Skip to main content

Title

5 Permainan untuk si Kecil di Pesawat

5-permainan-untuk-si-kecil-di-pesawat.png

Bepergian bersama si Kecil menggunakan pesawat bisa jadi tantangan tersendiri ya, Bu, terlebih untuk perjalanan yang jauh dan lama. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat si Kecil rewel, sehingga mengganggu ketenangan Ibu dan Ayah, serta penumpang lain. Langkah awal untuk menyiasatinya, Ibu perlu memastikan si Kecil merasa nyaman secara fisik, misalnya dengan memakaikannya pakaian berbahan katun dan menjaga kelembapan kulitnya dengan bedak bayi. Selain itu, Ibu juga perlu menjaga mood si Kecil agar tidak bosan selama perjalanan. Berikut beberapa mainan sederhana yang bisa dibawa untuk mencegah si Kecil rewel ketika di pesawat:

  1. Buku Cerita

Buku cerita yang berisi dongeng-dongeng menarik dengan berbagai gambar warna-warni bisa jadi sarana bermain edukatif untuk si Kecil. Untuk mengisi waktu, Ibu bisa menceritakan dongeng sambil berpura-pura menjadi tokoh atau karakter yang ada dalam buku. Supaya lebih menarik, sesi membacakan buku cerita ini bisa dibuat lebih interaktif, misalnya dengan menanyakan nama tokoh atau meminta si Kecil menceritakan kembali apa yang sudah Ibu bacakan.

  1. Lilin Mainan/Playdough

Lilin mainan atau playdough berbagai warna, juga bisa Ibu bawa dalam perjalanan. Ketika si Kecil mulai rewel, Ibu bisa mengalihkan perhatiannya dengan mempraktikkan cara membentuk mainan favorit dari lilin. Dengan begitu, ia pun dapat tergerak untuk meniru Ibu dan mulai sibuk berkreasi menggunakan lilin mainan tersebut.

  1. Buku Mewarnai dan Krayon

Selain membawa berbagai keperluan si Kecil seperti pakaian dan bedak bayi, Ibu juga bisa menyelipkan buku mewarnai dan krayonnya, lho. Sama halnya saat memilih bedak untuk anak, pastikan krayon tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga aman untuk dimainkan si Kecil, ya.

Aktivitas ini bisa menjaga si Kecil tetap tenang selama perjalanan udara, karena perhatiannya akan terfokus untuk mewarnai gambar. Pilih buku dengan gambar kartun atau mainan favoritnya, supaya ia lebih tertarik untuk mewarnai. Ibu juga bisa aktif menemani sambil bermain peran menjadi objek yang sedang digambarnya, misalnya dengan berpura-pura menjadi mobil atau kupu-kupu lucu untuk si Kecil.

  1. Puzzle

Untuk menjaga mood si Kecil saat berada di pesawat, membawa puzzle juga bisa jadi pilihan, Bu. Baiknya lagi, bermain puzzle juga bisa melatih kemampuan kognitif dan motorik halusnya. Supaya si Kecil tidak merasa kesulitan saat bermain, pilih puzzle yang memang diperuntukkan bagi anak usia 1-3 tahun, yaitu puzzle yang terdiri dari 6-10 bagian. Sama seperti buku mewarnai, sebaiknya pilih puzzle dengan gambar tokoh kartun kesukaan si Kecil supaya ia lebih tertarik untuk memainkannya.

Tak hanya mengawasinya, Ibu juga bisa ikut bermain bersama dan membantunya saat ia mengalami kesulitan. Hal ini bisa membangun kedekatan emosional yang lebih baik antara Ibu atau Ayah dengan si Kecil.

  1. Stiker

Menempel dan mencabut stiker merupakan salah satu kegiatan lain yang bisa Ibu coba untuk mengalihkan perhatian si Kecil. Selain baik untuk melatih motorik halusnya, stiker juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah si Kecil merasa bosan selama perjalanan udara. Stiker dengan beragam jenis gambar seperti hewan atau buah-buahan aneka warna, bisa menjadi pilihan. Dengan begitu, Ibu bisa sekaligus mengajarkan si Kecil hal baru sembari bermain stiker bersamanya.  

Dengan mengetahui cara menjaga mood si Kecil, perjalanan Ibu bersama si Kecil pun bisa lebih menyenangkan. Agar segala aktivitas selama bepergian juga makin nyaman, jangan sampai melupakan cara merawat kulit bayi, ya. Pastikan Ibu membawa berbagai produk perawatan bayi seperti sabun, shampoo, bedak bayi.

Untuk menjaga kelembutan kulitnya, Ibu bisa memilih JOHNSON’s milk + rice baby powder. Bedak untuk bayi ini mengandung protein susu murni dan nutrien beras, serta vitamin A dan vitamin E yang dapat membantu memelihara kulit si Kecil agar tetap halus, lembut, dan cerah.

Kembali ke Atas