Skip to main content
header-kiat-cerdas-untuk-atasi-stres-selama-kehamilan.png

Meski sudah melakukan berbagai persiapan untuk melahirkan, masih ada saja hal-hal yang membuat ibu hamil cemas. Mulai dari perubahan bentuk tubuh, gejala mual dan muntah yang terus dirasakan, hingga kekhawatiran akan kesehatan si Kecil saat lahir nanti. Apakah Ibu juga merasakan hal yang sama? Hal ini sebenarnya sangat wajar, terlebih lagi jika ini adalah kehamilan yang pertama untuk Ibu. Meski demikian, Ibu harus berusaha untuk rileks karena hal ini akan membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus mengoptimalkan perkembangan janin. Coba cara-cara berikut ini, dan Ibu merasa lebih rileks tanpa butuh waktu lama!

Dengarkan Tubuh Anda

Saat merasa lelah, beristirahatlah meski masih belum waktunya tidur siang. Ketika merasa lapar, Ibu bisa menyantap berbagai camilan sehat yang penuh nutrisi dan baik untuk perkembangan janin. Mendengarkan tubuh Anda dan memberikan apa yang dibutuhkan akan membantu merilekskan pikiran. Sambil beristirahat, matangkan persiapan menjelang melahirkan dengan membaca majalah atau browsing artikel-artikel persalinan di internet.

Ungkapkan Kecemasan yang Ibu Rasakan

Banyak Ibu yang merasa khawatir ketika melakukan persiapan untuk melahirkan, namun berusaha memendam hal tersebut karena takut merepotkan. Padahal, memendam segala kecemasan justru akan memicu rasa stres dan membuat Ibu susah rileks. Cobalah untuk mengutarakan semua keluh kesah yang dirasakan kepada pasangan atau orang tua. Membicarakan hal-hal yang menjadi sumber kecemasan akan meringankan beban Ibu dan membuat tubuh serta pikiran lebih rileks.

Konsumsi Makanan dan Minuman Bernutrisi

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangat baik untuk kesehatan Ibu dan perkembangan janin dalam kandungan. Di sisi lain, beberapa makanan yang kaya akan Omega 3, vitamin, dan mineral, bisa membantu memperbaiki mood Ibu. Kandungan Omega 3 yang ada di dalam ikan salmon dan tuna misalnya, bisa membantu mengurangi stres yang Ibu rasakan selama masa kehamilan. Jangan lupa juga mengonsumsi cukup air putih setidaknya 8 gelas dalam 1 hari. Kurang cairan bisa menyebabkan dehidrasi yang menimbulkan sakit kepala dan menjadikan Ibu sulit rileks.

Perbanyak Olahraga

Memperbanyak aktivitas fisik selama kehamilan juga bisa membantu memperbaiki mood lho, Bu! Cobalah untuk melakukan beberapa olahraga yang aman bagi ibu hamil seperti jalan kaki, berenang, ataupun yoga. Tapi sebelum mencoba melakukan berbagai olahraga tersebut, pastikan Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Selama hamil, mungkin ada banyak hal yang membuat Ibu cemas. Mulai dari mengatur persiapan untuk melahirkan bayi, memikirkan masalah finansial, hingga mengkhawatirkan bagaimana perkembangan buah hati nantinya. Cobalah mengambil jeda sejenak dari semua hal ini dan berikan hadiah bagi diri sendiri. Keluar di sore hari dan janjian dengan para sahabat untuk makan bersama atau menyempatkan nonton bioskop di akhir pekan bisa jadi aktivitas yang menyenangkan dan membuat rileks.

Sambil melakukan berbagai persiapan untuk melahirkan, sempatkan juga berbagi kebahagiaan dengan para sahabat tersayang. Kalau ada orang terdekat yang juga tengah menanti kelahiran buah hati, Ibu bisa menghadiahkan JOHNSON’S® baby gift box yang berisi serangkain kebutuhan dasar bayi seperti JOHNSON’S® baby powder hingga JOHNSON’S® baby cologne. Kemasannya yang menarik membuat JOHNSON’S® baby gift box sangat cocok dijadikan hadiah.

Kembali ke Atas