Skip to main content

Title

Yuk, Ketahui Manfaat Memeluk Si Kecil Sebelum Tidur, Bu!

johsons-baby-yuk-ketahui-manfaat-memeluk-si-kecil-sebelum-tidur-bu.png

Selain menjadi salah satu cara mengekspresikan kasih sayang, kontak fisik berupa pelukan juga memiliki beragam manfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, Bu. Ini sebabnya, para ahli menganjurkan Ibu memeluk si Kecil secara rutin, termasuk di malam hari jelang waktu tidurnya.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan si Kecil bila Ibu rutin memeluknya setiap malam sebelum tidur. Simak yuk!

  1. Mengurangi Tangisan

Penelitian menunjukkan bahwa rewel jelang waktu tidur dialami sekitar 30% anak, mulai dari usia enam bulan hingga usia tiga tahun, Bu. Umumnya, bayi yang rewel sebelum tidur akan lebih mudah terbangun kembali di malam hari. 

Untuk itu, Ibu perlu mengurangi tangisan dan rewel supaya si Kecil bisa mendapatkan kualitas tidur yang optimal. Beruntungnya, Ibu bisa melakukannya dengan mudah, yaitu lewat memeluk tubuh mungilnya secara rutin.

Skin to skin contact antara Ibu dan si Kecil saat Ibu memeluk tubuh mungilnya merangsang produksi hormon oksitosin di tubuh si Kecil. Hal ini kemudian membuat si Kecil merasa lebih tenang dan nyaman, sehingga ia tak lagi rewel, Bu. 

  1. Menstabilkan Denyut Jantung  

Karena tubuh si Kecil merasa nyaman saat Ibu peluk, secara alami, denyut jantung di tubuhnya pun semakin stabil, Bu. Hal ini menguntungkan bagi bayi Ibu, sebab peredaran darah di tubuhnya akan semakin lancar sehingga seluruh organnya bisa mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan begini, tumbuh kembang si Kecil pun akan semakin optimal, Bu.

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Membiarkan si Kecil berada dalam dekapan lembut Ibu yang hangat dan nyaman jelang waktu tidur juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidurnya lho, Bu. Sebab, otak si Kecil menerjemahkan ketenangan dan kenyamanan dalam pelukan Ibu sebagai pengalaman menyenangkan, sehingga ia pun lebih mudah masuk ke fase tidur lelap dan tidurnya lebih nyenyak.

Supaya tidur malam si Kecil tak terganggu keringat, Ibu juga bisa membalurkan bedak bayi berkualitas ke tubuhnya sebelum menidurkannya. Terkait hal ini, JOHNSON’S® bedtime baby powder bisa jadi pilihan. Diperkaya NATURAL CALM, bedak bayi dari JOHNSON’S ini hadir dengan wangi lembut yang menenangkan untuk membantu tidur si Kecil lebih lelap.

Setelah si Kecil terlelap, selanjutnya Ibu tinggal membaringkan tubuhnya di atas ranjang dalam posisi tidur bayi yang tepat.

Kembali ke Atas