Skip to main content

Tidur Balita

Membuat balita Anda tidur nyenyak sering kali menjadi sebuah tantangan bagi ibu. Untuk memastikan ia memiliki pola tidur balita yang cukup untuk perkembangan anak yang sehat dan bahagia nantinya, disiplinlah dengan rutinitas waktu tidur yang memudahkannya untuk tidur dan juga mempererat ikatan antara ibu dan bayi. 

Saat balita Anda mulai semakin mandiri dan melakukan banyak hal sendiri, sangat mungkin Anda akan berpikir bahwa ia telah "melewati masa bayi." Tetapi harus diingat bahwa ia masih memiliki kebutuhan yang sama seperti saat ia masih bayi. Ia masih membutuhkan banyak perhatian, banyak pelukan, dan banyak tidur. Bicara soal pola tidur balita, bahkan balita membutuhkan 12 sampai 14 jam total waktu tidur, biasanya 11 sampai 12 jam di malam hari dan 1 sampai 3 jam lagi di siang hari.

Waktu Tidur dan Balita Anda

Walaupun kebanyakan balita telah belajar untuk tidur sepanjang malam, perubahan dan peristiwa-peristiwa yang dapat memicu stres seperti memindahkannya dari ranjang bayi ke tempat tidur di usia yang terlalu muda, melakukan perjalanan, atau kondisi sakit dapat menyebabkan pola tidur balita berantakan untuk sementara. 

Untuk memastikan bahwa balita Anda mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup, ikuti beberapa tips waktu tidur berikut ini:

  • Tetapkan jadwal tidur yang teratur untuk tidur siang dan tidur malam (hindari waktu tidur siang yang terlalu sore)
  • Buatlah rutinitas di malam hari selama 20 sampai 45 menit untuk membantu menenangkan dan membuatnya rileks
  • Sediakan suasana menenangkan yang gelap, sejuk, dan senyap
  • Meskipun masih terbangun, sebaiknya balita Anda sudah dalam kondisi mengantuk saat diajak tidur
  • Jadikan aktivitas malam hari yang jadi favoritnya sebagai kegiatan yang dilakukan terakhir

Ciptakan Rutinitas di Malam Hari 

Rutinitas sebelum tidur akan membantu balita Anda mengantuk, sekaligus memberikan sinyal padanya bahwa sekarang waktunya untuk rileks dan bersiap-siap untuk tidur. Pastikan bahwa Anda tetap konsisten dan mengikuti pola yang sama setiap malamnya. Balita Anda akan merasa lebih santai jika ia tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya. Demi perkembangan anak yang sehat dan bahagia nantinya, pastikan juga rutinitas waktu tidurnya selalu menuju ke tempat yang sama—tempat tidur.

Ciptakan Rutinitas di Malam Hari

Bahkan pada usia sekecil ini, rutinitas malam hari akan membantu bayi Anda belajar bahwa malam adalah saatnya tidur. Cobalah JOHNSON’S® 3-Step Routine yang meliputi:

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas