Skip to main content

Memijat bayi Anda secara rutin merupakan salah satu cara untuk memberikan sesuatu yang lebih untuknya. Lebih banyak waktu untuk membangun ikatan dengannya. Lebih banyak stimulasi sensorik. Perkembangan bayi yang lebih sehat. 

Salah satu faktor paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan penuh kasih dari ibu. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yng krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil. 

Sentuhan: Bahasa Pertama Kita 

Dalam banyak hal, sentuhan menjadi bahasa pertama kita. Sentuhan lembut dan penuh kasih dapat membantu bayi kecil untuk tumbuh lebih kuat dan tanpa rasa cemas. Bayi yang disentuh secara rutin melakukan kontak mata 50% lebih banyak dan menunjukkan ekspresi positif tiga kali lebih banyak, dibandingkan bayi lainnya. 

Banyak rumah sakit dan pusat persalinan menyarankan untuk meletakkan bayi yang baru lahir di dada atau perut ibu mereka, untuk memberikan sebanyak mungkin kontak dari-kulit-ke-kulit demi perkembangan bayi. Kontak langsung antara Anda dan bayi dapat membantu menenangkan pernapasan bayi (ini alasan lain untuk memberikan pelukan pasca mandi) dan membantu Anda lebih dekat secara emosional, proses yang disebut membangun ikatan atau hubungan. 

Membangun Ikatan dan Manfaat Lain dari Pijat Bayi

Memijat adalah cara yang menyenangkan untuk membantu mempererat ikatan ibu dan si kecil. Ini merupakan kunci untuk perkembangan bayi. Banyak peneliti dan ahli klinis percaya bahwa ikatan positif antara ibu dan anak dapat membantu anak dalam membentuk pondasi untuk hubungannya di masa mendatang.

Selain membantu Anda dan bayi menjadi lebih dekat, pijat bayi rutin juga dapat:

  • Menenangkan serta mengurangi frekuensi menangis pada bayi
  • Memperlancar pencernaan, serta mengurangi sakit perut, gas dan sembelit
  • Menambah berat badan harian
  •  Membantu bayi lebih mudah beradaptasi dengan tidur malam, dan membantunya tidur lebih nyenyak
  • Meredakan sesak napas dan rasa tak nyaman pada saat tumbuh gigi
  • Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan ototnya dengan baik.
  • Meningkatkan kesadaraan tubuhnya
  • Meningkatkan sistem kekebalan
  • Menjadikan tekstur kulitnya lebih baik
  • Membantu Anda dan bayi Anda merasa tenang dan rileks
  • Meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam memegang bayi Anda

Fakta tentang Bayi!

Selain kontak dari-kulit-ke-kulit, penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kewaspadaan, dan konsentrasi pada anak. Namun sayangnya, berdasarkan JOHNSON’S® Global Bath Time Report, hanya 23% dari orang tua di seluruh dunia percaya bahwa pijatan sangat penting bagi pertumbuhan otak anak mereka!

Sentuhan Anda berkontribusi pada ikatan emosional pertama dengan bayi Anda. Kontak ini membantu membangun pondasi bagi perkembangan emosional dan intelektualnya di masa mendatang. Jadi, lain kali saat ibu memijat bayi setelah ia mandi, ketahuilah bahwa bentuk ungkapan kasih sayang ini memiliki manfaat lebih bagi pertumbuhannya dan dapat memberikan dampak positif untuk jangka panjang.

Sejarah Pijatan

  • Terapi pijatan adalah salah satu bentuk pengobatan tertua, terbukti dari penggunaannya di Cina, India, dan Mesir lebih dari 2000 tahun yang lalu
  • Hippokrates mendefinisikan obat sebagai “seni mengusap” pada 400 SM
  • Menurunnya penggunakan terapi pijat dalam pengobatan barat dipicu oleh adanya revolusi farmasi di tahun 1940-an

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas