Skip to main content

Title

Pilihan Olahraga yang Aman untuk Trimester 3 Kehamilan

johnsons-baby-pilihan-olahraga-yang-aman-untuk-trimester-3-kehamilan.png

Harus diakui, membesarnya ukuran perut di trimester ketiga kehamilan memang membuat gerakan Ibu jadi lebih terbatas. Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan menghindari olahraga ya, Bu. Sebab, jika dilakukan secara rutin, olahraga membawa banyak manfaat lho untuk Ibu hamil. Di antaranya yaitu membantu mengurangi pegal-pegal pada tubuh akibat aliran darah kurang lancar, menjaga kestabilan mood, dan membantu memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah sehingga Ibu lebih siap menghadapi proses persalinan kelak.

Oleh sebab itu, yuk, simak tiga jenis olahraga yang bisa Ibu lakukan di trimester ketiga kehamilan berikut ini: 

  1. Berjalan Kaki Sembari Melakukan Peregangan

Baik dilakukan dengan santai maupun dalam ritme yang cukup cepat, berjalan kaki dianggap sebagai salah satu bentuk olahraga terbaik bagi Ibu hamil. Sebab, gerakan sederhana ini dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga oksigen dan sari-sari makanan bisa terdistribusi dengan lancar. Di samping itu, berjalan kaki selama 20-30 menit setiap pagi secara teratur juga dapat melemaskan persendian di tubuh Ibu dan mencegah terjadinya kram/kaku otot.

Yang penting diingat, hindari memilih jalan dengan medan yang sulit dan berpotensi membuat Ibu celaka, ya. Misalnya, jalan yang terlalu licin atau terlalu terjal. Selain itu, gunakan juga jenis alas kaki yang tepat dan ukurannya sesuai dengan kaki Ibu, supaya Ibu nyaman saat berjalan kaki.

Sepatu dengan hak rendah yang kokoh dan lebar serta memiliki sol dari karet, adalah jenis sepatu yang banyak dianjurkan untuk ibu hamil. Sementara, untuk ukuran, Ibu disarankan memilih sepatu yang berukuran ssatu tingkat lebih besar ketimbang sepatu Ibu di masa pra kehamilan, karena umumnya ibu hamil mengalami pembengkakan pada area kaki.

  1. Senam Hamil 

Sesuai namanya, senam hamil diperuntukkan bagi para Ibu yang tengah mengandung. Karenanya, selain bertujuan menjaga kebugaran tubuh, gerakan-gerakan pada senam ini juga didesain untuk mempersiapkan tubuh Ibu menghadapi proses persalinan kelak.

Dalam senam hamil, biasanya juga terdapat latihan kegel. Latihan ini bermanfaat untuk memperkuat dan melenturkan otot panggul agar jalan lahir bayi dapat terbuka dengan baik. Bila jalan lahir bayi terbuka dengan baik, proses melahirkan bisa lebih mudah sehingga dapat meminilamisir kemungkinan harus dilakukannya prosedur episiotomi (menyayat bagian antara jalan lahir bayi dan anus Ibu supaya robekan pada bagian vagina tidak terlalu besar), Bu.

Supaya manfaat yang Ibu rasakan dari senam ini lebih optimal, Ibu  disarankan untuk melakukannya secara teratur 2 – 3 kali seminggu. .

Manfaat lainnya, senam hamil juga bisa membuat Ibu merasa lebih rileks bila dilakukan secara berkelompok. Sebab, Ibu bisa mendapatkan teman untuk berbagi cerita seputar kehamilan dan berkonsultasi dengan sesama Ibu hamil yang bisa jadi lebih berpengalaman.

  1. Berenang

Bila bosan dengan jalan santai dan senam hamil, Ibu bisa memilih olahraga air yang menyenangkan ini. Selain memungkinkan Ibu berolahraga tanpa khawatir tubuh terasa gerah, berenang juga layak jadi olahraga pilihan di trimester ketiga kehamilan karena minim risiko cedera, Bu.

Berenang juga dapat melatih pernapasan Ibu, sehingga bisa membantu memperlancar proses persalinan kelak. Sebab, saat berenang, Ibu harus bisa mengatur kapan waktunya mengambil napas, menahan napas, dan mengeluarkan napas. Di trimester ketiga kehamilan, Ibu bisa melakukan olahraga ini 2 – 3 kali seminggu dengan durasi 20 – 30 menit per sekali berenang, Bu.

Nah, itulah tiga jenis olahraga terbaik untuk Ibu di trimester ketiga kehamilan. Yuk, lakukan tiga olahraga tadi dengan rutin supaya tubuh senantiasa bugar dan lebih siap menghadapi proses persalinan, Bu!

Kembali ke Atas