Skip to main content

Title

Tips Mudik Aman Bersama si Kecil di Dalam Kandungan

tips-mudik-aman-bersama-si-kecil-di-dalam-kandungan.png

Pekan libur lebaran sesaat lagi tiba. Orang-orang pun kini mulai sibuk bersiap mudik agar di Hari Raya nanti bisa berkumpul bersama sanak saudara dan keluarga tercinta. Ya, tiap tahunnya, mudik memang sudah jadi tradisi tersendiri yang sulit dipisahkan dari Hari Raya. Apa kini Ibu sekeluarga juga tengah bersiap mudik? Bila iya, yuk simak tips berikut agar perjalanan Ibu aman dan nyaman sehingga perkembangan janin dalam kandungan tak terganggu:

  1. Konsultasikan Terlebih Dulu pada Dokter Kandungan

Mengingat kini Ibu tengah hamil, berkonsultasi pada dokter kandungan adalah persiapan penting yang tak boleh Ibu lewatkan sebelum mudik.

Sebelum berkonsultasi pada dokter, ada baiknya Ibu melakukan riset kecil untuk mencari tahu beberapa info penting, seperti berapa jauh jarak yang akan ditempuh, bagaimana kondisi lalu lintas selama perjalanan, serta di titik mana saja posko kesehatan tersebar. Saat berkonsultasi, jangan lupa berikan info tersebut pada dokter. Meski terkesan sederhana, info ini dapat membantu dokter kandungan untuk memberikan saran dan masukan yang tepat pada Ibu selama di perjalanan agar mudik tak mengganggu perkembangan janin dalam kandungan Ibu. 

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kemacetan terjadi di banyak titik selama arus mudik dan arus balik. Hal ini mengakibatkan waktu tempuh dari lokasi yang satu ke lokasi lainnya jadi semakin lama. Oleh karenanya, demi kenyamanan Ibu selama di perjalanan, jangan lupa kenakan baju yang bisa membuat Ibu nyaman.

Seperti halnya baju kehamilan, pakaian yang Ibu kenakan saat mudik idealnya terbuat dari bahan yang lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik. Di samping itu, jangan lupa pilihlah ukuran yang tidak terlalu pas dengan badan Ibu, sehingga Ibu tak cepat merasa gerah.  

  1. Perhatikan Asupan Makanan

Membawa bekal juga jadi tips berikutnya yang perlu Ibu lakukan di momen mudik kali ini, terutama bila Ibu mudik menggunakan mobil. Biasanya, di tengah perjalanan, Ibu akan merasa lapar. Ketimbang membeli, akan lebih baik bila Ibu membuat sendiri bekal mudik Ibu. Dengan kebersihan dan kualitas bahan dasar yang terjamin, bekal mudik Ibu akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Ibu dan janin, sehingga tumbuh kembang janin dalam kandungan lebih optimal.

  1. Istirahat Setiap Dua Jam Sekali

Duduk di posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama rentan membuat tubuh Ibu pegal. Karenanya, bila kali ini Ibu mudik lewat jalur darat, usahakan beristirahat setidaknya tiap dua jam sekali untuk melakukan peregangan.

Turunlah dari mobil, kemudian lakukan gerakan peregangan sederhana selama kurang lebih 10-20 menit agar aliran darah kembali lancar dan tubuh kembali segar. Demi keamanan, Ibu disarankan melakukan tips ini rest area resmi atau SPBU besar.

  1. Lebih Awal, Lebih Baik

Sebagai bentuk persiapan untuk melahirkan, Ibu tentu sudah menyediakan berbagai perlengkapan seperti JOHNSON’S® baby starter kit untuk menyambut kehadiran si Kecil. Semua ini memang disarankan disiapkan lebih awal agar perawatan si Kecil bisa dilakukan lebih maksimal sejak dini. Nah... persiapan lebih awal ini juga bisa diterapkan saat Ibu hendak pulang kampung. Ibu bisa berangkat mudik lebih awal agar tak terjebak kemacetan terlalu lama. Dengan kondisi jalan yang lebih lancar, Ibu bisa lebih menikmati perjalanan sehingga suasana hati Ibu tetap terjaga. Lagi-lagi, hal ini dapat menguntungkan janin dalam kandungan. Sebab, penelitian mengungkapkan bahwa mood yang stabil saat hamil akan diikuti oleh stabilnya kadar hormon di tubuh Ibu, yang dapat memengaruhi  pembentukan karakter positif pada si Kecil.

Nah, itulah lima tips yang bisa Ibu terapkan agar perjalanan mudik terasa menyenangkan dan tidak mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Selamat berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman, Bu!

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas