri ya, Bu. Berbagai perlengkapan yang perlu disiapkan, antara lain popok bersih, bedak bayi, handuk, baju ganti, tisu basah khusus bayi, dan kantung plastik besar untuk popok kotor. Satu lagi, jangan lupa letakkan tas tersebut di dekat Ibu dan si Kecil.

  1. Mengganti Popok Secara Berkala

Untuk menjaga kulit bayi tetap kering, Ibu perlu mengecek kondisi popoknya secara rutin. Saat si Kecil tidur pulas selama perjalanan, tanpa sadar popoknya bisa jadi dipenuhi kotoran dan air seni. Ganti popok bayi minimal 2-3 jam sekali, sebelum atau sesudah ia diberi ASI. Hal ini penting untuk dilakukan, terutama jika perjalanan memakan waktu lebih dari dua jam.

Ketika mengganti popok, Ibu dapat menaburkan bedak bayi yang harum pada bagian lipatan paha dan pantat, agar kulitnya tidak mudah lembap. Tuanglah secukupnya di tangan Ibu, kemudian pakaikan bedak menggunakan spons lembut secara perlahan pada bagian pangkal paha dan pantat si Kecil. Hindari penggunaan bedak bayi pada area kemaluan, serta hidung dan mulut agar tidak terhirup atau masuk ke mulut si Kecil.

  1. Bawalah Mainan untuk Hiburan si Kecil Saat Ganti Popok

Perjalanan yang memakan waktu lebih dari dua jam umumnya membuat si Kecil mudah rewel. Nah, Ibu bisa menyiasatinya dengan membawa mainan kecil favoritnya, seperti boneka yang lucu sebagai hiburan untuk sang buah hati. Manfaatkan waktu mengganti popok dengan memberinya mainan lucu yang mudah digenggam. Biarkan ia sibuk dengan mainannya sembari Ibu mengganti popok dengan cepat.

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman Usai Ganti Popok

Selama perjalanan, disarankan Ibu tidak hanya mengganti popok, tapi juga pakaian si Kecil, terutama jika ia berkeringat. Oleh karena itu, pastikan Ibu membawa cukup pakaian ganti yang  nyaman dan mudah dikenakan kembali saat mengganti popok untuk memastikan kenyamanan tubuh si Kecil, sehingga ia tidak rewel selama perjalanan, Bu.

Bagaimana, Bu? Empat tips tersebut tentunya dapat dicoba untuk membantu perjalanan Ibu bersama si Kecil lebih nyaman. Satu lagi, Ibu juga dapat mengoptimalkan perawatan kulitnya dengan bedak bayi yang berkualitas seperti JOHNSON’s Baby Powder. Terbuat dari talk murni, memiliki 0% kandungan pewarna dan pengawet dengan wangi lembut yang menyegarkan, JOHNSON’s Baby Powder dapat membantu mencegah iritasi pada kulit bayi yang baru lahir. Selamat menikmati perjalanan menyenangkan dengan si Kecil , Bu!

Kembali ke Atas