Skip to main content

Memaksimalkan Waktu Mandi Bayi

Sentuhan ibu yang lembut dan penuh kasih selama memandikan bayi, lalu pelukan hangat dari ibu setelah mandi dapat merawat bayi dan mendukung perkembangan bayi yang sehat dan bahagia. Sayangnya, JOHNSON’S® Global Bath Time Report menemukan bahwa meskipun 84% orang tua menyatakan bahwa waktu mandi adalah salah satu waktu paling berkualitas yang bisa mereka dapatkan bersama si kecil, masih banyak juga orang tua yang meremehkan kekuatan dan manfaat dari waktu memandikan bayi.

Sentuhan ibu yang lembut dan penuh kasih selama memandikan bayi, lalu pelukan hangat dari ibu setelah mandi dapat mendukung perkembangan bayi yang sehat dan bahagia. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa sentuhan Anda mendorong perkembangan sosial-emosional yang sehat dan meningkatkan keterampilan motorik pada bayi.

Perkembangan Sosial-Emosional

Yang dapat ibu lakukan Yang dapat dipelajari oleh si kecil
Bersenang-senang dan merayakan pencapaian si kecil, misalnya dengan meremas air dari spons atau membuat mainan mengambang. Si kecil cukup cerdas dan cakap. Ia akan senang mengetahui bahwa Anda rela berbagi banyak hal baru ketika bermain bersamanya.
Mengeksplorasi dan menciptakan permainan seperti membuat cipratan air Keahlian bermain secara bergiliran. Ia akan paham bahwa melakukan kegiatan bersama-sama adalah hal yang seru dan bermanfaat.
Berpelukan setelah memandikan bayi dan meluangkan waktu untuk menjalin ikatan dengan bayi Ia merasa dicintai, dan hal ini menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Kemampuan Bahasa dan Berpikir

Yang dapat ibu lakukan Yang dapat dipelajari oleh si kecil 
Berinteraksi dan terlibat langsung dengan bayi Anda. Misalnya, ketika bayi Anda membuat suara dan gestur yang menunjukkan bahwa ia ingin Anda membacakan buku untuknya, berikan ia pujian dan kabulkan permintaannya. Ia berkomunikasi dengan Anda dan Anda memahaminya. Ini menguatkan bahwa suara dan tindakan adalah cara yang baik untuk menunjukkan apa yang Anda pikirkan atau rasakan. 
Saat memandikan bayi Anda, bicaralah dengannya dan jelaskan apa yang kalian berdua sedang lakukan. Misalnya, jatuhkan bebek ke air dan ucapkan, ”Lihat, bebeknya terapung!” Ketika Anda berbicara dengan si kecil selama melakukan aktivitas ini, hal ini dapat membantunya belajar mengingat kata-kata dan konsep, seperti tenggelam dan terapung.
Jadikan waktu memandikan bayi jadi hal yang menyenangkan untuk membantu anak Anda belajar keahlian baru. Tunjukkan padanya cara menempel huruf spons ke dinding bak mandi, atau cara membuat bebek menguik. Ia akan belajar cara mengerjakan sesuatu dengan meniru tindakan Anda, sambil juga menjalin ikatan kuat dengan Anda. 

Perkembangan Fisik

Yang dapat ibu lakukan Yang dipelajari oleh si kecil 
Membuat waktu memandikan bayi lebih menyenangkan dan edukatif, dengan memberikan berbagai mainan pada bayi Anda, sehingga ia bisa mengeksplorasi dan menjelajah menggunakan tangannya  Cara bersenang-senang dan mengeksplorasi banyak hal baru dalam posisi duduk. Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain dan menggunakan tangannya untuk mengerjakan sesuatu, seperti mencoba menempel stiker mandi ke bak mandi, mengajarkan rasa percaya diri pada bayi Anda. 
Tunjuk dan ceritakan berbagai bagian tubuh yang sedang aktif digunakannya. Puji ia ketika dia menggunakan tangannya untuk memecah gelembung sabun, dan bicarakan soal bagian tubuh tersebut. Mengenali dan mengetahui cara kerja bagian-bagian tubuhnya untuk mencapai tujuannya.

Ketika ia membuat cipratan besar dengan tangan atau menjatuhkan mainan di bak mandi, bayi Anda belajar tentang sebab dan akibat. Hal ini membantunya mengetahui cara kerja sesuatunya. Ketika bayi menyeka gelembung yang menutupi pusarnya, ia belajar bahwa benda-benda itu masih ada meskipun ia tidak dapat melihatnya — ini adalah konsep yang sangat penting.Semua pembicaraan yang Anda lakukan bersama selama waktu memandikan bayi akan membantu memupuk keahlian bahasanya. Yang paling penting adalah bahwa semua pembelajaran ini terjadi bersama Anda, orang yang paling ia sukai!

 

Ingat, salah satu cara untuk menjaga waktu memandikan bayi tetap menyenangkan adalah dengan memastikan bayi Anda tetap aman. JANGAN tinggalkan bayi sendirian saat ia mandi, meski hanya sedetik. Kumpulkan terlebih dahulu segala hal yang akan Anda perlukan untuk mandi, lalu alihkan dering ponsel Anda ke pesan suara. Selain itu, pastikan pemanas air panas telah diatur di bawah 49 derajat Celcius agar tidak terjadi perubahan suhu air yang tiba-tiba.  

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas