Skip to main content

Title

Manfaat Pijat Bayi Sebelum Tidur

manfaat-pijat-bayi-sebelum-tidur.png

Untuk membantu bayi mendapatkan tidur berkualitas, para ahli menyarankan Ibu untuk memijat tubuh si Kecil setiap malam sebelum tidur.  Sebab, memijat tubuh bayi memiliki empat manfaat penting. Berikut selengkapnya:

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan Bayi

Tahukah, Bu? Rasa tidak nyaman pada area perut sering kali jadi alasan si Kecil sulit tidur nyenyak. Tapi, hal ini bisa Ibu minimalisir dengan memberikan pijatan lembut pada perut bayi sebelum ia tidur. Caranya mudah, Ibu hanya perlu menekan lembut perut si Kecil sebanyak enam kali dengan telapak tangan Ibu. Supaya pijatan ini bisa membantu mendorong kotoran di usus si Kecil lebih optimal dan membuat pencernaan bayi lebih lancar, Ibu disarankan memijat si Kecil dengan gerakan berikut

  1. Melancarkan Distribusi Oksigen di Tubuh Bayi

Memijat si Kecil sebelum tidur juga membantu memperlancar sirkulasi darah di tubuhnya, sehingga oksigen bisa terdistribusi ke seluruh area tubuh bayi, termasuk otak. Dengan suplai oksigen yang baik, perkembangan saraf dan organ-organ si Kecil pun bisa berjalan lebih cepat dan optimal, Bu.

  1. Mengurangi Rasa Pegal

Terbaring di kasur atau berada dalam gendongan Ibu terlalu lama bisa membuat tubuh si Kecil pegal sehingga tidurnya jadi kurang berkualitas. Memberinya pijatan di area punggung, dada, kaki, dan tangan bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat rasa pegal ini, Bu. Selain itu, skin-to-skin contact dan kehangatan tangan Ibu saat memijat juga membantu menurunkan kadar hormon stres pada tubuh bayi. Si Kecil pun jadi lebih rileks di malam hari sehingga tidurnya bisa lebih lelap.

  1. Membangun Kedekatan Emosional

Rini Hildayani, seorang pakar psikologi anak dari Universitas Indonesia mengungkapkan bahwa kedekatan emosional Ibu dan si Kecil bisa dibangun dengan pengalaman positif yang dilakukan bersama. Salah satunya yaitu rutinitas memijat tubuh bayi sebelum tidur. Saat Ibu memijat tubuh si Kecil, sensasi hangat dari tangan Ibu akan memberikan rasa aman dan nyaman pada bayi. Momen menyenangkan ini secara tidak langsung akan masuk ke memori si Kecil dan membuat ia mengingat waktu tidur sebagai waktu yang menyenangkan. Dengan begini, kedekatan emosional antara Ibu dan si Kecil juga akan tercipta, Bu.

Dengan beragam manfaat yang dimilikinya, memijat jadi rutinitas yang disarankan dilakukan secara teratur, setidaknya selama 20 menit setiap malam. Supaya gerakan tangan Ibu saat memijat tubuh si Kecil bisa lebih lancar, Ibu disarankan menggunakan   JOHNSON’S®bedtime™ baby lotion untuk mempermudah proses pemijatan. Diperkaya NATURAL CALM yang memiliki wangi lembut menenangkan, baby lotion dari JOHNSON’S® ini dapat mengoptimalkan manfaat pijat bayi karena aroma lembutnya membantu si Kecil lebih rileks agar ia bisa tertidur lebih lelap.

Nah, itulah empat manfaat memijat bayi sebelum tidur, Bu. Yuk, bantu si Kecil tidur lebih lelap setiap malam lewat sesi pijat rutin ini!

Kembali ke Atas