Skip to main content

Perawatan & Tata Rambut untuk Bayi & Balita

Dengan produk yang tepat dan sedikit kesabaran, waktu yang Anda habiskan untuk merawat rambut bayi Anda bisa berarti lebih. Sentuhan lembut dan aroma akrab dari produk rambut bayi JOHNSON’S® baby dapat membantu perkembangan si kecil serta mempererat ikatan antara ibu dan bayi.

Cara Mudah Merawat Rambut Bayi:

Langkah 1: Bersihkan dengan JOHNSON'S® NO MORE TANGLES® shampoo

Langkah 2: Rawat rambut bayi dengan JOHNSON'S® NO MORE TANGLES® leave-in conditioner

Langkah 3: Tata rambut bayi dengan sikat atau sisir bergigi lebar dan JOHNSON'S® NO MORE TANGLES® detangling spray

Dibanding dengan rambut orang dewasa, rambut bayi lebih tipis, serta lebih rentan kusut dan rusak. Berikut ini beberapa cara merawat rambut bayi Anda tanpa repot dan tanpa air mata.

Jadikan suasana lebih seru

Meskipun sebagian besar bayi tidak pernah suka saat rambut mereka dicuci, lakukan yang terbaik untuk membuat aktivitas ini menjadi lebih menyenangkan. Nyanyikan lagu bersama saat ibu mencuci rambutnya. Beritahu si kecil bahwa Anda sedang memijat kulit kepalanya sambil menggosokkan sampo bayi. Biarkan dia meniup gelembung saat Anda menggosokkan sampo ke kepala bayi. Pengalihan perhatian adalah kuncinya.

Sisir Rambut Saat Basah

Begitu ibu selesai mencuci dan memberikan kondisioner pada rambutnya, gunakan sisir yang lebar dan uraikan simpul-simpul di rambutnya sebelum berubah menjadi simpul yang besar. Untuk merawat rambut bayi, hindari menggunakan sikat pada rambut yang basah. Untuk membantu mengatur rambut tipis dan lurus atau tebal dan keriting, gunakan JOHNSON’S® NO MORE TANGLES® detangler spray.

Potongan Rambut Bayi yang Tepat

Dengan potongan rambut yang tepat, rambut bayi Anda akan relatif mudah untuk dirawat. Jika rambut bayi Anda keriting, Anda dapat memberikan potongan rambut rata tanpa poni. Jika rambut bayi Anda sangat tebal atau bergelombang, potongan rambut berlapis dapat membantu mengurangi kusut di rambutnya. Konsultasikan pilihan potongan rambut dengan penata rambut Anda.

Lindungi Mata Bayi Anda

Bayi tidak suka saat sesuatu masuk ke matanya. Anda dapat memakaikan pelindung mata di dahinya atau membilas rambutnya dengan posisi si kecil bersandar di tubuh Anda sehingga air tidak mengenai wajahnya.

Mata bayi baru lahir masih berkembang. Dibanding orang dewasa, matanya lebih jarang berkedip, air matanya lebih sedikit, dan refleks berkedipnya masih lambat. Hal ini mungkin mempermudah masuknya zat-zat yang tidak diinginkan ke matanya dan menyebabkan iritasi.

Agar sesi memandikan bayi Anda bebas dari rasa khawatir, coba JOHNSON’S® baby shampoo dengan formula NO MORE TEARS® —dikembangkan untuk bayi dan anak-anak, ringan untuk kulit kepala dan lembut bagi mata seperti air murni.

Melindungi Rambut Kusut dan Kaku

Jika rambut bayi Anda keriting, ada kemungkinan rambutnya akan susah diatur di cuaca hujan atau lembap. Sementara itu, rambut bayi yang lurus dapat menjadi kaku ke atas atau ke arah luar di kala cuaca dingin dan kering. Untuk menghadapi perubahan cuaca, gunakan sedikit gel atau NO-MORE-TANGLES® leave-in conditioner pada rambut bayi Anda agar rambutnya lebih mudah diatur. Coba tata rambut bayi Anda dengan cara mengikatnya, misalnya. Anda juga dapat menggunakan kondisioner tanpa bilas.

Perhatikan Simpul Rambut

Rambut tebal dan keriting bisa jadi sangat mudah kusut. Untuklebih mudah menyisir dan mengurai rambut bayi yang kusut, Anda dapat menggunakan sampo 2-in-1 untuk mencuci dan melembapkan rambut bayi dalam satu langkah mudah. Coba JOHNSON’S® baby shampoo & conditioner untuk mengurai rambut yang kusut. Selain itu, ada baiknya agar Anda mencuci rambut ke arah rambut itu jatuh.

Saat ingin lebih mudah mengurai rambut kusut atau saat Anda kesulitan mengatur rambut, gunakan semprotan pengurai rambut kusut seperti JOHNSON'S® NO MORE TANGLES® detangling spray. Semprotan ini dapat digunakan pada rambut basah atau kering, sehingga Anda dapat menggunakannya dan menyisir rambut bayi, meskipun Anda belum mencuci rambutnya. Ini akan membantu Anda mencegah munculnya simpul kusut pada rambut bayi Anda.

Untuk memberikan kelembapan ekstra dan menguraikan kusut pada rambut bayi, coba kondisioner tanpa bilas seperti JOHNSON'S® NO MORE TANGLES® leave-in conditioner. Untuk merawat rambut bayi, sisir mulai dari ujung rambut, lalu pelan-pelan bergerak ke atas pada tiap sisiran hingga kulit kepala.

Lindungi rambut bayi yang panjang di malam hari — jangan biarkan jepit rambut tetap terpasang atau rambut tetap diikat. Untuk rambut yang cukup panjang, ibu bisa mengepang rambutnya sebelum tidur.

Gunakan Hanya Produk Lembut

Rambut bayi dan balita sangat berbeda dengan rambut orang dewasa, dan produk yang diperlukan untuk membuat rambutnya tetap bersih dan sehat juga berbeda. Untuk merawat rambut anak Anda, penting untuk menggunakan produk lembut dengan bahan-bahan ringan yang diformulasikan khusus untuk mereka. Gunakan sampo yang diperkaya dengan kondisioner untuk rambut bayi Anda yang sensitif. 

Berikan pujian pada balita Anda atas penampilannya, dan gunakan semangat positif untuk membiasakannya dengan rutinitas merawat rambut. Dengan perawatan rambut bayi yang tepat, Anda dapat membantu menghilangkan kusut pada rambutnya, sehingga ibu dan si kecil dapat menyisir rambut dengan mudah.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas