Skip to main content

Khasiat Aroma

Seperti halnya sentuhan , aroma memiliki peranan penting dalam pertumbuhan sehat bayi Anda. Perasaan aman, bahagia, dan tenang dari sentuhan Anda dapat diperkuat jika Anda menggunakan produk yang memaksimalkan pengalaman pijat bayi melalui khasiat aroma. 

Aroma yang menyenangkan dan akrab telah terbukti meningkatkan mood, ketenangan, serta kesiagaan bayi, dan aroma ibu dapat membantu mengurangi frekuensi bayi menangis.

Membangun kebiasaan rutin dengan produk-produk yang memiliki aroma tak asing dapat membantu bayi lebih cepat terikat dengan pengalaman tersebut, dan dengan Anda.  

Aroma: Kunci agar Daya Ingat Lebih Baik

Memori yang dipicu oleh aroma akan terasa lebih emosional dan menyenangkan, dibandingkan memori yang diciptakan oleh indra lain. Kemampuan mencium dan asosiasi aroma mulai terbangun sejak usia sangat dini. Untuk lebih beradaptasi dengan dunianya, bayi yang baru lahir menggunakan indra penciuman (lebih dari indranya yang lain) segera setelah dilahirkan. Pada dasarnya, di sinilah ikatan antara Anda dan bayi Anda dimulai—bayi dapat mengenali ibu mereka hanya dari aromanya.

Pada beberapa minggu pertama usianya, otak bayi Anda mulai membuat asosiasi dari emosi yang mereka rasakan dengan aroma yang mereka cium. Aroma menyenangkan, jika dipadu dengan sentuhan penuh kasih dari Anda, dapat menciptakan memori jangka panjang yang akan diingat oleh bayi Anda seumur hidupnya. 

Mengapa Aroma Lebih Memicu Memori Dibandingkan Indra Lainnya

Mengapa aroma wangi lebih dari sekadar bau yang menyenangkan? Kuncinya terletak pada cara kerja otak.

Saat kita melihat atau mendengar sesuatu, sinyalnya dikirim ke talamus, bagian otak yang berfungsi sebagai penjaga gerbang, sebelum sinyal tersebut diproses di dalam otak. Namun saat kita mencium sesuatu, sinyalnya akan ditransfer langsung ke area otak yang bertugas memproses bau, yang disebut bulbus olfaktorius. 

Area pemroses bau ini terhubung melalui jalur olfaktorius ke bagian otak yang bertugas mengontrol emosi kita, yang disebut amigdala, dan memori kita, yang disebut hipokampus dan entorhinal cortex.

Hasilnya, aroma akan membuat wilayah-wilayah ini aktif lebih cepat dan memicu memori yang sarat emosi dibandingkan indra lainnya.  

JOHNSON'S® “Smells Like a Baby!”

Salah satu aroma yang diperkenalkan para orang tua di seluruh dunia untuk bayi mereka adalah aroma dari produk perawatan bayi JOHNSON’S® baby.

Formula JOHNSON’S® baby dapat membantu menciptakan memori lintas generasi baik, untuk orang tua serta bayi mereka.


Dari mana aroma JOHNSON’S® baby berasal?

Givaudan adalah pusat aroma di dunia dan berperan besar dalam menciptakan sebagian aroma dari produk perawatan bayi JOHNSON’S® baby yang paling ikonik, seperti 

  • Amerika Utara: Baby Lotion, Gold Shampoo
  • Amerika Latin: Baby Lotion, Gold Shampoo, HEAD-TO-TOE®
  • Asia Pasifik (kecuali Eropa, Timur Tengah dan Afrika): Baby Lotion, Gold Shampoo
  • Eropa, Timur tengah dan Afrika: HEAD-TO-TOE®

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas