Skip to main content

Tidur Bayi

Salah satu perkembangan bayi 3 bulan adalah si kecil akan mulai tidur lebih lama di malam hari begitu memasuki usia barunya ini. Walaupun begitu, penting bagi Anda untuk terus melanjutkan rutinitas malam hari untuk si kecil, bukan sekadar agar bayi Anda dapat terus tidur dengan nyenyak, tetapi karena waktu mandi, memijat, dan memeluk juga memiliki manfaat lebih pada bayi sehat Anda.

Ritme tidur mulai berkembang kira-kira di usia 6 minggu. Sesuai tahap tumbuh kembangnya saat ini, kebanyakan bayi sudah menguasai siklus tidur-bangun yang teratur pada usia tiga sampai enam bulan. Ketika bayi Anda mulai mengerti perbedaan malam dan siang, itulah saat yang tepat untuk membantu menyempurnakan rutinitas waktu tidur yang baik untuk perkembangan bayi Anda.

Ajari Bayi Anda untuk Menenangkan Dirinya Sendiri

Demi bayi sehat Anda, hal paling penting agar bayi Anda bisa tidur nyenyak sepanjang malam adalah dengan mengajarinya untuk menenangkan dirinya sendiri agar bisa tertidur. Ajak ia untuk tidur mulai mengantuk. Bayi harus dapat tidur secara mandiri, jadi mereka dapat menenangkan diri sendiri saat terbangun di tengah malam.

Berapa lama sebaiknya bayi saya tidur?

Setelah tiga bulan, bayi akan tidur selama 13 sampai 15 jam sehari. Tetapi perlu disadari bahwa setiap bayi itu berbeda, ada yang memerlukan lebih banyak atau lebih sedikit tidur. 

Berapa lama sebaiknya bayi saya tidur siang?

Bayi Anda juga membutuhkan tidur siang mulai dari dua sampai empat kali sehari. Mengurangi tidur siangnya tidak akan membantunya lebih nyenyak di malam hari — hal tersebut malah akan membuat bayi terlalu lelah dan menurunkan kualitas tidur malamnya — tetapi hindari tidur siang yang terlalu dekat dengan waktu tidur.

Yang Harus DihindariPastikan bahwa rutinitas malam hari bayi Anda tidak terlalu lama atau terlalu merepotkan untuk dipatuhi. Hindari membuai atau memberi makan bayi Anda agar ia tertidur, karena nantinya Anda harus melakukan hal ini lagi saat bayi Anda terbangun di malam hari! Letakkan bayi Anda di tempat tidur saat ia masih bangun tetapi sudah mulai mengantuk, dan bergantianlah melakukan hal tersebut dengan pasangan Anda.

Perubahan Pola Tidur

Menariknya, perkembangan bayi secara fisik dapat mengubah pola tidurnya. Banyak peristiwa penting yang menandai perkembangan, seperti berguling dan berusaha berdiri, dapat mengacaukan pola tidur bayi Anda untuk sementara waktu. Jangan berkecil hati jika bayi Anda, yang tadinya tidur sepanjang malam, untuk sementara terbangun di malam hari. Tetap jalani rutinitas Anda untuk membantu bayi kembali ke pola tidur yang teratur.

Ciptakan Rutinitas di Malam Hari

Bahkan pada usia sekecil ini, rutinitas malam hari akan membantu bayi Anda belajar bahwa malam adalah saatnya tidur. Cobalah JOHNSON’S® 3-Step Routine yang meliputi:

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas