Skip to main content

3-Step Routine

Experience

Scroll ke bawah untuk mulai

WAKTU MANDI

  • GESTUR MEMANDIKAN SI KECIL

    Perlahan masukkan si Kecil ke dalam bak mandi dengan menggunakan satu tangan Ibu untuk menopang kepala dan tubuh si Kecil, sementara tangan lain untuk menyangga tubuh bagian bawah.

  • MEMBERSIHKAN WAJAH

    Pertama, bersihkan dulu area sekitar mata si Kecil dengan menggunakan waslap yang telah dibasahi air tanpa sabun mulai dari sudut dalam mata menuju keluar. Lanjutkan pada area mulut, hidung, dan seluruh wajah secara lembut. Tak lupa, usap juga bagian belakang telinganya ya, Bu.

  • MEMBERSIHKAN TUBUH

    Basuh tubuh si Kecil dengan air mulai dari bagian kepala, dilanjutkan ke tubuh, alat kelamin, dan terakhir pantat. Lalu, usap tubuhnya dengan kain yang sudah dilumuri JOHNSON’S® bedtime baby bath pada seluruh badan, dan gunakan kain yang berbeda pada bagian alat kelamin untuk menghindari adanya penyebaran kuman.

  • MEMBILAS DAN MENGERINGKAN

    Bilas hingga bersih tubuh si Kecil, terutama pada bagian lipatan kulit untuk menghindari adanya iritasi. Setelah itu keringkan tubuh si Kecil dengan cara menepuk-nepuk secara lembut menggunakan handuk kering dan pastikan bagian lipatan tubuhnya juga benar-benar kering ya, Bu.

WAKTU PIJAT

Sebelum memakaikan pakaian pada si Kecil, baringkan tubuhnya pada tempat tidur yang nyaman dan aman. Lalu, balurkan tangan Ibu dengan JOHNSON’S® bedtimeTM baby lotion dan pijatlah bagian-bagian tubuhnya untuk membuat ia merasa aman, dicintai, dan siap untuk tidur.

  • BAGIAN KAKI

    Pijatlah kedua kaki si Kecil dengan mengusap jari kaki hingga ke pinggulnya. Kemudian, gerakkan kedua kaki dan lutut si Kecil dengan gerakan memutar searah jarum jam dan sebaliknya untuk melemaskan pinggulnya sebanyak tiga kali.

  • BAGIAN PERUT

    Lanjutkan memijat bagian perut si Kecil dengan gerakan seperti

    • Pertama, urut bagian bawah iga kiri menuju ke bawah (seperti huruf I) dan ulangi pada sisi kanan si Kecil.
    • Kedua, urut membentuk huruf L terbalik mulai dari bagian perut kiri ke kanan kemudian ke bawah dan ulangi arah sebaliknya.
    • Ketiga, urut bagian bawah kiri perut si Kecil ke atas dan melengkung kembali ke bagian bawah kanan perut (seperti huruf U terbalik). Lakukan masing-masing gerakan tersebut sebanyak tiga kali.
  • BAGIAN TANGAN DAN LENGAN

    Setelah selesai memijat perut si Kecil, lanjutkan pada bagian lengan dimulai dari pangkal lengan ke arah pergelangan tangan dan kembali lagi ke pangkal lengan. Kemudian, urut lembut jari-jari si Kecil.

  • BAGIAN KEPALA

    Jika sudah, angkat perlahan belakang kepala si Kecil dengan kedua tangan Ibu dan usap-usap kulit kepalanya dengan lembut. Lalu, pijat bagian daun telingannya dan usap kedua alis mata si Kecil, dilanjutkan dengan mengelus kedua kelopak matanya yang tertutup. Terakhir, pijat dagu si Kecil dengan membuat gerakan melingkar.

  • BAGIAN BELAKANG

    Setelah selesai, kini tengkurapkan tubuh si Kecil dan mulailah memijat punggungnya. Urut bagian punggungnya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil di sepanjang tulang belakang hingga ke bagian pantatnya, kemudian kembali lagi ke atas.

WAKTU TENANG

  • SUASANA RUANGAN

    Bawa si Kecil ke kamar dan ciptakan suasana yang nyaman. Hal ini bisa Ibu lakukan dengan mengatur suhu ruangan, serta meredupkan penerangan dalam ruangan, misalnya dengan mengganti lampu utama dengan lampu tidur bercahaya temaram.

  • NYALAKAN MUSIK

    Timang si Kecil dengan perlahan, kemudian nyalakan musik pengantar tidur atau bersenandunglah untuknya. Lakukan hal ini sambil mengusap lembut area punggung, lengan, atau kepala si Kecil agar ia merasa tenang.

  • WAKTUNYA TIDUR

    Biarkan si Kecil menikmati alunan nada pengantar tidur hingga matanya benar-benar terpejam. Setelah si Kecil benar-benar terlelap, baringkan ia ke ranjang secara perlahan.

Kembali ke Atas