Skip to main content

Di tengah gelembung, percikan, gumaman, dan tawa kecil, waktu memandikan bayi memang adalah momen yang tepat dalam keseharian Anda untuk merangsang indra bayi dan mempererat ikatan antara Anda dan bayi. Ikuti panduan mudah dari JOHNSON’S® baby untuk memahami lebih jauh dasar-dasar dan tips-tips merawat bayi Anda.

Mandi tidak hanya dapat menenangkan bayi, tetapi juga memberi kesempatan pada ibu untuk menjalin ikatan dan bermain bersama bayi setelah hari yang sibuk. Sama seperti pijatan bayi, memandikan bayi dengan air hangat dapat menjadi cara yang tepat untuk merawat bayi dan mempersiapkan bayi untuk tidur.

Air Saja Tidak Cukup untuk Memandikan Bayi

Air saja sebagai pembersih tidak mampu menghapus kotoran lemak yang tidak larut dalam air dan tertinggal di bawah popok dan pakaian. Jika tidak dibersihkan, kotoran ini dapat merusak lapisan pelindung* yang halus pada kulit bayi . Air sendiri sebenarnya bisa membuat kulit bayi kering. Penggunaan air secara berulang, terutama yang mengandung klorin atau bahan keras lainnya, terbukti dapat menyebabkan hilangnya kelembapan sel-sel kulit dan dapat membuat kulit bayi iritasi atau merah.

Pembersih lembut khusus bayi seperti JOHNSON’S® baby TOP-TO-TOE® wash direkomendasikan untuk membantu membersihkan secara efektif dan merawat kulit bayi.

How to Baby Baby


Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Banyak ahli kesehatan merekomendasikan untuk memandikan bayi baru lahir sekitar 2 atau 3 kali per minggu, lalu meningkatkan frekuensinya seiring bertambahnya usia bayi. Meskipun bayi tidak dimandikan setiap hari, mandi spons adalah alternatif yang banyak dipilih oleh para ibu untuk merawat bayi yang masih sangat muda.

Pelajari cara memandikan bayi dengan spons

Cara Memandikan Bayi Anda

Wastafel dapur bisa menjadi tempat yang bagus untuk memandikan bayi Anda (dengan keran yang telah ditutup, dan handuk atau busa lembut di bawahnya), atau Anda bisa menggunakan tempat mandi bayi kecil dan terbuat dari plastik, yang ditempatkan di dalam bak rendam ukuran dewasa, untuk membantu Anda lebih mudah untuk memegang bayi

  1. 1.

    Mulailah dengan mengisi bak mandinya dengan beberapa cm air hangat. Pastikan suhu air mandi bayi Anda antara 32,2-37,8 derajat Celcius. Setelah bak mandi terisi air, aduk air dengan tangan sehingga panas air dapat merata dan tidak berkumpul di satu tempat.

  2. 2.

    Sebelum memasukkan bayi Anda di air, uji suhu air menggunakan bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memastikan air tidak terlalu panas. CATATAN: Pastikan alat pemanas air di rumah Anda diatur tidak lebih dari 49 derajat Celcius untuk mencegah perubahan suhu air yang mendadak.

  3. 3.

    Gunakan satu tangan ibu untuk menopang punggung, kepala, dan leher bayi dengan lembut. Lalu, pelan-pelan masukkan bayi ke air. Terus topang bayi dengan satu tangan saat ibu membersihkan tubuh bayi dengan tangan yang lain.

  4. 4.

    Bersihkan area sekitar mata bayi dengan lembut menggunakan cotton pad yang telah dilembapkan dengan air hangat yang bersih. Gunakan cotton pad baru untuk masing-masing mata dan selalu lakukan usapan dari sudut dalam mata menuju keluar. Kemudian, usap area sekitar mulut, hidung, dan seluruh wajah bayi menggunakan handuk lembut. Usaplah dari tengah menuju keluar. Usap juga lipatan di leher dan jangan lupa bagian belakang telinganya!

  5. 5.

    Untuk bayi yang lebih muda, basahkan waslap bayi dengan air hangat dan gunakan pembersih lembut yang diformulasikan untuk bayi, seperti JOHNSON'S® TOP-TO-TOE® baby wash. Jika rambut bayi Anda lebat, Anda dapat mencoba sampo yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby shampoo. Jangan takut untuk mencuci bagian kepala bayi yang lunak (disebut fontanel) dengan lembut.

  6. 6.

    Area popok adalah bagian tubuh yang terakhir dicuci. Untuk bayi perempuan, bersihkan area kelamin dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki, cuci penis dan area kelamin, juga bersihkan dari depan ke belakang, lalu keringkan sepenuhnya. Untuk bayi laki-laki yang belum disunat, hindari menarik bagian kulit penis (kulup) ke belakang.

  7. 7.

    Biarkan bayi Anda meluangkan waktu sebentar di kamar mandi untuk menikmati air hangat. Tuang semangkuk air ke tubuhnya agar tetap hangat. Hati-hati mengucurkan air langsung dari keran, karena suhu air bisa berubah secara mendadak.

  8. 8.

    Selimuti bayi dengan kedua tangan Anda, melewati daerah sekitar dada bayi Anda menuju bawah lengannya, lalu topang kepalanya dengan telapak tangan Anda, dan angkat dia keluar dari bak mandi, kemudian segera balut si kecil dengan handuk.

  9. 9.

    Keringkan bayi Anda dengan baik hingga ke bagian lipatan tubuhnya, karena kelembapan berlebih bisa menyebabkan iritasi kulit. Keringkan dengan perlahan menepuk-nepuk kulitnya dengan handuk hingga kering untuk menghindari kerusakan kulit.

  10. 10.

    Sebelum memakaikan baju pada bayi, oleskan pelembap bayi yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby lotiondengan kandungan antialergi yang secara klinis terbukti lembut dan ringan untuk bayi. Itulah tips merawat bayi dan memandikan bayi yang dapat ibu terapkan.

Kiat-Kiat Memandikan Bayi

  • Bersihkan hanya apa yang bisa Anda lihat; hindari memasukkan sesuatu terlalu dalam ke liang telinga atau hidung bayi Anda
  • Setiap bayi itu unik. Ada bayi yang tidak suka dimandikan terlalu cepat setelah makan. Banyak ibu yang merasa lebih cocok jika memandikan bayi terlebih dahulu sebelum makan
  • Ingatlah, JANGAN tinggalkan bayi sendirian di bak mandi.

Mandi adalah cara sempurna untuk menciptakan pemisahan antara "waktu sibuk" dan "waktu tidur", sambil memberikan Anda kesempatan untuk menjalin ikatan dengan bayi Anda. Bahkan hari yang berat bisa terasa lebih ringan ketika Anda menutup hari dengan menyelimuti bayi Anda yang sudah bersih, cantik, rapi dan nyaman—sebelum dinyanyikan lagu nina bobo.

*Pelindung kulit adalah lapisan atas kulit yang berperan penting untuk melindungi dari iritasi luar, bakteri, dan alergen, serta membantu melindungi tubuh bayi dari penyakit. Pelndung kulit bayi bersifat unik, berbeda dari orang dewasa, dan masih dalam tahap pertumbuhan, sehingga memerlukan perawatan khusus.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas