Skip to main content

Memandikan Bayi dengan Spons

Penting untuk menjaga kulit si kecil tetap bersih agar kesehatannya terjaga, dan waktu memandikan bayi dengan spons juga dapat menjadi momen yang tepat untuk merangsang indra bayi Anda, membantu perkembangannya sejak dini.

Kebanyakan dokter anak atau bidan merekomendasikan untuk memandikan bayi baru lahir 2 atau 3 kali per minggu, lalu meningkatkan frekuensinya seiring bertambahnya usia bayi. Pelajari cara merawat bayi Anda tetap bersih di sela waktu mandi.

Pastikan ibu menyiapkan semua yang dibutuhkan sebelum memandikan bayi Anda dengan spons.
baby sponge bath 1

Bak mandi atau bak rendam bayi, diisi air dengan suhu yang nyaman untuk kulit si kecil.

baby sponge bath 2

Handuk bertudung berukuran besar yang lembut

baby sponge bath 3

Waslap lembut

baby sponge bath 4

Kapas persegi atau bulat

baby sponge bath 5

Pembersih ringan yang diformulasikan khusus untuk bayi, seperti JOHNSON’S® baby TOP-TO-TOE® baby wash


Setelah mandi...
baby sponge bath 1

Losion pelembap, seperti JOHNSON'S® baby lotion atau baby oil seperti JOHNSON'S® baby oil

baby sponge bath 2

Pakaian bersih

baby sponge bath 3

Popok

baby sponge bath 4

Selimut

baby sponge bath 5

Sikat atau sisir lembut

baby sponge bath 6

Salep untuk area popok, seperti DESITIN® Maximum Strength Original Paste atau DESITIN® Rapid Relief Cream.


Cara Memandikan Bayi Anda dengan Spons

Getting Ready

Sponge Bath: Step 1Luangkan beberapa menit untuk berbicara dengan bayi Anda mengenai harinya, sembari bersiap untuk memandikannya. Lepaskan semua pakaian bayi kecuali popok, lalu balut bayi dengan handuk.

Wash Her Eyes

Sponge Bath: Step 2Sambil memegang kepala bayi Anda, bersihkan area sekitar mata dengan lembut menggunakan kapas bulat atau persegi yang telah dibasahkan dengan air hangat. Kapas bulat atau persegi cocok digunakan karena tidak meninggalkan serabut.

Gunakan kapas baru untuk masing-masing mata, dan selalu lakukan usapan dari sudut dalam mata menuju keluar. Jika tidak ada kerak (lendir yang mengering) pada sudut mata, Anda tidak perlu membersihkan area mata. Jangan bersihkan bagian dalam mata.

Wash Her Face

Sponge Bath: Step 3Usap area sekitar mulut, hidung dan seluruh wajah bayi menggunakan waslap yang lembut. Lakukan usapan dari bagian tengah menuju keluar, cukup dengan air biasa. Beri perhatian khusus untuk bagian belakang telinga, bawah dagu, dan lipatan di leher. Ingat: Jangan memasukkan apapun ke liang telinga atau hidung. Tepuk-tepuk hingga kering.

Wash Her Hair

Sponge Bath: Step 4Dengan bayi Anda dibalut handuk, letakkan satu lengan Anda di bawah punggungnya dan telapak tangan Anda di belakang kepalanya. Gunakan tangan Anda yang yang bebas untuk membasahi rambut bayi menggunakan waslap. Oleskan sedikit sabun mandi bayi yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby TOP-TO-TOE® baby wash yang diformulasikan khusus agar tidak pedih di mata, lalu pijat lembut seluruh kepalanya.

Bilas rambut bayi dengan air sampai tidak ada pembersih yang tersisa. Baringkan bayi Anda dan keringkan kepalanya dengan lembut, lalu kenakan tudung handuk ke kepalanya untuk membuatnya hangat.

Wash Her Body

Sponge Bath: Step 5Berikutnya, mandikan tubuh bayi Anda menggunakan pembersih bayi yang bebas sabun, lembut, dan tepercaya. JOHNSON'S® baby TOP-TO-TOE® baby wash cukup ringan untuk digunakan pada rambut dan kulit bayi Anda: Bahkan, banyak rumah sakit yang memilih sabun mandi bayi ini, dibanding sabun mandi bayi merek lain untuk memandikan bayi baru lahir.

Dengan kepala bayi tetap ditutupi oleh sudut handuk, buka balutan handuk pada bayi Anda dan lepaskan popoknya. Basahi dan tuang sabun di tangan Anda atau waslap lembut, dan mulailah membersihkan seluruh tubuh bayi Anda. Bersihkan bagian leher hingga pinggang, termasuk lengan dan tangannya, lalu bilas seluruhnya dan keringkan tubuhnya. Tutupi bagian atas tubuhnya dengan handuk agar bayi tetap hangat, dan usapkan handuk turun ke bagian tungkai, kaki, dan jari kakinya.

Ingatlah untuk membilas dan mengeringkan semua lipatan tubuh bayi dengan baik, karena kelembapan berlebih bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Terakhir, bersihkan area popok menggunakan air hangat yang bersih: untuk bayi perempuan, usap area ini dengan lembut dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki, usap juga dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki yang belum disunat, cuci penis dan area kelaminnya dengan lembut, hindari menarik bagian kulit penis (kulup) bayi ke belakang.

Umbilical Cord Care

Sponge Bath: Step 6Sebelum membersihkan <> bayi, Anda dapat lebih dulu memakaikan baju dan popoknya agar ia tetap hangat. Ingatlah untuk tidak menutupi tali pusar dengan popok, karena bagian tersebut harus dijaga tetap kering dan bersih.
Bersihkan area pangkal tali pusar dan sekitarnya dengan kapas bulat atau persegi. Jangan takut untuk membersihkan tali pusar: semakin cepat bagian pangkalnya mengering, semakin cepat tali pusarnya akan putus.

Moisturizing

Sponge Bath: Step 7Melembapkan bayi Anda adalah bagian yang penting dalam rutinitas perawatan kulitnya. Gunakan produk yang lembut seperti JOHNSON'S® baby lotion atau JOHNSON'S® baby oil untuk melindungi kulit bayi Anda dan menjaganya tetap sehat.

8. Dressing

Sponge Bath: Step 8Pastikan tubuh bayi Anda benar-benar kering sebelum memakaikannya baju. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan bayi yang ringan untuk membantu melembapkan kulitnya dan membuatnya merasa lebih nyaman. JOHNSON'S® baby Lotion or JOHNSON'S® Baby Oil telah melalui uji alergi dan cukup ringan untuk bayi Anda.

Kini pakaikan baju bayi Anda dan balut ia dengan selimut guna menjaganya agar tetap hangat. Peluk erat bayi Anda dan nikmati saat-saat kebersamaan Anda berdua.

Kepala bayi Anda memiliki bagian lunak (disebut fontanel) yaitu bagian tengkorak yang belum sepenuhnya menutup. Bagian lunak ini memungkinkan kepalanya menyesuaikan dengan jalan lahirnya. Area ini aman untuk disentuh dan dibersihkan dengan lembut.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas