Skip to main content

Title

Yuk, Ajak si Kecil Lakukan 3 Aktivitas Ini Sebelum Tidur!

johnsons-baby-yuk-ajak-si-kecil-lakukan-3-aktivitas-ini-sebelum-tidur.jpg

Seiring makin aktifnya si Kecil bereksplorasi, Ibu mungkin mulai kesulitan ya mengajak ia tidur di malam hari? Padahal, di usia batita seperti saat ini, si Kecil membutuhkan durasi tidur yang cukup supaya tumbuh kembang fisik dan otaknya bisa lebih optimal.

Namun, tak perlu khawatir. Ibu bisa kok membuat si Kecil tertidur lebih cepat dengan mengajaknya melakukan aktivitas-aktivitas tertentu jelang waktu tidur. Sebab, penelitian mengungkapkan bahwa beberapa aktivitas menenangkan terbukti bisa membuat otak lebih rileks sehingga si Kecil lebih mudah masuk ke tahapan tidur nyenyak. Berikut selengkapnya. Simak yuk, Bu!

  

  1. Mendongeng

Di samping menstimulasi kemampuan berbahasa si Kecil, membacakan dongeng jelang waktu tidur juga bisa membuat ia terhibur dan merasa tenang lho, Bu. Perasaan ini kemudian membuat gelombang otak si Kecil melambat, sehingga ia lebih mudah mengantuk dan tertidur. Saat si Kecil tertidur dalam kondisi tenang, bayi Ibu tak akan mudah terbangun dari tidurnya sehingga ia bisa mendapatkan durasi tidur yang ideal. Supaya si Kecil tak lekas bosan saat mendengarkan dongeng dari Ibu, boleh saja lho Ibu memasukkan nama si Kecil sebagai salah satu tokoh dalam dongeng.

 

  1. Bernyanyi

Di samping mendongeng, Ibu juga bisa mengajak si Kecil bernyanyi bersama di malam hari jelang waktu tidurnya. Pilih lagu yang menenangkan sehingga si Kecil juga bisa lebih tenang, seperti Nina Bobo atau Twinkle Twinkle Little Star. Sama seperti mendongeng, bernyanyi dan mengajak si Kecil mengikuti Ibu membuat kemampuan berbahasanya terlatih karena secara tak langsung kosakatanya akan bertambah. Tak hanya itu, saat berusaha mengikuti Ibu bernyanyi, si Kecil juga belajar cara melafalkan kosakata yang baru ia kenal.

Jadi, jangan ragu untuk menyanyikan beragam lagu untuk si Kecil ya, Bu. Meski tak semerdu suara penyanyi profesional, percayalah bahwa bagi si Kecil suara Ibu adalah yang termerdu yang pernah ia dengar. Supaya momen ini terasa makin hangat, Ibu bisa mengajak si Kecil bernyanyi bersama sembari berpelukan.

 

  1. Berdoa

Berdoa juga jadi salah satu aktivitas terbaik untuk mengisi waktu tenang jelang tidur, Bu. Sebab, aktivitas ini bisa mengasah kecerdasan spiritual si Kecil sekaligus memperkenalkan ia pada agama.

Meski si Kecil mungkin belum bisa sepenuhnya memahami penjelasan dari Ibu, suasana khusyuk saat berdoa akan membekas di memorinya dan membuat ia perlahan mengerti konsep beragama yang Ibu ajarkan. Tak hanya itu, kekhidmatan saat berdoa juga membuat gelombang otak si Kecil lebih tenang sehingga tubuhnya semakin rileks.

 

Setelah si Kecil tampak lebih rileks, Ibu bisa memintanya berbaring di atas kasur dan membalurkan JOHNSON'S® Blossoms Baby Powder ke tubuhnya secara perlahan. Dengan aromanya yang segar dan lembut, bedak bayi dari JOHNSON’S® ini tak sekadar merawat kulit lembut si Kecil, tetapi juga membuatnya semakin nyaman jelang waktu tidur.

Sebagai info tambahan, bila dilakukan secara rutin, aktivitas ini bisa membantu mempererat ikatan emosional antara Ibu dan si Kecil sehingga membawa beragam manfaat positif bagi psikologi anak, Bu. Sebab, menurut penelitian, semakin sering terlibat skin to skin contact dengan Ibu, si Kecil akan semakin merasa dicintai.     

 

Nah, itulah tiga kegiatan yang dapat Ibu lakukan untuk mengisi waktu tenang jelang waktu tidur si Kecil. Selamat mencoba ya, Bu!

Kembali ke Atas