Skip to main content
header-kenapa-si-kecil-mudah-berkeringat.png

Melihat si Kecil yang aktif bergerak, tentu membuat Ibu bangga sekaligus cemas. Di satu sisi, Ibu begitu bangga karena itu tandanya tumbuh kembang si Kecil berjalan dengan baik. Namun, di sisi lain, Ibu juga cemas karena aktivitasnya juga sering memicu masalah lain, misalnya biang keringat. Ini sebabnya Ibu harus lebih ekstra perhatian dalam menjaga kesegaran dan kesehatan kulitnya agar ia tetap nyaman beraktivitas.

Untuk itu, Ibu perlu cermat memilih produk perawatan yang tepat seperti bedak bayi, sabun, serta shampoo untuk membersihkan sekaligus merawat kulitnya setelah berkeringat. Bukan hanya itu, ada baiknya Ibu juga tahu apa saja serba-serbi keringat pada tubuh anak, agar perawatan yang Ibu berikan bisa lebih maksimal. Berikut adalah informasinya.

Apa Itu Keringat?

Keringat adalah cairan yang dihasilkan oleh tubuh melalui kelenjar keringat dan keluar lewat pori-pori. Kondisi ini merupakan proses alami yang dapat terjadi ketika suhu tubuh meningkat sehingga hipotalamus, bagian dari otak yang mengontrol suhu badan, mengirimkan sinyal pada tubuh untuk berkeringat agar temperatur tubuh menurun. Kemudian, keringat muncul dan berinteraksi dengan udara, lalu menguap. Proses evaporasi tersebutlah yang membuat suhu tubuh kembali menjadi normal, yaitu sekitar 36-37o C.

Faktor Apa Sajakah Yang Dapat Menyebabkan Munculnya Keringat?

Pada kondisi normal, keringat dapat muncul karena beberapa faktor berikut:

  1. Udara Panas dan lembap

Cuaca yang panas dan udara yang lembap, dapat membuat suhu tubuh meningkat. Kondisi tersebutlah yang biasanya disebut dengan istilah gerah. Seperti layaknya orang dewasa, jika si Kecil harus beraktivitas saat udara terasa panas dan lembap, sebaiknya pakaikan ia pakaian yang berbahan katun agar dapat menyerap keringat dengan lebih baik serta hindari pakaian berlapis ya, Bu. Agar kulit si Kecil tak terlalu lembap, Ibu bisa menggunakan bedak bayi tanpa talc untuk mencegah iritasi kulit akibat keringat.

  1. Aktif Bergerak

Saat si Kecil banyak bergerak, seperti menari, berlari, atau bahkan melompat, suhu tubuhnya akan meningkat dan menyebabkan munculnya keringat. Supaya ia tetap nyaman bermain meski berkeringat, sebaiknya pakaikan ia bedak bayi JOHNSON’S® Active Fresh™ baby powder sebelum beraktivitas dan nyalakan pendingin ruangan seperti AC ataupun kipas angin agar suhunya tak terlalu panas untuk si Kecil bermain.

  1. Perasaan Cemas

Pada anak usia tiga tahun ke atas, perasaan cemas bisa datang kapan pun karena hal yang sederhana, misalnya ketika melihat objek yang tak disukainya, takut dimarahi oleh orang tua, ataupun saat bermimpi buruk. Biasanya, ketika seseorang merasa cemas, detak jantungnya akan meningkat sehingga membuat temperatur tubuh meningkat dan berkeringat. Itulah sebabnya, menjaga suasana hati si Kecil agar tetap tenang saat bermain sangat penting untuk mengurangi produksi keringat tubuhnya, Bu. Salah satu cara membuat mood si Kecil tetap baik adalah membuatnya merasa nyaman saat beraktivitas dengan menggunakan bedak yang baik untuk bayi agar kulitnya tak mudah iritasi, dan juga baby cologne dengan wangi yang lembut untuknya.

Setelah mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan si Kecil berkeringat, Ibu juga perlu memerhatikan apakah kadar keringat yang dihasilkan oleh tubuh si Kecil masih tergolong normal atau tidak. Pasalnya, keringat berlebih dapat menjadi indikasi bahwa si Kecil mengalami kondisi medis tertentu, sehingga harus segera berkonsultasi ke dokter.

Menurut National Institutes of Health (NIH, 2011), kondisi berkeringat yang normal adalah sebanyak asupan cairan yang masuk ke tubuh per harinya. Namun, kondisi ini juga perlu disesuaikan dengan aktivitas si Kecil  pada hari tersebut ya, Bu. Apabila kegiatannya lebih banyak dihabiskan di luar ruangan, banyak berkeringat masih dapat dikatakan normal. Berbeda dengan ketika si Kecil sedang tak banyak bergerak namun mengeluarkan keringat seperti habis berlari. Apabila Ibu menemukan kondisi seperti ini pada si Kecil, sebaiknya segera berkonsultasilah dengan dokter, ya.

Satu hal yang perlu Ibu ingat juga, keringat pada anak dapat memicu munculnya biang keringat. Oleh sebab itu, lindungi si Kecil dari gangguan kulit ini dengan menggunakan bedak bayi sebelum ia beraktivitas, ya.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas