Skip to main content

Eksem & Kulit Kering

Eksem atau dermatitis atopik, adalah masalah peradangan kronis yang terjadi pada hampir 20 persen bayi. Eksem sering terlihat pada bayi dengan riwayat keluarga yang menderita eksem, asma atau alergi rhinitis. Hal ini biasanya diawali dengan periode radang, lalu diikuti oleh periode tanpa atau sedikit gejala. Pada bayi, eksem sering muncul sebagai ruam merah, iritasi, dan gatal pada wajah dan kulit kepala. Dalam beberapa kasus, makanan tertentu (seperti susu sapi, telur, gandum atau jeruk) dapat memicu radang pada kulit bayi.

Eksem atau dermatitis atopik, sering terlihat pada bayi dengan riwayat keluarga yang menderita eksem, asma atau alergi rhinitis. Hal ini biasanya diawali dengan periode radang, lalu diikuti oleh periode tanpa atau sedikit gejala. Pada bayi, eksem sering muncul sebagai ruam merah, iritasi, dan gatal pada wajah dan kulit kepala. Dalam beberapa kasus, makanan tertentu (seperti susu sapi, telur, gandum atau jeruk) dapat memicu radang pada kulit bayi.

Pada bayi, eksem sering muncul sebagai ruam pada tangan, wajah, leher, bagian dalam siku dan belakang lutut, tetapi dapat menyebar ke daerah lain. Ruam eksem dikaitkan dengan rasa gatal yang hebat (pruritik).  Jika masalah ini terus berlanjut atau bertambah parah, ibu harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah masalah kulit bayi Anda termasuk eksem klinis (dermatitis atopik) ataukah sekadar kulit kering. Anda juga dapat mencari tahu cara terbaik untuk mengobati dan merawat kulit bayi Anda. Berikut ini beberapa cara merawat kulit bayi yang terkenan eksem, serta kulit yang sangat kering atau sensitif:

  • Hindari hal-hal yang Anda perkirakan dapat menyebabkan gatal-gatal, seperti debu, rumput, gulma, pakaian wol, sabun, detergen, pelembut kain, dan parfum tertentu. Catat hal-hal tersebut di buku untuk membantu Anda menentukan penyebab pastinya
  • Mandikan bayi Anda sebentar—cukup 5-10 menit—dalam air yang hangat, bukan panas
  • Gunakan pembersih kulit ringan atau sampo khusus bayi untuk kulit sensitif. Berikan perhatian ekstra saat membersihkan bagian yang sering terpapar udara terbuka
  • Keringkan kulit bayi setelah mandi dengan menepuk-nepuk dengan handuk lembut, lalu segera berikan pelembap. Jangan menggosok kulit si kecil
  • Lebih seringlah memberikan pelembap pada kulitnya dalam keseharian, terutama setelah mandi
  • Gunakan krim pelembap, ratakan ke kulit dengan usapan ke bawah

Meskipun eksem dapat menjadi masaiah yang menjengkelkan, terutama selama masa radang, dengan mengikuti kiat-kiat ini, Anda dapat merawat kulit bayi dengan lebih baik, serta membantu membuat bayi Anda lebih nyaman.  

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas