Skip to main content
header-aktivitas-menarik-untuk-asah-kemampuan-sensorik-si-kecil.png

Mengingat usianya memasuki bulan keenam, si Kecil tentu makin aktif dan tak lagi terus tertidur di siang hari. Karenanya, selain lewat kontak mata, suara, dan skin to skin contact saat membalurkan bedak bayi, stimulasi pada si Kecil  bisa Ibu lakukan dengan lebih variatif. Salah satunya yaitu lewat kegiatan perangsang kemampuan sensorik.

Intip yuk, Bu, inspirasi aktivitas sederhana yang bisa dicoba untuk mengasah kemampuan sensorik buah hati berikut ini:

  1. Mencari Harta Karun di Tumpukan Mie Warna-warni

Aktivitas seru untuk mengasah kemampuan sensorik si Kecil ini terbilang praktis karena bisa dipersiapkan dalam waktu singkat. Berikut beberapa hal yang Ibu perlukan.

Bahan:

- 1 buah ember plastik berukuran sedang.

- 4 mangkuk mie aneka warna (warna bisa Ibu dapatkan dengan memberi sedikit pewarna alami makanan ke mie yang telah direbus sebelumnya). Warna hijau bisa Ibu dapatkan dari daun suji, merah dari jus stroberi, dan kuning dari wortel. Tak hanya membuat mie jadi terlihat menarik, bahan pewarna alami ini mengandung vitamin untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

- bola-bola kecil berwarna putih (seukuran bola pingpong) atau boleh juga benda-benda lain yang dekat dengan keseharian si Kecil seperti teether dan botol bedak bayi atau baby cologne yang sudah tak terpakai.

Cara menyiapkannya:

- Masukkan empat mangkuk mie aneka warna ke ember, aduk hingga mie tercampur antara warna yang satu dan yang lainnya.

- Sembunyikan “harta karun” berupa bola-bola plastik, teether, dan botol bekas bedak khusus bayi ke dalam mie.

Jika sudah, langkah berikutnya yaitu ajaklah si Kecil bermain permainan mencari harta karun dalam tumpukan mie. Saat tangan si Kecil mulai menjelajah masuk ke ember untuk mencari “harta karun”, di situlah stimulasi sensorik mulai terjadi. Sebab, anak akan belajar menggunakan indra perabanya untuk membedakan tekstur mie dan “harta karun” yang dicarinya. Tak hanya itu, permainan ini juga merangsang dua indra lainnya.  Perbedaan warna antara mie, bola-bola kecil, botol bekas bedak bayi pilihan Ibu, dan benda-benda lain yang ia temui dalam ember menstimulasi mata si Kecil, sementara mie warna-warni menstimulasi lidahnya lewat rasa yang beraneka ragam.

  1. Ajak Si Kecil Melukis dengan Cat Warna Buatan Ibu

Aktivitas lain yang tak kalah seru yakni mengajak si Kecil melukis dengan cat buatan Ibu. Mengingat di usianya kini si Kecil sering memasukkan tangannya ke mulut secara refleks, cat warna yang digunakan haruslah tidak membahayakan dan aman jika tertelan. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

- 2 cangkir tepung jagung.

- 1 cangkir air dingin.

- 4 ½ cangkir air, didihkan.

- pewarna alami makanan. Seperti di poin sebelumnya, warna-warna yang Ibu gunakan bisa berasal dari sayuran atau buah-buahan segar.

-beberapa mangkuk untuk wadah cat.

Cara Membuat:

  • Campurkan dua cangkir tepung jagung dan satu cangkir air dingin, aduk hingga rata
  • Tuangkan campuran tadi ke dalam 4 ½ cangkir air mendidih, aduk hingga larut dan bertekstur seperti bubur.
  • Pisahkan menjadi beberapa bagian untuk kemudian diberi pewarna alami makanan.

Jika sudah, Ibu bisa mengambil kertas gambar dan mengajak si Kecil berkreasi membuat jiplakan tangan atau  kaki menggunakan cat warna buatan Ibu sendiri. Sama seperti aktivitas sebelumnya, hal ini juga merangsang kemampuan sensorik bayi dengan memperkenalkannya pada tekstur.

Sebagai Ibu, kreativitas memang Anda perlukan untuk mengasah kemampuan dan kecerdasan si Kecil. Namun, jangan lupa perhatikan pula kesehatan kulitnya. Sebab, semakin aktif ia bermain, kulitnya akan lebih mudah berkeringat sehingga risiko tumbuhnya biang keringat semakin besar. Agar hal ini tak mengganggu kenyamanan si Kecil, aplikasikan JOHNSON’S® blossoms baby powder setiap hari setelah ia mandi, Bu.  

Dengan wangi bunga segar yang keharumannya tahan lama, JOHNSON’S® blossoms baby powder membantu Ibu menjaga kelembutan kulit si Kecil serta menstimulasi kemampuan sensorik indra penciumannya. Di samping itu, bedak bayi ini juga membantu menjaga kesegaran kulit si Kecil.

Ternyata memaksimalkan kecerdasan si Kecil bisa dilakukan lewat banyak cara ya, Bu.

Kembali ke Atas