Skip to main content

Sebelum Bayi Anda Lahir

Ibu akan segera menjadi orang tua—sungguh sebuah momen yang istimewa dalam hidup Anda! Merasa gugup itu wajar. Mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin sebelum waktunya tiba, dapat membantu menenangkan kegelisahan Anda. Berikut ini beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri menyambut kehadiran bayi sehat di rumah.

Kelas Pengasuhan Anak

Kelas pengasuhan anak bisa jadi sangat membantu bagi para orang tua yang menyambut kelahiran anak pertama mereka. Cari tahu tentang kelas-kelas ini dari rumah sakit tempat Anda berencana melahirkan, atau dari OB/GYN (dokter kandungan), bidan, teman-teman, dan keluarga.

Pilihan Proses Melahirkan

Ada sejumlah cara untuk melakukan persalinan, seperti Lamaze dan Bradley. Lakukan penelitian dan diskusikanlah dengan dokter kandungan atau bidan Anda untuk memutuskan mana yang terbaik untuk Anda dan bayi sehat Anda.

Dokter Spesialis Anak

Mulailah mencari dokter spesialis anak sekitar tiga bulan sebelum tanggal melahirkan Anda. Kumpulkan daftar kandidat — tanyakan rekomendasi dari teman-teman, sanak keluarga, tetangga, rekan kerja yang sudah memiliki anak, dokter kandungan Anda, bidan, atau perusahaan asuransi. Jika mungkin, jadwalkan konsultasi prenatal sekitar dua bulan sebelum tanggal persalinan Anda.

Daftar Kontak

Buatlah daftar kontak (SMS, email, atau telepon) agar Anda dapat dengan mudah mengabari teman-teman dan keluarga Anda.

Kemasi Barang-Barang Anda

Sebelum tanggal melahirkan, kemasi barang-barang yang akan Anda bawa untuk bermalam di rumah sakit. Ingatlah untuk membawa:

  • Baju tidur dan sandal
  • Perlengkapan kamar mandi, termasuk sikat gigi dan sisir. Jangan lupa perlengkapan untuk ayah (mungkin beberapa baju ganti)
  • Baju untuk Anda pakai kembali ke rumah: pilihlah baju yang nyaman yang Anda kenakan selama hamil atau sesudahnya
  • Pakaian untuk bayi sehat Anda saat pulang ke rumah: kaus dalam atau baju terusan, dan baju luar yang menutup tubuhnya dengan baik
  • Selimut (perlu tidaknya selimut tambahan tergantung pada cuaca di tempat Anda)
  • Maternity pad
  • Kamera/kamera video atau charger untuk ponsel Anda
  • Nursing bra dan nursing pad untuk ibu menyusui
  • JOHNSON’S® baby TOP-TO-TOE® wash dengan formula NO MORE TEARS® yang terbukti aman, lembut, dan ramah bagi bayi yang baru lahir. Tanyakan pada pihak rumah sakit apa yang akan mereka gunakan untuk mandi pertama bayi Anda... atau bawalah produk perawatan bayi sendiri, jika diizinkan

Jok Bayi

Pastikan jok mobil untuk bayi sehat Anda terpasang dengan benar sebelum pergi dari rumah sakit. Sebagian rumah sakit tidak mengizinkan Anda membawa pulang bayi, tanpa jok bayi terpasang pada mobil Anda. Sebagian besar kantor polisi akan dengan senang hati memeriksa jok bayi Anda, untuk memastikan benda itu terpasang dengan benar, atau Anda dapat mengunjungi seatcheck.org untuk mencari lokasi pemeriksaan jok pengaman bagi anak yang bersertifikasi di area Anda.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas