Skip to main content
header-ibu-juga-bisa-lho-lakukan-baby-spa-sendiri.-ini-caranya.png

Selain membuat si Kecil lebih rileks, baby spa yang Ibu lakukan sendiri di rumah bisa membangun ikatan lebih dalam dengan bayi sekaligus menstimulasi perkembangan motoriknya kelak. Tapi sebelum melakukan hal ini, pastikan Ibu tahu cara memijat bayi yang benar untuk menghindari cedera pada si Kecil. Caranya sangat mudah dan bisa dipraktikkan sendiri kok, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Pijatan di Bagian Kaki

Untuk mengawali pijat bayi, mulai dari bagian kaki terlebih dahulu. Tuangkan sedikit minyak pada tangan Ibu, kemudian balurkan di sekitar betis si Kecil. Lakukan gerakan memutar dan naik turun secara lembut di bagian betis hingga mata kaki. Angkat kaki si Kecil untuk mempermudah proses pemijatan. Lakukan hal ini secara bergantian pada kaki kanan dan kaki kiri si Kecil.

Pijatan pada Telapak Kaki

Setelah bagian kaki, kini saatnya memerhatikan cara memijat bayi yang benar di bagian telapak kaki. Angkat kedua kaki si Kecil, kemudian pegang dengan lembut dan gerakkan secara memutar. Lakukan hal ini secara perlahan selama beberapa kali. Setelah itu, tekan bagian telapak kaki secara perlahan menggunakan dua ibu jari. Untuk bagian jari kaki, jepit jari si Kecil secara lembut dengan telunjuk dan jempol Ibu. Lakukan gerakan naik turun secara perlahan.

Pijatan di Bagian Lengan

Cara memijat bayi yang benar di bagian lengan adalah dengan membalurkan JOHNSON’S® baby oil diawali dari lengan bagian atas. Setelah itu, lingkarkan jari jemari Ibu pada lengannya dan gerakkan secara perlahan ke arah bawah hingga pergelangan tangannya. Berikan sedikit tekanan dan lakukan hal ini beberapa kali hingga seluruh tangan buah hati dipijat secara merata. Lakukan teknik memijat bayi ini secara bergantian di kedua tangan si Kecil.

Pijatan di Bagian Dada

Letakkan tangan Ibu di dada si Kecil dan posisikan berada di masing-masing putingnya. Lakukan gerakan memijat secara perlahan dengan menggerakkan tangan ke arah luar, mendekati ketiak buah hati. Pastikan Ibu tidak menekan terlalu keras saat melakukan pijatan di daerah ini. Tuangkan cukup Johnson’s®  baby oil sehingga gerakan tangan lebih mulus dan tidak menimbulkan rasa sakit untuk si Kecil tersayang.

Pijatan di Bagian Punggung

Cara memijat bayi yang benar di bagian punggung adalah dengan membuat si Kecil tengkurap terlebih dahulu. Setelah itu, gerakkan jari secara perlahan di bagian punggungnya dan lakukan pijatan dengan lembut. Lakukan hal ini secara merata mulai dari bagian tengah punggung hingga leher.

Saat memijat buah hati, pastikan Ibu memilih waktu yang tepat bukan saat dia mengantuk atau merasa lapar. Ibu juga harus mencuci tangan dan melepas perhiasan seperti cincin atau gelang karena bisa jadi menimbulkan rasa tidak nyaman pada si Kecil saat bersentuhan dengan kulitnya. Pastikan untuk segera menghentikan proses memijat apabila ia terlihat rewel dan mulai menangis.

Setelah mengetahui cara memijat bayi yang benar, saatnya Ibu memilih produk tepat untuk memandikannya dan membersihkan tubuhnya dari sisa minyak. JOHNSON’S® baby 2in1 TOP-TO-TOE® merupakan pilihan tepat karena mengandung formula NO MORE TEARS® yang tidak pedih di mata karena sama lembutnya seperti air murni sehingga bisa menenangkan bayi saat mandi.

Kembali ke Atas