Skip to main content

Pada persalinan dengan metode caesar, biasanya tanggal sudah dijadwalkan sehingga rasa kuatir biasanya tidak terlalu membebani pikiran. Tetapi bagi Bunda yang menginginkan persalinan normal, kita tidak pernah bisa mengetahui kapan tepatnya proses persalinan dimulai. Oleh karena itu Bunda perlu mengenali ciri-ciri atau tanda persalinan, supaya dapat mempersiapkan diri dan mental.

Berikut adalah 4 ciri-ciri dimulainya proses persalinan adalah:

  • Kontraksi yang makin sering. Salah satu tanda melahirkan adalah terjadinya kontraksi yang lebih kuat dan lebih sering, dan dalam interval yang teratur. Namun Bunda perlu juga mengenali kontraksi Braxton Hicks yang juga sering dikenal sebagai kontraksi palsu. Kenapa disebut palsu? Karena pada kontraksi braxton hicks, kontraksi yang terjadi bisa cukup kuat sehingga menimbulkan rasa nyeri, tapi biasanya akan hilang setelah beberapa menit dan intervalnya juga tidak teratur. Ini yang membedakannya dengan kontraksi persalinan yang sebenarnya.
  • Air ketuban pecah. Ini adalah salah satu tanda yang pasti, karena walaupun kontraksi belum cukup kuat, persalinan harus terjadi dalam waktu 24 jam setelah air ketuban pecah. Namun setelah air ketuban pecah, biasanya akan diikuti oleh proses kontraksi. Yang penting, setelah air ketuban pecah, Bunda harus segera ke rumah sakit atau ke dokter atau bidan untuk mempersiapkan proses persalinan.
  • Keluarnya lendir kental bercampur darah (bloody show). Pada saat menjelang persalinan, mulut rahim (serviks) akan melebar dan meregang, mempersiapkan diri untuk proses persalinan. Pada saat proses ini berlangsung, ada plug berupa lendir yang akan keluar dari vagina dan biasanya lendir tersebut bercampur darah.
  • Lightening. Ini adalah kondisi dimana kepala bayi sudah memasuki ruang panggul ibu. Disebut lightening karena bayi “turun” memasuki rongga panggul Bunda, sehingga tekanan ke daerah perut dan dada ibu akan terasa lebih ringan (lightening). Kondisi ini dapat terjadi beberapa minggu sebelum proses persalinan mulai. Sehingga ini bukanlah tanda persalinan yang sifatnya urgent, tapi bisa digunakan sebagai salah satu acuan untuk mulai mempersiapkan diri untuk melahirkan nanti.

Bunda perlu mengenali dan memahami ciri-ciri atau tanda melahirkan, supaya dapat mempersiapkan diri. Jika tanda-tanda persalinan di atas mulai muncul, maka Bunda boleh mempersiapkan barang yang akan dibawa ke rumah sakit, seperti: pakaian, peralatan mandi, makanan ringan, dan barang-barang lain yang dapat membuat proses persalinan senyaman mungkin.

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan bayi terutama untuk perawatan saat ia lahir nanti. Untuk kulit bayi saat baru lahir yang sensitif, Bunda disarankan untuk memandikannya dengan rangkaian sabun yang sesuai untuk kulit sensitifnya, seperti Johnson’s Sensitive Touch.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas