Skip to main content
header-ini-dia-cara-merawat-kulit-bayi-saat-muncul-ruam-susu.png

Apakah Ibu pernah menemui si Kecil mengalami bercak kemerahan di pipi? Bisa jadi, ia terkena ruam susu atau yang sering disebut dengan Eczema. Kondisi ini biasanya akan membuat si Kecil merasa tak nyaman sehingga mudah rewel dan sering kali sulit tidur karena gatal. Supaya ia dapat merasa lebih nyaman, lihat cara merawat kulit bayi yang terkena ruam susu berikut yuk, Bu.

Ruam susu atau Eczema merupakan kondisi yang wajar terjadi pada anak di satu tahun pertamanya. Akan tetapi, meskipun ia bernama ruam susu, kondisi ini bukan disebabkan oleh ASI. Penyebab utama gangguan kulit ini adalah pengaruh genetik seperti alergi yang diturunkan baik dari Ibu maupun Ayah. Selain itu, pemicu ruam susu biasanya berasal dari kandungan kimia yang terdapat pada produk perawatan kulit bayi seperti shampoo atau sabun, serta deterjen pencuci baju si Kecil.

Ruam susu ini memang sering kali muncul pada bagian pipi. Namun, Eczema juga dapat menyerang anggota tubuh lain seperti punggung, leher, siku, dan juga lipatan lutut. Jika Ibu menemui bintik-bintik merah muda di beberapa bagian tubuh buah hati Ibu tersebut, Ibu bisa  melakukan cara merawat kulit bayi berikut ini untuk membuat si Kecil merasa lebih nyaman:

1. Menghindari penyebabnya

Mengingat ruam susu ini disebabkan oleh alergi, maka hal pertama yang bisa Ibu lakukan untuk merawat gangguan kulit ini adalah dengan mencegah pemicunya. Misalnya, apabila ada jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan timbulnya reaksi alergi, maka sebaiknya dihindari terlebih dahulu hingga gangguan kulit ini mereda. Supaya lebih jelas, Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui makanan seperti apa yang dapat menyebabkan alergi.

2. Memberikan perawatan kulit bayi

Menjaga agar kulit si Kecil tidak kering merupakan salah satu cara merawat kulit bayi dengan ruam susu. Mengaplikasikan produk yang dapat melembapkan, seperti JOHNSON’S® baby cream, sehabis mandi dan sebelum tidur dapat menjadi salah satu bentuk perawatan yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil. Tak lupa, saat memandikan anak, bersihkan bagian ruam dengan lembut untuk menghindari iritasi. Lalu, keringkan dengan cara menepuk-nepukkan handuk secara lembut agar ruam tak bertambah parah.

3. Memberi asupan nutrisi yang baik

Ketika waktu tidur bayi terganggu karena adanya kondisi kesehatannya sedang tidak stabil, Ibu tentu akan melakukan apa pun untuk membuat si Kecil kembali sehat. Salah satu faktor terpenting untuk menjaga kesehatan bayi adalah dengan menyediakan asupan nutrisi yang baik. Berikan si Kecil nutrisi lengkap dari ASI dan juga makanan pendamping ASI (MPASI) (jika ia sudah menginjak usia enam bulan) yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan yang lezat dan sehat. Nutrisi anak yang tercukupi dengan baik, akan membantu sistem imun menjadi semakin kuat dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain menjaga kelembapan kulit si Kecil, salah satu cara merawat kulit bayi yang terkena ruam susu adalah dengan menghindari memakaikan pakaian berbahan tebal ataupun berlapis pada si Kecil, serta memastikan kukunya tak terlalu panjang agar kulitnya tidak iritasi ketika tak sengaja tergaruk. Tentunya tidak ketinggalan, pilihlah produk perawatan kulit bayi yang telah terbukti secara klinis aman dan lembut untuk kulit si Kecil, seperti rangkaian JOHNSON’S®milk + rice yang terdiri dari sabun, bedak, dan juga lotion yang dapat memberikan nutrisi pada kulit, dan menjaga kulit bayi tetap sehat, lembut, dan cerah.

Kembali ke Atas